Sebuah Cerita .. Pindah ke Distro Lokal IGOS Nusantara


Wah lama juga saya tidak posting-posting blog lagi :D setelah lama berkelana di dunia persilatan saatnya posting di Planet :D. Oke kali ini saya menggunakan IGOS Nusantara yang kabarnya dari dulu tidak terlihat ?? hmm... jangan salah IGOS Nusantara yang kali ini beda dengan IGOS Nusantara yang dahulu, IGOS Nusantara kali ini sudah di kerjakan oleh komunitas, jadi teman-teman bisa menjadi kontributornya termasuk saya sekarang ini. Pertama kali saya masuk di IGOS Nusantara atau biasa kita sebut dengan IGN memang lingkungannya lebih welcome untuk memasukkan ide dan karya. Makanya saya putuskan untuk berkontribusi di IGN.
IGN baru yang sebentar lagi memasuki rilis IGN 8 Beta akan mengusung beberapa fitur yang menarik yang belum pernah ada di Distro Linux apapun ?? kenapa saya bilang begitu? karena di IGN 8 ini menciptakan lingkungan Desktop ramah dan dikhususkan untuk End User, bukan itu saja di IGN 8 ada kabar yang sangat menggembirakan bagi fakir benwit indonesia yang kadang kesusahan menginstall aplikasi linux ? di IGN 8 kini akan menghadirkan installasi IGN app jadi konsep installasi aplikasi menggunakan metode semudah copy dan paste ?? tapi btw seperti installasi aplikasi di Mac dong ?? ya itu tujuan IGN 8 yang dikhususkan untuk End User.
Untuk konsep installasi IGN HTML5 seperti video dibawah :
IGN 8 menggunakan system aplikasi stand alone seperti app di Mac, jadi semua library linux sudah dibuild dalam satu paket IGN app. IGN app itu menggunakan makluk apa lagi ini? kok bisa app linux bisa stand alone diinstall gitu ?? yups.. di IGN 8 menggunakan makluk IGN HTML5 untuk aplikasinya, jadi applikasi linux misal Gimp, Libre, Inkscape, Firefox dan masih banyak lagi teman2 app linux lain sudah berjalan diatas IGN HTML5, terus kalo mau jadi mengembangkan Aplikasi IGN HTML5 gimana ?? apa harus ngoding sendiri ?? nah di IGN HTML 5 sendiri sudah menyediakan SDK IGN HTML5. untuk membuat aplikasi dari HTML5 yang berjalan langsung di IGN HTML5 :D mudah kan ... cuma bermodalkan code HTML5 sudah bisa membuat aplikasi yang terintegrasi dengan system Linux :) 

IGN HTML5 SDK

Konsep Installasi aplikasi seperti diatas akan mempermudah user untuk menginstall aplikasi dan menjawab kesulitan end user awam yang baru mengenal linux. pertanyaan klasik user baru linux .. gimana ni mas cara install aplikasi linux ?? kalo jaman dulu harus buka terminal dan ketak ketik di layar hitam... hadeh ribet .. di IGN HTML5 menciptakan lingkungan berbeda dengan memberikan installasi aplikasi semudah copy paste.. kalo di tanya user IGN 8... besok gampang aja ni .. cara install aplikasi di IGN 8 gimana mas bero ?? caranya.. buka IGN App Center kemudian donglot aplikasinya terus install gitu aja .. langsung sudah bisa digunakan..tu aplikasi... mudah kan?? :D
IGN app juga membuka selebar-lebarnya pengembang aplikasi lokal bukan hanya aplikasi berbasis HTML5 tapi barbasis Windows juga bisa bejalan di IGN HTML5 ? wah apa lagi ini.. aplikasi windows bisa jalan juga ?? makin penasaran ?? besok saja coba waktu di rilis final bisa di incipi :)
IGN yang sekarang ini memang berbeda dengan rilis2 sebelumnya selain menggunakan IGN App HTML5,  IGN juga mengembangkan aplikasi center, seperti layaknya App Store Apple atau Ubuntu Software Center, tapi di IGN 8 basisnya bisa di buka dibrowser komputer manapun. Jadi mau donglot aplikasi dimanapun komputernya, tetap bisa menginstall aplikasi IGN dimesin offline.. mudah ?? :D ini lah kemudahan yang ditawarkan IGN 8 HTML5 :) 


IGN App berjalan di desktop Mate 

Sik- sik dari tadi kok belum ngomongin DE *Desktop Environment* yang digunakan di IGN 8  ada banyak , DE yang digunakan selain Gnome, IGN juga mengembangakan Desktop KDE, Cinamon, Xfce, dan yang digunakan khusus di IGN 8 menggunakan DE Mate Desktop, forking project dari Gnome 2... loh kok pake DE jadul ?? ya itu pilihan tim riset IGN, yang sudah meriset pasar pengguna linux kebanyakan masih mendambakan desktop Gnome classic dari pada Gnome modern. Kadang user awam juga bilang ini Gnome 3 kok ribet ya ?? ya itu lah komentar pengguna .. terus alasan utama IGN 8 menggunakan Mate Desktop apa ni .. jelas2 dilingkungan desktop baru mendukung fitur2 utama IGN 8 ??
Jawabannya klasik saja IGN akan menciptakan Dekstop Tradisional yang nantinya bisa di gunakan untuk konsep dektop modern. Konsep Desktop Modern apa sih itu?? konsep dekstop modern disini adalah mengakses menu2 dengan interaktif seperti gnome 3 yang sekarang ini.. di IGN 8 nantinya akan diciptakan sebuah Peluncur untuk mempermudah mengakses menu aplikasi, dengan konsep peluncur untuk memanggil kumpulan aplikasi. Hampir sama peluncur yang ada di Google Chrome dan konsep memanggil peluncur sama dengan Gnome 3, dengan menggulir cussor pada sisi desktop.. wah makin menarik juga ini IGN 8 ??  hehe pasti lah .. dari sisi installasi Aplikasi dan system  sudah keren.
Penampakkan UI Desktop juga harus keren dong :D .. Yup pasti di IGN 8 Menggunakan Desktop yang cantik  dan ciamik pastinya.. ya .. walaupun masih menggunakan Desktop Tradisional.
Tangkapan Layar IGN 8 seperti gambar berikut :



Kembali kamasa lalu yah dekstop Gnome 2 ?? hmm memang :D tapi coba perhatikan dengan seksama halusnya sentuhan tim artistik IGN mempoles Desktop IGN 8, Menurut saya memang nyaman dimata .. dan saya betah di depan desktop ini :) walaupun saya juga menggunakan ML (Mountain Lion) tapi saya sekarang ini lebih sering menggunakan IGN. Icon2 iGN 8 dipoles khusus dan dikompilasi antara icon faenza dan icon2 desktop KDE dan beberapa icon yang dikerjakan khusus untuk IGN 8 jadi kelihatan benar benar berbeda :) ini pengalaman baru menggunakan Desktop Linux dengan UI mantap.. Untuk versi Alpha sepertinya saya mempunyai video tentang jelajah IGN 8 Mate Desktop seperti video dibawah :

http://www.youtube.com/watch?v=581QbVf26bE



video diatas masih menggunakan beberapa icon dari Mac4Lin jadi jangan salah sangka dulu.. di rilis beta icon2 dari Mac4Lin sudah dilibas habis menggunakan icon racikan khusus IGN 8 :D
Seperti ini penampakan icon racikan khusus IGN 8 Beta.

Icon set IGN 8 : 



Selain icon yang menggunakan icon realistik, tema desktop IGN 8 juga tidak luput dari polesan tim Atistik IGN beberapa tema khusus di siapkan untuk IGN 8 diantaranya tema Libre, Gimp, Inkscape, Firefox, Pidgin dll.. Libre di IGN 8 memang kelihatan berbeda dan sangat nyaman digunakan, yang diintegrasikan khusus menggunakan icon Faenza dan aplikasi IGN standar lain juga terintegrasi icon faenza kelihatan bersih dan ringan .. tentu saja ramah lingkungan alias ramah dimata :)
Untuk postingan2 resmi IGOS Nusantara bisa langsung ke tekapeh ---> http://igos-nusantara.or.id
Polesan Desktop seperti ini memang jarang dihadirkan di Distro lain... jadi masih mau kah melirik IGN 8 ?

Beberapa Tangkapan Layar IGN 8 Mate Desktop 
Mate control Center

Peramban file di IGN 8 *Caja*

Splash Libre IGN 8 
Tema Libre IGN 8 
Segitu dulu postingan GeJe saya :) sudah lama tidak posting bahasa tulisan saya jadi amburadul :P 

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

5 comments:

Djaka Minyak said...

tampilannya mirip GNOME punya Ubuntu, hehe

iconnya lebih idup

berhubung masih menggunakan Ubuntu, boleh dong Re-Mastering ubuntu Tetap ada, hehe

Ngarep dot Com

:P

Djaka Minyak said...

mohon diupload ya mas Remastering baik IGN dan Ubuntunya, hehe

walecha99 said...

luar biasa. sip2. bisa digunakan buat sekolah2 nih

mas ibeth said...

wah manteb nih.. jadi pengen nyoba... :)

DirektoriBlog Top said...

hebat..dunia open source memang menarik