Menjalankan Aplikasi Cloud Inkscape & GIMP

Pagi ini jalan jalan ke Pasar Google Chrome  saya menemukan hal menarik yaitu tentang aplikasi linux desktop bisa dijalankan melalui layanan Awan. Jadi semakin kedepan tidak ada alasan lagi untuk menerima Sistem operasi berbasis awan. Aplikasi yang dapat di jalankan kebanyakan adalah aplikasi FOSS, seperti Inkscape, Gimp, Open Office dll, semua bisa dijalankan melalui browser. Aplikasi awan ini saya lihat, tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang dijalankan melalui VNC Desktop, cuma bedanya VNC desktop sudah disediakan oleh rollApp. Bagi sebagian orang aplikasi awan seperti ini sangat membantu apa lagi bagi orang yang malas membawa perangkat desktop ditenteng-tenteng kemana-mana, terlebih lagi bagi pengguna Chromebook aplikasi seperti ini sangat membantu sekali.
Saya coba untuk menjalankan Inkscape dan Gimp melalui browser Chrome, hasilnya lumayan seperti aplikasi Gimp dan Inkscape native desktop. Tapi saya sarankan anda mempunyai kecepatan internet yang mumpuni untuk membuka aplikasi cloud ini, bagi yang mempunyai koneksi standar, jangan harap menggunakan aplikasi ini secara maksimal. Karena lumayan berat rendering aplikasi dari server ke browser kita. Jadi sekarang tidak cuma keluarga Photoshop yang dapat berjalan di awan, Kini aplikasi linux pun, juga dapat dijalankan di awan.

Bagi ingin mencoba silahkan install dari chrome web store atau dari browser kesayangan anda.

Inkscape Cloud
https://chrome.google.com/webstore/detail/inkscape-on-rollapp/icjinnaagdniegmfejingjjhljhmkopj

Gimp Cloud
https://chrome.google.com/webstore/detail/gimp-on-rollapp/eodhmnkhmnkmimhckfpkgmbmcgjkaddo

Aplikasi Cloud Lain - https://www.rollapp.com/

Untuk membuka dan menyimpan berkas yang akan digunakan pada aplikasi Awan ini, kita harus terkoneksi dengan layanan penyimpanan berkas awan seperti Dropbox, Google Drive, Box, OneDrive dll.

Apakah anda siap mencoba Aplikasi FOSS di Awan ?

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: