[Gingerbread 2.3] Release Android Chemplon 2.3.0


Android Chemplon 2.3.0 salah satu versi penerus dari Android Bakpia yang mempunyai system Android 2.3 Gingerbread. Android Chemplon salah satu firmware android racikan lokal Indonesia, kali ini frimware Android untuk F11-F0X (foxconn) ini menggunakan remastering dari CyanogenMod 7. Untuk kode nama Android ini saya namai Android Chemplon dari segi nama memang aneh dingar tapi bagi orang yang pernah hidup di Jogja pasti tau apa itu Chemplon. Chemplon adalah salah satu makanan terbuat dari singkong ( ubi kayu ) yang dicampur dengan gula jawa yang kemudian goreng, Chemplon biasanya bisa kita ketemui di pasar-pasar tradisional di daerah Yogyakarta terutama didaerah Gunung Kidul. Dengan nama Android Chemplon ini saya meremastering firmware benar benar full customisasi :D bisa dilihat pada tampilan yang cukup menarik untuk dicoba :D. Wajar saja ini adalah pengembangan pertama saya pada versi Android 2.3 Gingerbread kemungkinan nanti banyak terdapat bugs-bugs yang ditemukan harap dimaklumi :). 
Untuk UI (User Interface) saya menggunakan themes campur-campur, karena themes ini bisa disebut gabungan dari MIUI, Sense dan sedikit IOS, harap dimaklumi saja saya membuat themes memang elegan dan tidak lebay, ini mungkin pengaruh dari saya menggunakan salah satu produk Apple :D. Dari firmware Android yang saya remastering menggunakan CyanogenMod versi android 2.3.4 mungkin untuk waktu sekarang ini versi 2.3.4 adalah ketinggalan, tapi saya memang memilih versi 2.3.4 dimana mencari kesetabilan firmware untuk digunakan sehari-sehari. Saya lihat statistik menggunaan firmware Android Racikan saya memang banyak digunakan tertama versi Android Bakpia Keju dan Android Kacang Ijo yang tingkat pengguna merasa puas dengan kesetabilan yang diperoleh. Utuk Android Chemplon 2.3.0 ini mungkin berberda dengan versi sebelumnya android bakpia, dari segi vitur merupakan standar CyanogenMod 7 kemudian untuk tampilan di rombak total dibalut dengan sentuhan sense dan icon MIUI pada setiap applikasi bawaan Android Chemplon 2.3.0.
Seperti kebanyakan frimware CyanogenMod fitur-fitur utama android sudah terpenuhi pada versi ini saya sengaja memasukkan beberapa aplikasi berguna buatan anak Negeri [ Indonesia ] yang mungkin berguna untuk digunakan. Applikasi yang saya masukkan seperti aplikasi Indonesia in your hand, mTransport DIY, Kommuta, GempaDroid, Cinemator dan TuneIn radio Streaming. Beberapa Aplikasi Mungkin berguna diataranya mTransport DIY dan Kommuta aplikasi ini berguna bagi anda yang sering berpergian didaerah Yogyakarta dan Jakarta akan terbatukan dengan aplikasi mTransport DIY dan Kommuta, aplikasi ini membantu anda mengetahui jalur transportrasi darat yang akan digunakan berserta jadwal keberangkatan transportrasi yang ada di kota bahkan anda bisa mengetahui keadaan Jogja secara live streaming dengan menggunkan IP Camera yang bisa dilihat langsung menggunakan aplikasi mTransport DIY. GempaDroid salah satu aplikasi yang ada di Android Chemplon yang berguna memberikan informasi daerah yang sedang dilanda Gempa secara cepat, paling tidak memberi informasi secara realtime gempa yang sering terjadi di Indonesia belakang ini, Aplikasi Indonesia In Your Hand salah satu applikasi untuk orang manca negara yang akan berkunjung di Indonesia, applikasi ini memuat semua informasi pariwisata yang ada di Indonesia untuk mendukung program Visit Indonesia dan Voting The Komodo Island, Applikasi terakhir Cinemator ini aplikasi tambahan bagi yang suka melihat movie kesangangan di bioskop kesangan tidak perlu lagi melihat jadwal pada web ukuran bersar cukup membuka Cinemator anda bisa melihat jadwal film kesangan anda tanpa perlu takut kehabisan tiket :D.
Chemplon 2.3.4 sudah mendukung installasi App2SD berkat adanya applikasi S2E aplikasi app2sd ini berkerja pada partisi Linux EXT2 untuk mengatifkan app2sd silahkan format partisi menjadi ext kemudian tinggal, cek app2sd yang ada di aplikasi S2E. Untuk Bugs yang ada di Frimware CyanogenMod 7 Gingerbread 2.3.4 masih sama pada sreeen off wifi teatering akan mati, untuk mengatasi bugs ini saya menambahkan aplikasi screen on jadi bugs wifi teatering sudah fix. Untuk Wireless, bluetooth dan screen rotation saya rasa lancar jaya :). Bagi yang ingin mengincipi enaknya Chemplon bisa di install pada Nexian Journey dan device basis FIH-FOX, petunjuk installasi sudah ada dalam paket Android Chemplon 2.3.0.

Credit :
Google Android Gingerbread 2.3.4 CyanogenMod 7
Kernel Linux ARMv6 2.6.32.9 SuperAOSP #1
Recovery Mode: ClockwordMod Recovery 2.5.1.3


Android Version    : Android Gingerbread 2.3.4
Code Name            : Chemplon 2.3.0
Based                     : CyanogenMod 7
Kernel Linux          : 2.6.32.9
Processor                : Max 768MHz
Support App2SD
Dalvik Cache2SD
GPS Config Fast Lock Satelit
Block Ads Google
Screen Reader
Bootsplash : Chemplon Green
Booot Animation  : Chemplon Glow
Betrey Indicator    : Black Ring (skala 10%)
Themes + Icon      : Chemplon Sense UI + MIUI
Launcer                 : Launcer Pro Sense UI
File Manager         : RootExplorer
Animation             : fade


Added Apps :
Google+
Fancy Widget
Indonesia In Your Hand
mTransport DIY
Kommuta
GempaDroid
Cinemator
Google Maps + Navigation
TuneIn Radio
Prey
Screen On
Quick Office
S2E

Tangkapan Layar :

Bootsplash


Bootanimation



UI [ User Interface ]

Unduh Android Chemplon 2.3.0 Release :


Cermin 1 : Android Chemplon 2.3.0 [mediafire] pass : password



Unduh Android Bakpia Sebelumnya :



raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: