Desain Baru Tata Letak Meja Kerja


Kebetulan hari ini saya mengubah tata letak meja kerja saya, eh malamnya ada mensen dari +Dedy Hariyadi yang menujukkan tatak letak meja komputer dari +David Revoy designer FOSS Prancis, memang meja dari David lumayan keren degan beberapa perangkat lunak Free Open Source. Saya keseharian kerja saya menggunakan Aplikasi Desain Grafis FOSS, hanya bedanya dengan David saya menggunakan Sistem Operasi OS X. 

Perangkat lunak yang saya gunakan 100% Bebas digunakan :
1. Inkscape (Open Source) 
Saya menggunakan Inkscape untuk mendesain vector terutama untuk membangun dari design Fluid UX dan penerapan UI Mobile iOS, Android, Web Design, dan mendesain Launcher Icons Aplikasi untuk aplikasi mobile. situs http://www.inkscape.org/

2. Gimp (Open Source)
saya menggunakan GIMP untuk banyak manipulasi pada warna, atau format file gambar tertentu.

3. Skala View (Freeware) 
Skala view saya gunakan khusus untuk desain mobile. saya bisa melihat live preview langsung dari pixel per pixel resolusi layar dari perangkat mobile iphone, android dan beberapa tablet, untuk mendapatkan akurasi tatak letak dan warna yang sesuai dengan perangkat mobile. Aplikasi ini sangat membantu saya :) situs : http://bjango.com/mac/skalapreview/

4. Imagesmagick (Open Source)
Images Magic aplikasi yang membantu saya tapi saya biasanya saya gunakan untuk convert format gambar svg ke format png dan saya gunakan resize ukuruan hasil export gambar dari icons dalam julmah banyak hanya menggunakan satu perintah konsole, tentunya aplikasi ini saya jalankan dari Konsole Terminal OS X. situs : http://www.imagemagick.org/

5. Sublime Text Editor (Freeware)
Sublime Text Editor saya gunakan untuk convert gambar dari mockup UI Website Desain ke code HTML atau HTML5. situs : http://www.sublimetext.com/

Perangkat Keras yang saya gunakan :
Saya menggunakan satu MacBook Pro dengan terhubung dengan monitor IPS DELL Full HD. Untuk menggambar saya serahkan ke Apple Keyboard berpasangan dengan Apple Magic Trackpad dengan gesture yang nyaman saya gunakan untuk mendesain berbagai gambar maupun UX dan UI. Satu MacBook Pro dengan spesifikasi lumayan upgarade dengan SSD+HDD dengan upgrade ram 16GB dan beberapa perangkat mobile dengan berbagai resolusi layar. 

1. Laptop MacBook Pro 8.1
Procesor Intel Core i5 2.3 GHz 
SSD 120GB (OS X) 
HD 500GB (Data) 
RAM 16GB 
VGA IntelHD 3000 512MB

2. Monitor DELL S2240L
Display wide 22 inches 
IPS angle 179°
Full HD 1080p
Resolusi 1920x1080px
Color Gammut 80%

3. Drawing Apple Magic Trackpad
Five Multi Touch Gesture 
Tracking drawing wide 5 inches

4. Preview Mobile Design
iPhone 4, iPhone 5, Xiaomi Redmi 1S, HTC One V, dan Ainol Novo 7.

Desain Letak Meja Kerja :
Desain tatak letak perangkat keras yang saya desain cenderung menggunakan konsep simple dan Clean, dengan penempatan MacBook Pro non mainstream. Saya sebut non mainstream karena MacBoook Saya letaknya tepat di belakang monitor, dengan sedikit jepitan agar bisa berdiri tegak, sebenarnya docking MacBook sudah ada yang memproduksi dengan desain yang lumayan bagus, tapi karena saya malas indent dari Negara luar, saya putuskan untuk meletakkan MacBook Pro dengan letak non Mainstream, dengan Letak seperti ini temperatur MacBook juga terjaga stabil, lagi lagi dengan sedikit penambahan Kipas kepiting di atas MacBook.
Baiklah segitu dulu sekelumit tata letak meja dan beberapa alat perang yang saya gunakan setiap hari untuk berkerja.  Bagaimana Dengan anda desain meja Kerja anda hari ini ? 

Tampak Samping : 


Tampak Belakang :

Tampak Atas :

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: