Android Google Maps Luring [OffLine]

Belakangan ini banyak aplikasi Google yang sedang migrasi ke ranah Luring, salah satunya aplikasi yang ada di Android Google Maps. Aplikasi Google Maps sebenarnya sudah saya tunggu sejak lama untuk versi luring karena saya labih senang menggunakan Google Maps untuk Navigasi pada perangkat Android Saya dari pada menggunakan aplikasi navigasi lain, alasannya cuma satu karena lengkapnya peta yang di miliki Google dari pada Aplikasi Navigasi lain. Google Maps versi terbaru sekarang ini sudah mendukung untuk peta luring dari versi Google Maps 5.7 sampai versi terbaru Maps 5.10. Peta Luring Google Maps sayangnya masih dibatasi, disini dibatasi artinya area peta yang akan di unduh hanya sebesar provinsi Yogyakarta sebesar 3200 KM persegi, Saya sudah mencobanya untuk mengunduh Peta Luring Google Maps hanya dibatasi sampai 10 bagian peta. Saya pikir masuk akal juga Google Maps Luring membatasi peta luring yang akan disimpan. Peta luring Google Maps ternyata disimpan pada internal memory Android jadi bagi yang memiliki internal memory pas-pasan harap pangkas dahulu memory internal, karena peta luring akan disimpan pada Internal tepatnya pada direktori /cache. Untuk mendapatkan Google Maps versi terbaru anda bisa memperbarui dalam Android Market untuk mendapatkan versi terbaru Google Maps 5.10. Metode penyimapan Google Maps versi  terbaru menggunakan Pre-Cache Maps Area, artinya peta yang akan kita kunujungi, pada waktu tidak ada akses data pada tempat yang kita kunjungi dapat kita unduh dahulum, dan menyimpannya pada internal memory. Google Maps yang saya gunakan malah menggunakan Google Maps versi 5.8 yang mempunyai fitur tidak jauh beda dengan versi 5.10 kelebihan Google Maps 5.8 yang saya installkan pada Android saya adalah Google Maps Navigation sudah bisa digunakan untuk wilayah Indonesia dan saya rasa bisa digunakan pada seluruh dunia. Navigation pada Google Maps sengaja ditutup oleh pihak Google dikarenakan Maps yang mendukung 3D View masih jarang ditemui pada negara-negara berkembang. Google Navigation bisa berjalan pada Negara yang sudah medukung Street view 3D seperti Amerika, Jepang, dll, tapi jangan kawatir bagi kita yang tingggal di negara berkembang masih bisa menikmati Google Maps Navigation tanpa harus membeli lagi aplikasi Navigasi. Google Maps Navigation dilengkapi dengan pemandu dengan suara, walaupun suaranya masih menggunakan bahasa Inggris tapi masih cukup jelas untuk memandu anda bila anda sedang mengunjungi tempat yang bagi anda asing. Bagi anda yang sudah menggunakan Google Maps versi 5.7 sampai dengan Maps 5.10 bisa menggunakan cara berikut ini untuk mendapatkan Peta Luring pada Android Google Maps.

Buka Google Maps pada perangkat Android anda, kemudian masuk menu Labs aktifkan plugin Pre-Cache Maps Area



Setelah mengatifkan Labs Plugin Pre-cache map area dilanjutkan mengunduh peta yang akan dijadikan luring, disini saya mengambil contoh untuk meluringkan peta disekitaran Yogyakarta. Caranya tahan jari anda pada lokasi yang akan ada ambil peta luring kemudian akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah, dilanjutkan klik notifikasi maps untuk mendapatkan menu mengunduh peta luring.


Langkah selanjutnya mengunduh peta luring pada menu detail peta, pilih menu Pre-Cache Maps Area dan kemudian Google Maps akan mengunduh peta sebesar area yang ada butuhkan.



Setelah mengunduh peta pada area maps yang akan anda kunjungi, peta luring akan simpan pada menu cache setting, maksimal area yang bisa disimpan adalah 10 area cache maksimal sebesar 3200 KM persegi  untuk menejemen maps di unduh bisa diantur pada Cache Setting.


Setelah peta luring didapatkan, sekarang bisa mencobanya untuk mematikan akses data internet anda dan rasakan bedanya menggunakan peta offline Google Maps, Untuk keperluan Navigasi Google Maps Navigation memerlukan sedikit data untuk tracking rute jalan akan yang dilalui jadi akses internet pada saat menghidupkan Navigation diperlukan pada saat tracking rute jalan. 


Installasi Google Maps 5.8 + Navigation :
- Unduh Google Maps 5.8 + Navigation - di sini
- Sebelum installasi, pastikan Data dan Cache dari Google Maps versi lama dihapus terlebih dahulu.
  Setting --> Application --> Manage Application --> All Apps -->  Maps
- Kemudian Clear data dan Clear Cache

Installasi 
- Gunakan Adb Shell untuk memasukkan Aplikasi Google Maps
# adb shell mount -o rw,remount -t yaffs2 /dev/block/mtdblock3 /system
- Setelah mounting partisi system selesai dilanjutkan memasukkan aplikasi Google Maps dengan perintah adb push
$ adb push ~/direktorikomputer/Maps.apk /system/app/
 - Kemudian berikan akses permision chmod 644 untuk aplikasi Maps.apk
$ adb shell chmod 644 /system/app/Maps.apk
Installasi selesai, kemudian hidupkan ulang System Android.
$ adb reboot 

Selamat menggunakan Android Google Maps Luring :D

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: