Mengapa Ubuntu Lebih Baik Dari Windows

Saya telah bekerja dengan Ubuntu Linux sekitar 2 tahun dan menemukan bahwa Ubuntu adalah jauh lebih baik daripada Windows. Laptop saya adalah DELL Inspiron 1410. Alasan bahwa Ubuntu di laptop saya adalah dukungan mengenali perangkat keras jaringan nirkabel dan beberapa hardware lain. Untuk Laptop saya yang menggunakan jaringan wifi nirkabel Atheros AR5001. Setelah boot dari CD live Ubuntu, jaringan nirkabel dapat digunakan dengan lancar jaya. Bahkan Anda dapat menginstal Ubuntu dan berselancar di Internet pada saat installasi berlangsung dengan menggunakan live cd. Akan tetapi sebaliknya di Windows XP tidak mendukung driver jaringan nirkabel tapi untuk windows 7 sekarang sudah mendukung beberapa driver kartu jaringan nirkabel yang dari beberapa laptop tapi saya juga belum pernah mencobanya. Jaka saya harus menggunakan windows xp kita di haruskan men-download driver dari komputer lain dan menyalinnya kemudian mengistallnya di laptop. Jelas, itu adalah pekerjaan yang membuang-buang waktu.

Tidak perlu mencari perangkat lunak di seluruh dunia. Ubuntu menggunakan paket dari Debian atau paket berbasis distribusi Linux yang menggunakan APT untuk manager paket perangkat lunak. Jika Anda ingin menginstall beberapa perangkat lunak, misalnya, apache2, Anda tidak perlu mencari situs download tetapi hanya menjalankan "sudo apt-get install apache". Ubuntu akan mendownload semua paket yang dibutuhkan dari repositori. Instalasi dan konfigurasi yang dilakukan oleh APT, manajer paket perangkat lunak. Jika Anda tidak tahu nama paket yang Anda inginkan, Anda dapat menggunakan Synaptic Package Manager untuk menemukan satu. Ini adalah GUI front-end dari APT.

Dukungan bahasa yang sempurna telah didukung beberapa bahasa dari seluruh dunia dan dukungan fonta yang cukup lengkap seperti karakter fonta cina, thailand, jepang dll. Untuk mengubah bahasa dan fonta cukup masuk ke menu System -> Administration -> Language Support, setelah installasi selesai dan periksa opsi font yang anda gunakan dan "Aktifkan dukungan untuk memasukkan karakter kompleks" pilihan. Maka Anda akan mendapatkan beberapa font dan fonta metode input. Hal ini sangat mudah dikerjakan.

Anti-virus tidak perlu di Ubuntu. Ketika saya menggunakan Windows, saya harus memasang berbagai anti-virus setelah instalasi selesai. Namun, saya pikir tidaklah perlu untuk Ubuntu. Virus di Ubuntu jauh lebih sedikit daripada mereka pada yang menggunakan Windows. Karena saya tidak menginstall software anti-virus, komputer saya berjalan lebih cepat dan pekerjaan jadi lebih cepat dikerjakan tanpa direpotkan virus-virus yang menyerang sistem operasi.

Setelah instalasi anda bisa mendapatkan banyak aplikasi gratis yang sudah terinstall diantaranya OpenOffice sebagai aplikasi pengolah kata, GIMP editor gambar, Pidgin Chating multi protokol, dan Mozilla Firefox untuk berselancar di dunia maya dan masih banyak lagi aplikasi yang menarik di Ubuntu yang mempunyai lisensi GPL (General Public Licence). Namun, pada Windows setelah installasi, kita harus menginstal MS Office, GTalk, atau MSN Messenger itu pun harus membeli lisensi yang legal. Mungkin untuk sebagian orang yang tidak suka dengan installasi yang cukup banyak di windows. Di Ubuntu tidak masalah, cukup gunakan "Applications -> Add / Remove atau menggunakan Ubuntu Software Center untuk menghapus dan menambahkan beberapa aplikasi yang ingin anda gunakan dalam Ubuntu.

Gratis dan mudah digunakan. Hampir semua distribusi Linux bebas untuk digunakan yang mempunyai lisensi GPL (General Public Licence). Kebanyakan software untuk Ubuntu juga bebas. Itu membuat orang-orang yang menggunakan Ubuntu menghemat banyak uang. Selain itu, saya rasa Ubuntu adalah lebih mudah digunakan daripada distribusi Linux lainnya, bahkan Windows!

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

3 comments:

itachi said...

betul...betul...betul... *UPIN-IPIN MODE ON*

Anonymous said...

ah, yg bener dul?

Mas Londho said...

Bener gan..., ane sejak kuliah sampe saat ini Pake Linux Ubuntu.., Ubuntu emang sibp dan bersahabat..Jayalah Selalu Linux Ubuntu :D