Install Anti Virus AVG di Ubuntu 10.4.1 Server

Berbicara tentang sistem operasi yang digunakan tidak terlepas dengan  bagaimana mengamankan sistem operasi tersebut berserta berkas yang ada. Pada Sistem Operasi Windows pasti sudah terbiasa menghadapi banyaknya virus yang bersarang di sistem operasi, dari yang berbahaya sampe cuma yang menyembunyikan berkas ke direktori tertentu. Untuk mengatasi Virus-virus yang bersarang di sistem operasi juga beragam dari berbagai Anti virus berbayar hingga yang gratis. Kemudian muncul pertanyaan bagaimana kalau sistem operasi kita adalah Linux, apakah kita juga memerlukan program antivirus? Sedangkan Linux itu sendiri sudah terkenal sebagai sistem operasi yang lebih vulnerable terhadap serangan malware, worm maupun virus. Jawabannya menginstall antivirus di linux sama pentingnya seperti kita mengintall antivirus di windows. Tapi tidak seperti di windows kita memerlukan antivirus untuk menjaga sistem tersebut agar dapat berjalan sehat istilahnya, sedangkan pada Linux kita memerlukan antivirus digunakan untuk 
  • Menggunakan e-mail gateway di linux dan ingin memeriksa e-mail masuk maupun keluar.
  • Memindai berkas yang masuk dan ingin memeriksa apakah berkas itu mengandung virus atau tidak.
Diatas adalah alasan mengapa anti virus dipasang komputer dekstop, tapi lain lagi pada tempat kerja saya demi tutuntan peraturan dan ketentuan dari dewan pemeriksa ISO 9001 diwajibkan memasang Anti Virus pada Server :-& aneh bin ajaib kan? saya juga heran dengan ketentuan ini... sudah saya jelaskan pada dewan pemeriksa misalkan linux memang tahan terhadap virus, tapi tetap saja saya dipaksakan memasang anti virus.. ya sudah lah saya nurut saja ...yang ga ngerti petugasnya atau saya yah... :P perasaan saya install linux di laptop saya selama 4 tahun ini aman-aman saja tanpa anti virus. Kemudian saya pasang AVG Anti Virus untuk Linux konsole mode, sebenarnya memasang anti virus ini cuma embel-embel agar ada laporan minggunan saja ... doh ...
ups malah curcol ...

Unduh AVG Anti Virus untuk linux
$ wget -c http://download.avgfree.com/filedir/inst/avg85flx-r874-a3473.i386.deb
Pasang AVG Anti Virus menggunakan perintah berikut :
$ sudo dpkg -i avg85flx-r874-a3473.i386.deb
Untuk menggunakan AVG Anti Virus Linux bisa menggunakan perintah konsole sebagai berikut 

Mengatifkan AVG Anti Virus :
$ sudo avgct1 --start

Update AVG Anti Virus :
$ sudo avgupdate --priority 2
$ sudo avgupdate -p 3
$ sudo avgupdate -p 4
Memindai Berkas dengan AVG Anti Virus 
$ avgscan -H /direktori_yang_dipindai
$ avgscan --heur /


raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: