Google Drive Pada Aplikasi Peramban Finder Mac OS X dan Nautilus Ubuntu

Peluncuran Google Drive pada hari ini 25 April 2012 memang membuat pengguna akun google tertarik untuk mencoba Google Drive. Google Drive digadang gadang oleh google sebagai media penyimpan awan yang dikolaborasikan dengan aplikasi google lain seperti Google Docs dan aplikasi penyipanan awan lainnya. Aplikasi semacam Google memang sudah banyak yang disediakan oleh penyedia aplikasi cloud seperti Ubuntu One, iCloud, DropBox, Box, iDrive, iDisk dan masih banyak yang lain. Aplikasi penyimpanan awan seperti ini mempunyai keunggulan sendiri-sendiri, tapi kebanyakan konten penyimpanan dalam media awan yang ditawarkan hampir sama yaitu rata-rata sebesar 5GB. Google Drive sendiri merilis media penyimpan awan ini juga mempunyai ruang simpan sebanyak 5GB sama seperti Box dan iCloud milik Apple. Bagi anda yang ingin menikmati google drive pada hari rilis pertama ini mungkin menemukan kesulitan untuk mengatifkan Google Drive, karena Google Drive sendiri memberlakukan system request pada halaman Mulai Google Drive. Saya sendiri sudah request Google Drive pada jauh-jauh hari sebelum Google Drive dirilis, dan hasilnuya pada saat Google Drive dirilis saya bisa menikmati Google Drive. Aplikasi Google Drive sudah tersedia untuk Mac, Android dan Windows. Tapi bagi anda yang menggunakan sistem Linux jangan berkecil hati, walaupun Google drive belum mensuport Linuxberkat tim ppa ubuntu google drive kini bisa di akses melalui Nautilus pada Dekstop Gnome anda.  
Cara menggunakan Google Drive pada Nautilus Ubuntu cukup mudah, Caranya sebagai berikut, gunakan terminal untuk menggunakan peritah berikut :

Google Drive untuk Linux Ubuntu :
Install Google Drive FS dari repo ppa Ubuntu :
sudo add-apt-repository ppa:invernizzi/google-docs-fs
sudo apt-get update && sudo apt-get install google-docs-fs
Kemudian Buat direktori dengan nama 'Drive' (tanpa tanda kutip) pada direktori home anda /home/namauser/Drive
mkdir Drive



Dilanjutkan Login pada akun Google drive anda dengan perintah berikut :
gmount Drive username@gmail.com
Masukkan password anda.

Kemudian tunggu proses sinkronasi selesai Google Drive pada folder anda :)
sumber : http://omgubuntu.co.uk/2012/04/how-to-access-google-drive-via-nautilus-in-ubuntu/

Google Drive untuk Mac OS X :
Berbeda lagi dengan anda yang menggunakan Google Drive untuk Mac OS X, caranya cukup mudah anda cukup mengunduh aplikasi Google Drive pada tautan ini bila akun Google Drive anda belum aktif bisa menguduh aplikasi Google Drive for Mac pada tautan ini.
Setelah Google Driver terunduh anda bisa mengistallnya



kemudian dilanjutkan masuk ke akun google drive anda. dan Google Drive sudah bisa anda nikmati pada Dekstop Mac.







Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: