Review Singkat Mac OSX 10.7 - Lion




       Mac OSX Lion 10.7 rilis pada awal bulan Juli yang lalu membuat machitosh user dan hachintosh user ingin menjajal si raja hutan ini. Pertama menggunakan Lion memang beda disamping mendapatkan pengalaman baru pada sebuah sistem operasi Mac OSX. Untuk User Interface masih sama dengan mac OS X versi lain, dengan panel di atas dan icon dock dibawah. Panel atas saya rasa lebih ramping dengan icon lebih kecil dibanding dengan versi yang sebelumnya Mac OSX Snow Leopard 10.6. Beberapa fitur yang paling dominan pada Mac OSX Lion antara lain Launchpad, Mision Conttrol, Multi Touch Gesture yang baru, Full Screen Aplikasi dan Swipe navigasi. 
         Fitur Launchpad fitur baru yang hanya ada pada Lion persis sama seperti pada launcher iPad apabila menggunakan iPad sama persis untuk navigasi pada Mac OSX Lion. Launchpad ini memang dipersiapkan untuk sistem operasi layar sentuh, Launchpad juga bisa dipanggil menggunakan 4 kombinasi jari secara berasamaan benar-benar pengalaman baru menggunakan trackpad. Rumor yang beredar kalau iPad 3 besok akan menggunakan OS X Lion. Saya rasa lauchpad seperti ini, saya pernah menemui pada setiap laucher pada Distro Linux Netbook Seperti Kubuntu Netbook Remix 10.10 laucher pada Kubuntu tidak kalah bagusnya dengan Lauchpad Lion. Saya dengar juga BlankOn Linux juga sedang mengembangkan Launcher yang hampir sama dengan Lauchpad yang di namai RaiPad semakin keren aja distro buatan anak Negeri.


Mission Control fitur yang fitur ini sebenarnya cuma penggati dari fitur expose pada versi versi sebelumnya yang mempunyai fungi mengetahui aplikasi yang aktif pada dekstop. Saya rasa Mision Control ini memang berbeda dengan versi Mac OSX yang lain, fitur ini bahkan bisa sekalian memindahkan Dekstop pada papan kerja lain. Memang sangan menarik Mision Control untuk dicoba. Fitur Expose pada Linux juga ada apabila anda mengaktifkan Compiz fitur ini bisa anda nikmati pada dekstop Linux.


Pada animasi dekstop Lion banyak yang baru terutama pada navigasi Multitouch Trackpad yang berkolaborasi dengan animasi dekstop, trackpad pada Lion memang berbada, pada Lion fungsi mutitocuh  hampir sama dengan menggunakan layar touchscreen pada iPad. Disamping menambahkan animasi dekstop dan multitouch trackpad.
        Apple juga melengkapi fitur Full Screen pada setiap Aplikasi, bagi saya yang menarik adalah pada saat membuka berkas PDF yang dilihat menggunakan full screen berbedaan terasa sekali pada versi sebelumnya. pada fitur ini ditambahakan fitur scrool untuk berpindah ke halaman berkas PDF jadi serasa membuka buku pada buku yang sebenarnya. Pada Aplikasi Finder juga berubah dari pada versi yang bisasanya  Finder 10.7 mengusung beberapa fitur baru diantaranya Air Drop fingsi dari Air Drop sendiri adalah mengirimkan berkas melalui media Wireless yang mempunyai efek drag & drop pada sesama pengguna Mac OSX Lion fitur ini belum pernah saya coba. Bagi yang penasaran bisa melihat langsung video preview Mac OSX Lion pada tautan YouTube berikut




Tangkapan Layar Mac OS X 10.7 - Lion 

Login Screen
Dekstop
Air Drop Wirelesss Finder 
Finder 10.7 Lion

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: