Cara Install BIOS Laptop DELL dengan Ubuntu

Sebelum memulai Update BIOS setidaknya tau apa itu BIOS dan fungsi BIOS terlebih dahulu. BIOS, singkatan dari Basic Input Output System. BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Fungsi dari bios :
1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)


2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS Untuk sebagian besar aplikasi, cukup lakukan update mingguan pada waktu yang ditentukan. Program keamanan seperti antivirus memiliki fungsi update sendiri yang bekerja jauh lebih cepat. Selesaikan langkah-langkah lainnya dalam wizard dan akhiri dengan "Finish". Selanjutnya, file batch akan dijalankan pada waktu yang ditentukan dan meng update semua aplikasi yang terdaftar da lam AppUpdater. Apabila komponen hardware baru tidak berfungsi dengan benar, lakukan pemeriksaan BIOS untuk memastikan apakah PC mendeteksinya dengan tepat. Apabila ada masalah, cobalah mengatasinya de ngan meng-update BIOS tersebut.

PERHATIAN ! :
Update BIOS bukan tanpa risiko. Seandainya gagal, PC tidak dapat lagi distart. CHIP akan menunjukkan sebuah cara umum yang berfungsi pada kebanyakan PC. Namun Anda perlu mencari informasi dari produsen motherboard. Mungkin saja ia menyediakan solusi yang lebih aman untuk board Anda. Pastikan adaptor AC tersambung dengan baik, baterai utama terpasang dengan benar, dan kabel jaringan telah disambungkan.

Nyalakan Komputer Anda

Masuk menu pada Ubuntu Places Documents. Kemudiaan folder baru dan beri nama BIOS.

Temukan file update BIOS terbaru untuk komputer Anda pada support.dell.com. Kemudian Masukkan Service Tag Laptop DELL dalam form web DELL Support, service tag biasanya ada di cover belakang laptop anda.


Klik Download Now untuk mendownload file.

Jika jendela Export Compliance Disclaimer muncul, klik Yes, I Accept this Agreement.

Jendela File Download akan muncul.

Klik Save this program to disk dan kemudian klik OK. Jendela Save In akan muncul.

Klik tanda panah bawah untuk menampilkan menu Save In, pilih Documents® BIOS, dan kemudian klik Save.

Klik Close jika jendela Download Complete muncul.
Ikon file muncul pada folder BIOS Anda dan berjudul sama dengan file update BIOS yang didownload.

Buka aplikasi jalur perintah terminal Application --> Accesories --> Terminal

Kemudian ikuti tahapan berikut:

masuk sebagi root Ketikan

$ sudo su

Masukkan password Anda

Kemudian masuk di direktory penyimpan berkas BIOS

$ cd /Documents

$ cd /BIOS

kemudian masuk ke direktori

$ ./1011a00 kemudian tekan Enter

setelah enter Teks flash start... dan tunggu hingga flashing BIOS melakukan proses dan tunguu hingga Komputer anda akan menyala kembali secara otomatis setelah flash BIOS selesai.

sumber : buku panduan Service DELL Inspiron mini

Postingan Terkait :



Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

4 comments:

Kibot Rusak said...

dengan ubuntu? Kalo dengan blankon bisa? Dan apakah anda juga telah mempraktekkannya?

radithTux said...

semua yang ada peritah perintah CLI linux bisa dmenggunakan cara ini. punya saya laptop saya tidak perlu update BIOS :D jadi belum di coba, tapi jangan kawatir itu sumber saya kutip dari buku petunjuk Sevice DELL Resmi, DELL kan dukungan Open Sourcesnya bagus :D, coba untuk unduh petunjuk service laptop DELL ada di http://support.dell.com

Wisu said...

keren!

tapi nggak perlu sebagai superuser ya?

rental komputer semarang said...

Hmm keren, maju n semangat terus Brow...