Reportase NRP Jogja #1 Kampus STTA Jogja


Hari Sabtu, 14 Mei lalu, bertempat di STTA Yogyakarta, Komunitas Ubuntu Jogja bekerjasama dengan komunitas linux STTA mengadakan Natty Release Party. Acara ini merupakan release party yang pertama diadakan di jogja untuk versi natty ini. Tema “New Life with Ubuntu” diusung dalam acara yang terbagi dalam 3 sesi utama tersebut.
Acara dimulai pukul 9, meskipun di undangan jam 8, karena terjadi sedikit miss com antara pihak panitia dengan pemateri (komunitas ubuntu jogja). Diawali dengan sambutan dari Ketua Jurusan Informatika STTA, maaf lupa nama beliau, dilanjutkan dengan sambutan dari pihak ubuntu jogja yang diwakili oleh Hendra Indrianto.
Sesi pertama acara inti diisi oleh Hendra dengan membawa topik Pengenalan Ubuntu dan Internet Sehat dengan moderator Mubarok dan Acy. Pada sesi ini, dipaparkan mengenai asal mula ubuntu, dimulai dari pengenalan Linux, Debian, Ubuntu, sampai pada Natty 11.04 beserta fitur-fitur terbaru dalam rilis kali ini.
Setelah sesi tanya jawab, Hendra melanjutkan dengan penjelasan sepintas tentang Internet Sehat. Bagaimana memanfaatkan internet yang benar agar tidak menjadi korban cyber crime yang sangat merajalela akhir-akhir ini. Penjelasan juga banyak ditekankan pada tools yang ada di ubuntu terkait persoalan tersebut, misal penggunaan Gnome Nanny sebagai parental control, dsb.
Sesi kedua diisi oleh Darman & Aji Kisworo Mukti yang membawa tema Keamanan Wireless Hotspot dan Hacking dengan Ubuntu. Disini terjadi duet maut antara Darman dan Aji dalam menyampaikan materi, dimana mereka melakukan tanya jawab sendiri untuk menjelaskan pada audience. Penyampaiannya pun sering diselingi dengan guyonan yang cukup menghibur suasana. Materi yang dibawakan berkisar seputar pengenalan kemanan wireless yang ada sekarang seperti penggunaan WEP dan WPA, serta bagaimana cara untuk hack keamanan tersebut. Penjelasan tersebut menekankan bahwa ternyata wireless sangat rentan untuk di hack, sehingga Darman pun berkali-kali menyarankan untuk berhati-hati dalam memanfaatkan jaringan wireless. Telah banyak tools di internet yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan hacking, itulah mengapa kita harus waspada.
Sesi ketiga diisi oleh Iqbal Muhammad dengan tema Membangun Wireless Hotspot dengan Ubuntu. Setelah dijelaskan tentang keamanan pada sesi sebelumnya, kali ini Iqbal menjelaskan tentang bagaimana cara membuat sebuah wireless hotspot dengan mudah menggunakan ubuntu, termasuk juga dengan security nya.
Acara diakhiri dengan acara santai diskusi peserta dengan komunitas ubuntu jogja terkait masalah-masalah teknis. Selain itu ada pula pembagian doorprize berupa buku dan kaos.
Beberapa dokumentasi :
Sekian. Semoga bermanfaat.

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: