[Solved] Grub Rescue Ubuntu di MacBook Pro

Setelah system Mac OS X saya rusak secepatnya saya mengembalikannya dengan menggunakan TimeMachine dari Mac OS X, fitur TimeMachince ini memang bagus, tapi pada sisi lain apabila menggunakan system operasi lain pada MacBook, TimeMachince akan menimpa Master Boot Record pada Grub Ubuntu, sehingga mengakibatkan hilangnya Grub pada Ubuntu. Untuk mengembalikan Grub pada Ubuntu yang menemui kasus grub rescue petama-pertama anda jangan panik dan menyelsaikan problem Grub rescue dengan Fresh Install itu adalah cara konyol..! Saya sendiri sudah mencoba dengan berbagai cara untuk mengembalikan Grub dengan kasus Grub Rescue dengan menggunakan cara Pada Blog saya Mengembalikan Grub 2, tapi cara ini masih saja gagal, waktu dulu saya juga pernah menggunakan Lilo sebagai pengganti Grub di ubuntu ternyata masih juga gagal, memang Grub Rescue ini membuat orang panik dan butuh penyelamatan yang tepat dan cepat :D. Ada cara paling mudah mengembalikan Grub dengan kasus Grub Rescue, cara ini dapat juga digunakan pada kasus lain bukan hanya Grub Rescue pada Macbook Pro saja, tapi memang kebanyakan kasus Grub Rescue ini terjadi pada mesin Apple setelah recovery system dari TimeMachine. Untuk mengembalikan Grub rescue dan Grub hilang setelah installasi System Operasi lain dapat menggunakan Boot Repair yang ada di Ubuntu. Boot repair ini juga ada dalam  Boot Repair Live CD jadi dapat langsung digunakan pada live cd. Untuk saya sendiri menggunakan cara Live cd ubuntu kemudian saya pasang Boot Repair dan Grub Rescue di Apple Macbook Pro saya sudah dapat kembali lagi :)

Cara mengembalikan Grub pada kasus Grub Rescue untuk Macbook Pro
1. Gunakan Live CD Ubuntu
2. Kemudian booting melalui CD
3. Setelah masuk Dekstop Ubuntu Live CD dilanjutkan pemasangan aplikasi Boot Repair, jangan lupa sambungkan ke Internet. 
4. Buka Terminal ~ Applicartion -- Accesories -- Terminal kemudian salin perintah berikut pada terminal.
sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair && sudo apt-get update
sudo apt-get install boot-repair && boot-repair 
5. Setelah Installasi Boot Repair selesai dilanjutkan pada langkah mengembalikan Grub untuk cara ini cukup klik "Recommended Repair" untuk mengembalikan Grub. 



6. Kemudian ikuti langkah-langkah yang akan muncul pada instruksi Aplikasi Boot Repair. 
7. Setelah semua proses mengembalikan Grub dengan Boot repair selesai, reboot system anda dan Grub Ubuntu sudah kembali lagi.

Semoga Bermanfaat :D

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: