Install Dekstop Ubuntu Netbook Unity di Ubuntu Lucid

Iseng - iseng main ke Omgubuntu eh ada yang baru ternyata :D dari Ubuntu Lucid :D. yang baru kali ini bukan untuk Ubuntu dekstop namun dikhususkan untuk komputer kecil seperti netbook. Setelah sukses merilis beberapa versi Ubuntu netbook yang dirilis pertama pada Ubuntu 8.04 LTS kemudian dari setiap rilis Ubuntu Netbook terus berkembang hingga akhirnya sampai di Ubuntu Netbook Remix yang sekarang ini. Ubuntu Netbook Unity ini mengapdosi teknologi cloud yaitu aplikasi terpasang secara online dan untuk mengakses aplikasi diperlukan koneksi internet. Ubuntu Netbook Unity ini rencana akan dirilis pada versi Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat tapi bila ingin mencobanya bisa juga nanti di install pada dekstop anda. Ubuntu Netbook Unity merupakan gabungan sistem operasi dekstop dan cloud yang di buat seminimal mungkin untuk memaksimalkan kinerja suatu netbook. Ubuntu Netbook Unity yang saya testing mungkin masih tahap awal dari pengembangan jadi masih banyak menu yang belum bisa dinikmati di Ubuntu Netbook Unity, saya juga hampir kebingungan untuk memanggil aplikasi untuk di tampilkan karena ubuntu unity belum menyertakan menu dalam panelnya. Sesuai yang di saya langsir dari blog Mark Shuttleworth. Ubuntu unity akan digambungkan dengan gnome shell dan gnome global menu yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja layar yang kecil untuk kebanyakan netbook. Konsep Ubuntu Netbook Unity kedepannya juga bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


.


Terlihat Ubuntu Netbook Unity merubah konsep layout dekstop yang biasanya terasa penuh sesak di bagian dekstop, kini dengan Ubuntu Netbook Unity aplikasi akan terlihat lebih rapi dengan penempatan gnome panel di bagian kiri, gnome panel pada sebelah kiri adalah adobsi dari dockbar yang mempunyai fungsi sebagai mengatur jendela dalam dekstop. Asiknya lagi gnome dockbar dari Ubuntu Netbook Unity ini bisa di drag dari bawah dan kemudian secara otomatis kembali lagi ke atas secara otomatis, Penasaran ???? install aja nanti :P






Sayangnya Ubuntu Netbook unity versi percobaan ini tidak ramah dengan beberapa aplikasi bawaan KDE yang mempunyai pengaturan dekstop Qt dan bila menggunakan Ubuntu Netbook Unity panel Aplikasi masih tersebar dimana-mana yaitu terdapat pada folder file browser nautilus, jadi lumayan ribet untuk mencari aplikasi yang akan kita gunakan, untung saja saya mengistall aplikasi gnome-do jadi bisa panggil aplikasi yang akan saya gunakan di Ubuntu Netbook Unity. Dari segi tampilan Ubuntu Netbook Unity ini lumayan cantik dengan beberapa efek menarik untuk mengatur beberapa jendela yang dibuka, kalau anda pernah menggunakan efek2 compiz pasti tidak kaget dengan beberapa efek di Ubuntu Netbook Unity. Untuk Tahap Installasi Ubuntu Netbook Unity cukup mudah saya mengistallnya dari dekstop lucid saya yang terhubung dengan repository lokal Indonesia :D dan kemudian untuk mengistall dekstop Netbook ini bisa menambahkan paket pada perintah ini.

Installasi :

Buka Terminal kemudian ketikkan perintah berikut :

# sudo add-apt-repository ppa:canonical-dx-team/une

Setelah selesai kemudian ketikkan perintah installasi Ubuntu Netbook Unity

# sudo apt-get update && sudo apt-get install unity

setelah selesai installasi kemudian anda log out GDM untuk melihat hasilnya :D

# sudo /etc/init.d/gdm restart

kemudian login menggunakan session Ubuntu Unity Netbook Edition

beberapa tangkapan layar Ubuntu Netbook Unity yang di install dalam laptop saya DELL Inspiron 1410






Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

5 comments:

fakhrulrijal said...

compizse nang Unity urip ora?

RadithTux said...

di panteni dab :P

nova13 said...

kayaknya bagus tuh yang versi netbook?
kalo aku sih pake yang desktop ajalah...

mampir balik sekalian berkomentar ya???

zant said...

Mau tanya mas, kmarin saya instal Ubuntu 10.04 versi netbook, tapi kok g mau konek internet?
Sdangkan setelah pake Xubuntu langsung bisa.

Pdhl sy ngebet bgt sama Ubuntu netbook version nya :( .

Saat proses penginstalan Ubuntunya cukup lancar, namun setelah restart ada tulisan Eror.
Apakah master Ubuntunya ada yg kurang?

Atau bagaimana?

Maturnuwun pencerahannya :).

RadithTux said...

coba hasil errornya pastekan ke sini :) , itu maksudnya konek internet mengunakan wifi atau modem ??