Kalibrasi Warna Monitor DELL S2240L di OS X



Sebagai desainer grafis memang saya mementingkan akurasi warna pada setiap layar monitor, agar dapat menghasilkan warna-warna yang sesuai dengan yang saya desain. Tapi tunggu dulu, sepertinya Saya agak telat mendokumentasikan konfigurasi untuk kalibrasi Monitor DELL S2240L dengan OS X karena kesibukan yang tidak dapat digannggu beberapa bulan ini, saya sempatkan untuk update blog lagi dengan postingan enteng-enteng :D
Monitor DELL S2240L memiliki resolusi 1080p yang dapat menghasilkan warna hampir sama dengan layar keluaran Apple dengan Gamut Color mencapai 80%, jadi warna dari layar MacBook saya tidak terpaut jauh dengan Monitor DELL S2240L tapi untuk menghasilkan warna yang hampir sama, perlu di otak atik sedikit untuk pengaturan warna di monitor DELL S2240L, konfiguasi warna bisa mengukuti konfigurasi berikut :

Red             : 75%
Green         : 69%
Blue            : 71%
Contrast     : 100%
Brightness : 80%



Konfigurasi warna profile diatas saya rasa sudah sama dengan kebanyakan layar Apple, dan saya buktikan dengan menyadingkan dengan layar MacBook dengan sistem operasi OS X yang sudah di kalibrasi juga profile warnanya. Untuk Kalibrasi warna pada OSX masuk ke system preferences --> Display --> Pilih monitor DELL S2240L kemudian pilih color dilanjutkan klik "calibrate" ikuti instruksi dan abaikan Expert mode dengan uncek menu Expert mode, lanjutkan kalibrasi warna untuk Native Gamma, konfigurasi seperti tangkapan layar berikut : 


Setelah selesai simpan dengan Warna Profile baru, dan jangan lupa untuk mengaktifkan multiple Display untuk berkerja dengan display masing-masing tanpa mirror mode ;-). Untuk kalibrasi di sistem operasi Linux saya sendiri belum menemukan konfigurasi karena tidak terdeteksi otomatis color profile pada monitor DELL S2240L, apabila suatu hari saya menemukan konfigurasi akan saya dokumentasikan lebih lanjut. :)

Mari lanjut menggambar ...

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: