Mengganti Nama Direktori Home pada Mac OS X


Postingan ini hanya untuk catatan saya dan sekedar sharing tentang Mac OS X. Pernah saya diajak untuk mengistall Mac OS X pada Mac Mini secara masal pada suatu lab di suatu kampus dan pada saat itu salah memberi nama home folder pada salah satu komputer dan hasilnya saya mengistall ulang sistem operasinya lagi hehe sangat newbie Mac OS X. Pada waktu itu juga di kejar waktu, ya sudah lah saya install ulang saja dari pada ngoprek Mac OS X pada waktu itu asing bagi saya :malu 
Untuk menggati direktori home pengguna pada Mac OS X sangat mudah ternyata.... tinggal klik sana dan salin berkas pada direktori home pengguna baru jadi deh ... Sangat mudah, tidak sesulit yang saya bayangkan untuk memulai dari awal lagi. Untuk mengganti nama pengguna Home direktori pada system mac osx anda cukup menyiapkan direktori baru pada direktori /Users kemudian salin semua isi direktori  pada Direktori home pengguna lama. Untuk langkahnya sebagai berikut.

Buka aplikasi Terminal pada direktori aplikasi Untilies, kemdian ketikkan perintah dibawah untuk membuat direktori pengguna baru pada direktori  /Users

sudo su
mkdir /Users/namapenggunabaru

Kemudian salin semua berkas yang ada pada direktori home pengguna lama ke dalam direktori home pengguna baru yang baru anda namai.

cp -r namapenggunalama/* /Users/namapenggunabaru

Setelah membuat direktori dan menyalin semua berkas pada direktori home pengguna lama, dilanjutkan menyunting pada System Preferences 
masuk ke System Preferences --> Users & Groups --> Buka Permision pada Users & Group kemudian masukkan password admin anda.



Kemudian klik kanan pada Admin Pengguna pilih menu Advanced Options

Kemudian klik Choose untuk memilih direktori Home Pengguna baru yang anda buat, setelah anda menyunting semua direktori home pengguna baru yang ada pada menu Advanced Option anda akan diminta untuk menghidupkan ulang system. Pastikan semua berkas yang ada di home pengguna lama sudah disalin lengkap berserta direktori Library yang ada di dalam diretori Home pengguna lama.

Semoga bermanfaat :)

Sumber : http://www.youtube.com/v/TPw_Fo2G17k&hl


Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

5 comments:

Eko Debi Kurniawan said...

Min, mau tanya, gimana cara ngapus user lama yg udah terlanjur di trash??
Mis yg baru radith yang lama radithtux (sesuai foto) nah yang lama radithtux itu saya hapus dan masuk ke trash, nah dia g bisa di terhapus dr trashnya itu...

Radite Putut said...

kalo folder home lama sudah masuk di trash .. recover lagi ke home, (klik kanan put back) setelah folder namanpengguna lama kembali lagi di folder users, hapus folder user lama secara permanen mennggunakan terminal :

sudo rm -Rf /Users/folder-namapengguna-lama

Eko Debi Kurniawan said...

Usernya di kembalkan sih bisa, tp bentuknya seperti copyan, yg di trash sih masih ada, dan coba di hapus pakek terminal katanya command not found, terus gimana min???

boniepermana said...

Min.... mohon sharing ilmunya ....

bagaimana cara rubuah nama folder yang ada di direktori "DEVICES"

kalo contoh yang di atas nama foldernya "radith's MacBook Pro"

mohon bantuannya ^_^

Radite Putut said...

klik -->  --> system preferences --> Sharing ---> ganti kolom komputer name