Reportase Ubuntu Vs Windows 7 Mega Bazar Komputer JEC

Sejak tanggal 3 sampai 7 Maret 2010 kemarin diadakan pameran komputer di Yogyakarta, pameran komputer kali ini serentak diadakan pada 7 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang dan Makasar. Pameran seperti ini biasanya hanya diadakan satu tahun sekali pada setiap tahun. Pada pameran komputer kali ini mungkin tidak berbeda dengan format pameran komputer pada tahun kemarin yaitu FKI (Festival Kompueter Indonesia) yang mengadakan beberapa event untuk Komunitas IT di Yogyakarta. Pada pemeran komputer kali ini, Komunitas IT Jogja mempunyai andil untuk meramaikan pameran komputer dengan beberapa tema menarik yaitu debat Ubuntu Vs Windows 7, Facebook Vs Tweeter, Hacker Most Wanted, Penggunaan Internet Sehat dan beberapa tema menarik lainnya. Dari beberapa tema pada acara event ini Ubuntu Jogja memeperoleh bagian dari salah satu tema yaitu Debat terbuka Ubuntu Vs Windows 7, Acara debat kali ini bisa diadakan berkat JogjaIT, yang berkerjasama dengan Diadra Promosindo selaku event organizer pameran komputer. Acara debat Ubuntu Vs Windows 7 dimulai pada hari Kamis 4 Maret 2010 pada pukul 15.00 dan selesai pada pukul 16.00 wib, Narsumber dari acara debat kali ini, dari kubu Ubuntu yaitu Komunitas Ubuntu Jogja yang diwakili Hendra Indrianto dan Antonius Frans Setiawan, kemudian dari kubu Windows 7 diwakili oleh Bapak Yahya Kurniawan dari salah satu penulis buku Windows 7.

Debat Ubuntu Vs Windows 7 merupakan salah satu tema yang sangat kontroversi bagi pengguna kedua sistem operasi dari segi keunggulan, keamanan, legalitas dan kompetibelitas terhadap hardware pada setiap komputer. Tapi ternyata debat berlangsung adem ayem tanpa ada suasana panas seperti layaknya acara debat, acara hanya berlangsung pada sharing tentang masing-masing sistem operasi, kelebihan-kekurangannya, dan ditekankan pada penggunaan sistem operasi legal digunakan dalam setiap komputer. Jadi bukan debat yang saling menyerang dan menjatuhkan. Tampak antusias dari pengunjung yang melihat debat Ubuntu Vs Windows 7, dari beberapa yang memberikan pertanyaan diberikan dorprize antara lain kaos Komunitas Ubuntu, Buku Penggunaan Windows, dan Cd ubuntu original dari canonical.

Setelah debat selesai Komunitas Ubuntu Jogja mempunyai satu acara lagi yaitu on air di FeMale Radio 103.7 fm dengan membawakan tema yang sama Ubuntu Vs Windows 7. Acara radio ini juga mendapat perhatian oleh beberapa pendengar setia FeMale Radio yang sempat melontarkan beberapa pertanyaan tentang sistem Operasi Ubuntu dan susah senangnya menggunakan Ubuntu. Untuk acara debat Ubuntu Vs Windows 7 dapat disimpulkan adalah gunakanlah sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yang terpenting adalah menggunakan sistem operasi yang terinstall dalam komputer secara legal dan jangan pernah sekali-kali menggunakan sisitem operasi bajakan. Kalau memang butuh Sistem Operasi Windows, gunakanlah yang legal dengan membeli versi originalnya. Kalau memang kebutuhan sudah tercukupi dan tidak mampu untuk membeli lisensi yang legal silahkan pilih sistem operasi berbasis Open Sources seperti Ubuntu.

Bagi saya pribadi menggunakan aplikasi bajakan merupakan hal yang saya hindari karena prinsip saya adalah menggunakan aplikasi bajakan sama saja mencurinya. Untuk menguragi pembajakan saya mengambil alternatif menggunakan aplikasi berbasis Open Sources, disamping saya tidak mampu membeli harga lisensi aplikasi yang lebih mahal dengan harga hardware dan aplikasi Open Sources lebih aman dari serangan virus dari pada sistem operasi Windows. Untuk menggunakan aplikasi Open Sources sebenarnya tidak sulit tinggal merubah kebiasaan kita menggunakan aplikasi yang baru.

Maju terus Open Sources Indonesia !!

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

1 comment:

rusyd said...

wah klo gitu harunsya judul acaranya diganti dong.
jangan debat tapi diskusi :D