Mengincipi Chrome OS di Acer Timeline 4810T


Weekend malah ngoprek... kali ini ngulik Google OS. Google OS saya dapatkan pada tautan ini http://chromeos.hexxeh.net/ kemudian saya unduh berkas image Chrome OS sebesar 256 MB kemudian di extrak menjadi ukuran berkas sebesar 2GB. Dari berkas image Chrome OS saya injeksikan dalam USB Flashdisk 4GB menggunakan applikasi di Ubuntu yaitu USB Image Writer anda bisa menginstallnya pada Ubuntu Sotfware Center. Chrome OS ini saya coba pada notebook Acer Timeline 4810T dan Apple MacBook Pro 8.1. Untuk MacBook Pro 8.1 Chrome OS belum bisa ‎dicicipi :( kernel Chrome OS masih belum bisa membaca perangkat keras baru di MBP 8.1 :( tapi jangan kawatir yang menggunkan MBA (MacBook Air early 2009) masih bisa mencicipi Chrome OS ini. Berbeda lagi dengan Acer Timeline 4810T hampir semua perangkat keras yang tertanam pada Acer Timeline terdeteksi dengan baik, berikut kesan kesan mencicipi Chrome OS :

- Booting cuma 8 detik
- Suspend dan Resume cuma 3 detik 
- Wifi terdeteksi dengan baik (tapi tidak ada sinyal wireless, cuma pake wireless teathering Android) :(
- Sound lancar jaya 
- Driver VGA intel GMA 4500HD lancar jaya
- Camera lancar jaya
- Touchpad : pengalaman menggunakan Multitoch di Acer Timeline :D
- Keyboard lancar jaya :D
- Modem CDMA EVDO AHA *Huawei EC167* belum terdeksi :(
- GUI Chrome OS : cuma ada Browser Google Chrome
- CLI Chrome OS : masih manusiawi *standar Linux





Apakah suatu saat cerita seperti ini akan terjadi ??? jawabannya adalah pasti terjadi

" Emailnya apa Mas?
GMail
Ohhh, kalo gitu langsung aku share aja ya dokumennya di Google Doc?
Wah sip, terus foto-fotonya sekalian dikirim ajah ya?
Lho fotonya sudah aku upload di Picasa Mas. malah video acara kemarin juga sudah aku upload di Youtube.
Oalaaa, oke oke. terus besok kita ketemuan dimana? di Living World ajah ya?
Living World itu dimana?
Eaaaa, buka Google Map lah, atau saat aku sudah tiba disana lihat Latitude aku deh. Deket kok dengan rumahmu
Ohh ya sip sip.
Eh sorry nih Androidku low batt, jadi nggak bisa lama-lama di Huddle
Sip, nggak apa-apa, nanti kalau sudah sampe kantor toh bisa lanjut pake Hangout
Oh iya, kemarin aku baca status temen kita di Google+, katanya dia udah beli Chromebook. Gila tuh anak ... Google mania banget hahaha
Oh ya? wah wah ... "

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: