Berita dari Ubuntu Makasar - Makasar Quantal Release Party

Memperingati hari akan lahirnya Linux versi baru untuk pengguna Linux Ubuntu yang dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun ini sukses terlaksana. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan Open Source pada masyarakat kampus beserta kelebihan-kelebihan dari Open Source yang belum diketahui oleh orang banyak. Seminar Release Party Ubuntu 12.10 “Quantal Quetzal” berlangsung meriah yang alhamdululillah telah terlaksana di STMIK AKBA Makassar yang diketuai oleh Muhammad Ardih anggota Cyber Open Source Angkatan ke IV. 

Rilisnya kembali Linux Ubuntu dari Versi 12.04 dengan code name “Precise Pangolin” ke Versi 12.10 dengan code name “Quantal Quetzal”. Pada seminar yang kami laksasanakan (03/11) dihadiri oleh pemateri dari komunitas linux di Makassar, yaitu Musa Amin dari komunitas Ubuntu Makassar, dan Alamsyah Putra Agung S.Kom yang merupakan Ketua Linux User Grup Ujung Pandang (L.U.G.U), dan juga salah satu pemateri dari Cyber Open Source Atnan Buyung Saputra yang merupakan salah satu pelaksana kegiatan Release Party Ubuntu 12.10 ini. 

Seminar Release Party ini dihadiri oleh 54 Peserta yang merupakan mahasiswa STMIK AKBA Makassar dan beberapa peserta dari luar kampus AKBA, dan dihadiri juga oleh tamu undangan dari KeDai Computerworks STMIK Dipanegara yang ikut meramaikan kegiatan yang kami laksanakan. 

Kegiatan yang kami lakukan ini berlangsung dari pukul 08.00 pagi hingga Pukul 15.00 sesuai dengan jadwal yang telah kita buat sebelumnya. Dalam agenda yang telah disusun oleh panitia pelaksana kegiatan seminar ini, pemateri I dibawakan oleh Atnan Buyung Saputra dengan judul materi “Pengenalan Open Source”, kemudian dilanjutkan dengan materi II yang dibawakan oleh Alamsyah Putra Agung S.Kom dengan judul materi “Implemetasi Open Source di Dunia Teknologi Informasi”, dan materi yang terakhir dibawakan oleh Musa Amin dengan judul materi “Kupas Tuntas Ubuntu 12.10 “Quantal Quetzal”. Dan dilanjutkan dengan Install FEST yang dibimbing langsung oleh Agung Gunawan yang merupakan Anggota Cyber Open Source angkatan IV. 

Musa Amin (Ketua Ubuntu Makassar) membawakan materi fitur Ubuntu 12.10 

Berlangsungnya kegiatan ini berkat dukungan dari pihak dalam kampus dan pihak luar kampus yang tidak mengikat. Dukungan yang penuh yang diberikan oleh pihak kampus kepada panitia pelaksana untuk menyukseskan kegiatan ini. Dan tidak lepas dari sponsor yang telah mencover kegiatan yang kami laksanakan ini. Adapun sponsor yang memberikan distribusi pada kegiatan ini yaitu dari Folder Solution, InfoLinux, Baliwae, Indo Global Network, dan ItechOS Solusindo. Dan juga komunitas yang telah mendukung acara ini yaitu komunitas Ubuntu Makassar, komunitas L.U.G.U dan Relawan TIK Sul-Sel. 

Cyber Open Source STMIK AKBA – Panitia Release Party Ubuntu 12.10

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: