Aug 28, 2010

Teknologi menyediakan berbagai aplikasi pendidikan berkualitas untuk anak-anak kita, membuat belajar agar terlihat menyenangkan dan tidak membosankan. Untuk menunjang kegiatan di sekolah diperlukan teknologi untuk menyampaikan pembelajaran pada zaman Globalisasi seperti sekarang ini. Orang tua diharapkan melek dengan teknologi, untuk menyediakan pembelajaran dan pengalaman menyenangkan bagi anak-anak anda yang telah jenuh setelah pelajaran sekolah usai.

Sebagai orang tua yang membimbing anaknya dengan pendidikan berbasis teknologi komputer sangat mungkin dilakukan pada jaman sekarang ini. Saya disini ingin membagikan pengalaman tentang penggunaan aplikasi berbasis open sources kepada anak-anak anda, agar memiliki kemampuan untuk bermain permainan sekaligus untuk belajar di rumah pada waktu tidak berada di lingkungan sekolah. Permainan yang ada di Ubuntu sering menggunakan biaya rendah atau tidak sama sekali, ini merupakan alternatif bagus untuk menekan biaya dan mengajarkan menggunakan aplikasi legal untuk anak anda. Sistem operasi Ubuntu merupakan alternatif yang dapat digunakan pada setiap komputer dekstop, laptop maupun netbook dengan biaya rendah. Kemudian digunakan sebagai alat pendidikan untuk anak-anak Anda. Kadang pengguna pemula atau orang tua kesulitan untuk menentukan permainan yang cocok bagi anaknya dalam Ubuntu. Dari pengalaman saya miliki menggunakan ubuntu, disini saya telah mengumpulkan beberapa permainan di ubuntu untuk anak-anak, yang akan memberikan anak anda dalam jam belajar rumah yang menyenangkan.

Ri-Li adalah permainan bagus dan indah untuk anak usia tiga keatas yang berbentuk kereta api kayu. Anak-anak bisa mengendalikan kereta api melalui berbagai tingkatan, anak diajarkan mencoba untuk mengambil kemenangan dalam setiap tingakatan. Ini merupakan permainan yang menarik memiliki grafik besar yang cerah dan berwarna-warni. Alat untuk memainkan menggunakan keyboard dan Mouse sehingga anak anak diajarkan untuk menggunakan mouse dengan lancar.

KTuberling atau Pria Kentang adalah permainan anak-anak yang tersedia pada Desktop KDE yang bahkan merangkap permainan untuk orang dewasa. Anak-anak dapat menambahkan pakaian pria kentang dengan pakaian yang berbeda dan fitur wajah dan bahkan ada kemampuan untuk menyimpan seni Anda. Permainan ini bisa digunakan untuk rentang usia anak 2 sampai 5 tahun. 

GCompris adalah pendidikan dan permainan untuk anak-anak. Dengan lebih dari 100 kegiatan dalam aplikasi Gcompris terdiri dari beberapa ilmu pengetahuan seperti, aljabar, ilmu pengetahuan alam, geografi, game, membaca, elektronika dan kegiatan lainnya, yang menyediakan permainan yang menyenangkan dari usia 2 sampai 10. Bahkan Aplikasi Gcompris sudah menggunakan suara dan bahasa Indonesia untuk memandu setiap kegiatan dalam setiap permainan.

Child's Play merupakan bagian dari rangkaian permainan sekolah, permainan ini bagus untuk anak-anak antara umur 2 sampai 10 tahun. Terdiri dari berbagai kegiatan permainan seperti ingat memori, belajar menggunakan mouse dan menggunakan keyboard, permainan seperti pong dan biliar, Child's Play melibatkan anak dan orang tua untuk melacak kemajuan anak anda melalui Aplikasi Child's Play.

Tux Racer adalah salah satu permainan favorit saya, dan saya berharap dapat bermain dengan putra saya nanti kelak untuk balapan bersama. Pemain mengambil karakter Tux Penguin simbol dari Linux. Permainan ini menggunakan tema permainan balap go-card dengan tingkatan permainan yang terkunci, pada setiap tinggakan untuk mendapatkan circuit baru. Permainan ini direkomendasikan untuk anak-anak 5 dan ke atas, Tux Racer akan terlihat sulit bagi anak-anak kerena menggunkan keterampilan keyboard dan mouse untuk mengendalikan Tux Racer, tapi permainan ini memang menyenakan bagi anak anda dan mungkin anda sendiri yang menemani anak dalam menemani belajar dengan Aplikasi game di ubuntu.

Semua permainan tersebut di atas bekerja dengan Ubuntu kecuali KTuberling, dan sebagian besar akan bekerja di kedua lingkungan desktop Gnome dan KDE. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Ubuntu dan men-download sistem operasi ubuntu anda

Postingan Sebelumnya

5 komentar:

Post a Comment
  1. Wah lumayan banyak juga aplikasi buat anak2 diubuntu, jadi ga perlu repot lagi mengajak anak2 menggunakan aplikasi open source sedari dini

  2. menarik juga aplikasi permaiinannya,,jadi kepingin mencoba nich..

  3. saya senang sekali bisa menemukan game-game ini, terima kasih banyak atas postingannya

  4. siiipp...
    ijin nyimak.. :)
    mkasii.. :)

  5. makasih infonya.... :-)