Reportase Reuni Raya STMA - SMTI Jogja 2010


Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Yogyakarta yang dulu dikenal juga dengan STMA (Sekolah Teknologi Menengah Atas) pada tanggal 16 Januari 2010 merayakan Reuni Raya 2010. dengan sebuah tema " Prestasimu Abadikan di Sekolahmu ", reuni pada tahun 2010 ini merupakan reuni yang ke VII dari Reuni HASTMA yang di adakan pada 4 tahun sekali. Agenda kegitan dari Reuni ini adalah Jalan-Jalan Santai, Musyawarah Nasional ke-55, dan Malam Keakraban pada sabtu malam 16 Januari 2010. Pada sabtu pagi agenda acara yang pertama adalah Jalan-jalan santai yang di ikuti oleh kurang lebih 700 peserta alumni STMA - SMTI dari seluruh Indonesia dan di tambah dengan seluruh siswa siswi SMTI dari kelas 1-3 juga turut meramaikan Jalan-Jalan Santai Reuni Raya SMTI Yogyakarta Reuni kali ini, Rute perjalanan dimulai dari halaman sekolah di Jalan Kusumanegara no.3. Yogyakarta kemudian menuju ke jl. Cendana diteruskan ke JL. Gayam (stadion Mandala Krida), JL. Sukonandi, JL. Ki Mangun Sarkoro dan berakhir di Halaman sekolah SMTI Yogyakarta, diilanjutkan dengan panggung hiburan dan pembagian doorprize. Pada barisan depan tampak marching band siswa-siswi SMTI Yogyakarta dan membawakan sepanduk bertuliskan "Aku Cinta Indonesia" makna dari tulisan ini adalah agar kita cinta terhadap budaya Indonesia. Pada sesi pembagian dorprize memang cukup menarik di ikuti karena dorprize yang di bagikan panitian cukup lengkap dari hadiah hiburan sampai hadiah favorit berupa Sepeda, Tv, Kulkas DLL. Tampak dari para peserta Reuni Raya SMTI 2010 ini gembira mengikuti pengumuman pembagian dorprize, karena dorprize yang banyak dan kuis-kuis menarik yang menyulut semangat kekeluargaan STMA SMTI semakin kental. Ada salah satu kuis yang dilontarkan pembawa acara pada waktu itu kuisnya adalah "alumni yang mendapakan jodoh dari sekolah SMTI dari alunus paling tua sampai alumnus paling muda"

keluarga besar mendapatkan jodoh di SMTI

ternyata cukup banyak juga dari peserta reuni yang mendapatkan jodoh dari sekolah SMTI, ada 6 pasang keluarga yang mendapakan jodoh dari sekolah ini, keluarga bpk. Samidayat '59, keluarga Ibu Siti '76, keluarga Bpk Imam '71 - Ibu Nanik '77, kemudian dilanjutkan dengan ada cerita menarik dari Reuni Raya 2010 ini adalah diketahui ternyata dalam satu keluarga terdapat tiga keluarga yang semuanya dari SMTI keluarga ini berasal dari alumus Bpk. Padya '86 yang mempuyai adik Bpk. Galuh '93 - Ibu. Utami '89, kemudian adik Ibu. Ida '94 - Sigit '94 dari satu keluarga ini mempatkan jodoh dari SMTI semua, dan uniknya lagi dengan pasangan-pasangan ini adalah mereka berkenalan setelah menjadi alumni jadi pada waktu bersekolah malah tidak saling mengenal ada yang ketemuan pada reuni dan pada tempat kerja, pada kesempatan reuni memang tidak hanya sebagai ajang memjalin hubungan erat di antara alumnus bisa juga digunakan sebagi pancarian jodoh. Pada reuni kali ini Tampak berbeda dengan reuni sebelumnya yang saya pernah amati, pada reuni ini tampak sangat kental aura semangat untuk menyatukan kembali alumnus-alumnus dari tahun 50'an sampai alumnus 2009 yang datang dari mayoritas alumni berasal dari luar kota, diantaranya Jakarta, Surabaya, Sumatera, dan Kalimantan. Setelah kegiatan jalan-jalan santai tepatnya pada pukul 11.00 WIB dilaksanakan peresmian mushola baru yang diresmikan oleh perwakilan dari HASTMA SMTI yaitu Bpk. Hasyim Rahim '59 (kiri), Kepala Pusdiklat DEPERIN (tengah), Untung Busro Qomar '68 (kanan), kemudian diterima oleh kepala sekolah SMTI Yogyakarta Ibu Tri Ernawati *alumni '76*










Pada waktu bersamaan peresmian mushola baru juga ada pertemuan dengan alumni muda SMTI tahun 1998 - 2009 yang di adakan di ruang pertemuan (ruang sidang SMTI jogja) para alumni muda ini dibekali motivasi agar bisa membentuk ikatan alumni yang solid dan bisa membantu SMTI Yogyakarta menjadi lebih baik lagi, salah satu yang memotifasi dari alumni muda ini adalah Bpk. Sukmono beliau juga salah satu alumni tua dari STMA dan pernah menjabat kepala sekolah di STMA, kebetulan pada alumni muda ini masih banyak teman-teman alumni yang belum berkerja dan kami mempunyai kesempatan berdikusi dengan Bpk. Sukmono tetang bagaimana membangun diri agar mampu menghadapi dunia kerja. Setelah pertemuan dengan alumni muda dilanjutkan acara selanjutnya yaitu MUNAS Nasional yang ke VII yang di ikuti oleh dewan pengurus HASTMA agenda memilih Pengurus Baru HASTMA, ketua dari pngurus baru kali ini dalam pemilihan keua HASTMA kali ini adalah Bpk. Mayjen Langgeng Sulistiyono dari alumni tahun 1975 beliau didaulat untuk meneruskan kemipinan HASTMA pada periode 2010 - 2014. Rapat Munas ke VII ini cukup panjang dari mulai jam 12.30 sampai jam 17.00 pembahasan yang di rundingkan cukup banyak yaitu salah satunya pemindah tempat pemngurus HASTMA dari pusat (Jakarta) ke Yogyakarta.

Suasana Munas HASTMA VII

Bpk. Mayjen Langgeng Sulistiyono ketua HASTMA Periode 2010-2014

Setelah Munas selesai dilaksanakan pada malam harinya dilanjutkan acara inti dari Reuni Raya 2010 yaitu malam keakraban SMTI yogyakarta dan ajang temu kangen alumini STMA - SMTI yang bertempat di Aula dan Halaman samping dari SMTI Yogyakarta. Acara yang di suguhkan dari Reuni Raya ini cukup menarik yaitu Karawitan menggunakan alat gamelan lengkap dari SMTI diselingi resepsi, dalam resepsi kali ini tentunya suguhan makanan yang di sediakan adalah makanan khas Jogja diantaranya adalah Angkringan, Gudeg Jogja, Bakso, Soto, Bakmi Jawa, DLL uniknya dalam resepsi Reuni Raya SMTI 2010 kali ini hidangan yang disuguhkan adalah berbentuk warung atau gerobak yang dibawa masuk ke dalam halaman SMTI Yogakarta, dari suasana seperti ini menujukakkan suasana makanan khas yang ada di kota Jogja. Pembukaan acara malam hiburan Reuni Raya SMTI 2010 dibuka dengan Paduan suara oleh siswa siswi SMTI yogyakarta yang membawakan lagu-lagu nasional dan daerah, dilanjutkan permainan Band siswa-siswi SMTI. Pada acara hiburan kali ini juga datang salah satu alumni SMTI yang mempunyai profesi sebagai pelawak pada salah satu stasiun tv lokal jogja yaitu TVRI Jogja alumni ini adalah dikenal di TV bernama Jonet, Jonet sempat menghiburan tamu-tamu alumni STMA - SMTI dengan dagelan plesetan khas jogja. Penampilan Jonet pada Reuni Raya SMTI 2010 kali ini di bantu temannya yaitu dikenal dengan nama Gareng, tampak dari raut wajah setiap alumni tertawa dihibur dengan dagelan khas Jonet, di sela-sela jonet melawak dia membagikan beberapa dorprize yang dibagikan khusus untuk alumni siswa-siswi, guru dan karyawan SMTI. Acara hiburan selanjutnya adalah band dari alumni SMTI tahun 80 'an dengan nama band Jogja Plus yang membawakan lagu-lagu kos plus disuguhkan khusus untuk alumni yang pada zaman itu menyukai lagu-lagu kos plus, lagu-lagu nostalgia ini disuguhkan hingga acara ditutup. Akhir kata dari saya dan panitia Reuni Raya 2010 HASTMA - SMTI terima kasih kepada teman-teman dan semua pihak yang telah memberikan dorongan dan bantuan berupa pemikiran, tenaga, materiil dan apapun bentuknya sehingga Reuni Raya 2010 dapat berjalan dengan Sukses.

Beberapa Tangkapan Lensa Kamera :

1. Acara Jalan-Jalan Sehat





















2. Acara Munas HASTMA VII ~ 16 Januari 2010












3. Acara Malam Keakraban Alumni STMA - SMTI















" Mohon maaf, untuk tangkapan lensa kamera acara lain, sedang dalam proses mengunggah dalam server "

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

13 comments:

Tri Irawan said...

Reuni yang Berkesannn..
Datang Makan, ketemu teman2..
Semoga reuni mendatang masih bisa datang...
Mas Radith minta YM nya?
Salam TRI IRAWAN 2007

RadithTux said...

YM ada di profile blog ku ...

akhsan said...

foto nya bagus-bagus mas...
boleh minta YM ID nya yang motret ndak mas :D

Kusmendar said...

fotonya seru-seru....sayang kemarin ngga bisa ikutaan...

RadithTux said...

@Akhsan boleh lah mas ini loh idnya : http://aksan.web.id (devil)

sasmitohadi said...

Mas fotonya ciamik lho....kalo njennengan sempat mbok foto2 jadul yang di pajang di depan aula kemarin itu di tampilkan disini juga , jadi ada kesan khusus gitu loh....!!!!

Bren said...

Rugi kalau ga ikut..
apa lagi waktu ngobrol2 dengan "Mas" Sukmono...beuh kyak ikut seminar mahal....bagus da membangun..

wahyu 07... lam kenal Mas Radit... ^^

tatoo.exe said...

sayang,,
belom sempet share sama sesepuh. malah keasyikan sm rekan seangkatn... ;(

Tri Irawan said...

Iya..
malah keasyikan sama rekan seangkatan..
heheh..

hart's said...

alhamdulillah...terlaksana kumpul"...jadi lupa umur he he he he

sepi ing pamrih rame ing gawe said...

fotonya bagus-bagus waaduh pangling semuanya

fahri said...

wah.... aku maci klz 3 smp waktu tu... hmmmtd... kayaknya seru.. :D

fahri said...

wah... fotonya bagus bgt... sayang sat tu maci klz 3 smp..
i love SMTI :*