Solved Inkscape OS X Yosemite, with Native Inkscape

OS X Yosemite sudah dirilis kemarin tanggal 17 Oktober 2014, tepat beberapa jam setelah Apple Live Event untuk memperkenalkan beberapa produk baru Apple. OS X Yosemite banyak miliki perubahan dari sisi desain, perubahan desain besar besaran OS X yang meninggalkan desain Skeuomorphism (desain dengan meniru object asli sebagai inspirasi) ke Desain Flat seperti UI iOS 7 yang sudah mengggunakan desain flat terlebih dahulu. Disamping beberapa perubahan desain banyak perubahan system lain yang makin nyaman menggunakan OS X.
Saya sendiri sudah mencoba OS X Yosemite sejak Publik Beta, pertama saya install adalah mecoba beberapa aplikasi yang saya gunakan sehari hari untk berkerja. dari beberapa aplikasi yang migrasi dari OS X Mavericks ke Yosemite memang mengalami masalah, terutama dari beberapa aplikasi yang menggunakan engine X11 gagal untuk membuka aplikasi secara normal seperti Inkscape, dan Gimp. Masalah ini terjadi engine Xquartz masih dalam pengembangan yang mengakibatkan Library Xquartz tidak berjalan di OS X Yosimite, tapi bagi saya menunggu rilis versi Xquartz yang baru terlalu lama dengan tidak mencoba OS X Yosemite yang baru dengan beberapa kebutuhan lain, yang saya butuhkan di Yosemite misalnya Xcode iOS 8.1.
Bagi Designer FOSS seperti saya kedua aplikasi ini sangat penting bagi kelangsungan pekerjaan saya, untuk migrasi ke Yosemite saya harus memastikan kedua aplikasi ini berjalan mulus di Yosemite. Setelah rillis OS X Yosemite versi final Inkscape dan Gimp masih menjadi kendala, tapi bagi saya yang sudah mencoba OS X Yosemite sejak beta publik tidak jadi masalah bagi saya. Inkscape dan Gimp tidak bisa berjalan di engine X11 bagi saya tidak masalah karena Inkscape versi Native OS X masih menjadi pilihan. Memang ada beberapa kekurang menggunakan Inkscape versi native yaitu beberpa yang saya rasakan pada saat perubahan warna dari suatu object render warna terasa lebih lamban, tapi yang saya suka di Inkscape Native adalah short cut keyboard sudah menyesuaikan standar OS X misalnya untuk copy object tinggal menggunakan shortcut (Command + C) tanpa perlu lagi menggunakan shortcut keyboard standar X11.
Untuk mendapatkan Inkscape versi Native saya sebenarnya sudah mencobanya sejak OS X Montain Lion tapi dikarenakan engine X11 masih berjalan lancar penggunaan Inkscape Native belum saya maksimalkan, setelah rilis OS X Yosemite Inkscape Native saya gunakan untuk menopang pekerjaan saya.



Inkscape Native OS X Yosemite dapat diunduh di sini
Gimp Native OS X Yosemite unduh di sini

Inkscape Native ini sudah saya Kustiomisi dengan Flat style UI, jadi yang menggunakan Inkscape Native OS X dari blog ini, akan terasa perbedaannya dari segi UI Inkscape yang seragam dengan aplikasi lain di OS X Yosemite.




raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: