Mengubah Xsplash Ubuntu Karmic

Xsplash benar-benar membuat tampilan Ubuntu tambah cantik, walau pun masih kalah dengan distro-distro lain. Karena masih dalam proses pencarian jati diri, saya maklum saja. Apalagi, Xsplash ini didaulat akan stabil pada Lucid Lynx. Xsplash ini merupakan salah satu fitur baru di ubuntu, fitur baru xsplash ini muncul pada versi ubuntu 9.10 yaitu ubuntu karmic koala pada ubuntu versi sebelumnya xsplash belum ada, tapi bisa juga mengistallnya di ubuntu 9.04 jaunty jackalope :D. Tampilan xsplash yang ada pada bawaan ubuntu karmic menurut saya sangat simpel dan bagi yang cepat bosen pasti ingin menggantinya, untuk mengganti xsplash ini cukup mudah ternyata, dengan menaruh beberapa berkas xsplash ke direktori /usr/share/images/xsplash/. dalam folder xsplash sendiri terdiri beberapa berkas yang cukup mudah untuk dioprek yaitu berkasnya adalah bertipe gambar dengan ekstensi *.png Dari beberapa xsplash yang dapat dirubah di fitur xsplash ini cukup banyak dari throber, gambar latar dan logo. Disini saya mempunyai beberapa tema xsplash yang cukup menarik untuk di unduh dan dipasang pada ubuntu kesanyangan anda :D.
Ada beberapa tangkapan layar xsplash oprekan saya sendiri dengan mengganti beberapa throber dan gambar latar :D







Cara Menggati Xsplash :

Berkas di unduh berformat *.tar.gz, extrak berkas tersebut di sembarang direktori yang anda inginkan. lalu tekan Alt+F2 dan ketik gksu nautilus (untuk menjalankan nautilus sebagai root). Salin isi direktori hasil ekstrak yang tadi ke /usr/share/images/xsplash, ada baiknya anda backup dulu isi direktori /usr/share/images/xsplash sebelum anda replace berkas-berkas didalamnya.

Jika anda ingin mengganti gambar latar saja, replace bg_2560×1600.jpg dengan gambar yang anda inginkan (gambar yang anda ingikan di rename menjadi bg_2560×1600.jpg). Untuk merubah Throber silahkan timpa (throbber_ukuran-throber.png dari ukuran small sampai xtra large) dengan throber yang anda siapkan, untuk menggatinya xsplash anda, seperti beberapa tangkapan layar di atas :D
untuk pengujian silahkan logout dekstop anda dan nikmati perubahan xsplash baru di ubuntu karmic.

Selamat mencoba

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

5 comments:

yogieza said...

kalau di praktekin di ubuntu jaunty bisa kagak Boz Radith??

RadithTux said...

bisa tapi install dulu xsplashnya :D

d.wijonarko said...

gambare apik.. jiosss dab :-bd

RedaGalih_BloG said...

matur nuwun mas..

Kumbang said...

mas kog g bisa di download yah linknya...