Android Bakpia 2.2.0 Nexian Journey

Remastering Ubuntu mudah dan ternyata Remastering ROM Android juga sangat mudah. Postingan kali ini saya akan membahas hasil masakan ROM Android 2.2 Froyo yang saya masak sendiri menurut selera orang Indonesia, hasil remastering dari ROM CynogenMod. Kompilasi yang saya masukkan seperti kecepatan penguncian GPS, APN Asisten, Bernacle Theater, menambah Aplikasi jejaring sosial dan menggunakan Kernel SuperBler yang di klaim irit dalam penggunaan Batrey Nexian Journey. Bagi yang menggunakan Nexian Journey pasti tau dengan adanya custom ROM lain, sebelumnya ada yang membuat ROM Eclair versi Indonesia yang diberi nama Apem Andro-ID dan kemudian dari muculnya Apem saya mencoba untuk custom sendiri ROM Froyo, kemudian saya beri nama ROM Android Bakpia. ROM Android Bakpia ini saya custom sebagus mungkin, sehingga yang ingin mengicipi Android rasa Bakpia pada Nexian Journey. Jadi semakin PEDE pengang Nexian Jouney :D hehe. Apa saja yang saya custom pada ROM Android Bakpia ini ?
  • Android Device    : Nexian Journey A890 or Boston Clones
  • Kernel Linux 2.6.32.9-SuperBler. Kernel ini menggunakan manajemen penghematan daya listrik sehingga konsumsi listrik dalam battery jadi lebih efisien berbeda dengan kebanyakan ROM Froyo yang boros menggunakan daya listrik battery, Kernel SuperBler ini menggunakan clock cpu maksimal 600MHz, bagi yang ingin menggunakan kernel clock cpu 820MHz bisa di unduh pada tautan ini. 
  • Nexus One Animation Bootsplash, Nah ini yang membuat saya semakin PEDE menggunakan Nexian haha, karena bootsplash yang saya tananamkan di ROM Android Bakpia ini, menggunakan bootsplash besutan Nexus One.
  • Transparant Panel + Icon MIUI, kebanyakan panel Android menggunakan panel standar, kemudian saya rubah menggunaan transparent panel jadi mirip2 HTC gitu :D. Kemudian sebagian Icon juga menggunakan MIUI, (MIUI sebuah proyek untuk merubah tampilan Android menjadi mirip-mirip dengan Ipon) 
  • Patch Kamera Fix agar kamera berjalan lancar pada ROM Android Froyo
  • GPS Config Fast Lock Satelit, kebutuhan konektivitas satelit semakin banyak digunakan yang senang dengan kegiatan mobile, kemudian untuk memenuhi kebutuhan tersebut saya coba memasukkan config GPS agar cepat menggunci lokasi kita, dan terbukti setelah saya config penguncian satelit tidak lebih dari 5 detik pada cuaca cerah, lokasi kita sudah terdeksi dengan cepat :D, disini saya menggunakan config Satelit khusus Asia.
  • Keyboard default Gigerbread, walaupun ROM Gigerbread dalam masa development untuk Nexian Journey tapi jangan kawatir, apabila anda menggunakan Android Bakpia ini keyboard Gigerbread sudah bisa anda incipi :D
  • Launcher menggunakan ADW Laucher 1.3.3 dan ADW Laucher EX full animation
  • Wiget Jam dan Cuaca, menggunakan Funcy Wiget Pro, wiget yang mirip dipakai oleh HTC Sense
  • Aplikasi System. saya tambahkan APN Assisten gunanya untuk menambahakan APN Operator Indonesia secara otomatis, Barnacle Wifi Teather digunakan untuk Android kita sebagai Ases point wifi, Avanced taks manager untuk manajeman Aplikasi yang berjalan di Android dan kemudian Quick System Info untuk memantau proses yang berjalan dalam sistem operasi Android.
  • Aplikasi Sosial Networking seperti Plurk, Facebook, Twitter, Foursquare
Penampakkan Android Bakpia 2.2.0 :


- Bootsplash Nexus one :




- Penampakaan Home Screen :



- Transparan Panel + ICON MIUI :



- Penampakan Keyborad dan Lock Screen :


- System Android Bakpia :

Anda ingin mengicipi Android Bakpia ??? silahkan unduh Berkas ROM Android Bakpia 2.2.0.zip yang ingin menggunakan Server lokal bisa di unduh disini. Apabila ada Bugs dan Request Aplikasi silahkan tuliskan pada halaman kometar Artikel ini. Selamat mengicipi Android Bakpia :D



:::: UPDate ::::::



@buat yang mau ngicipi Bakpia : saya buat ROM ini sebelum ada Apanda Froyo Official. Jadi yang dari Apanda Froyo Official ke Bakpia harus downgrade dulu ke Eclair original Nexian atau CML Eclair, baru kemudian diFlash ke Bakpia Agar IME tidak hilang, yang jadi masalah bukan BakpiaNya, tapi emang ROM ApandaNya yang menggunakan system radio kalau pindah ke varian ROM CynogenMod yang mengakibatkan IME hilang.



Postingan Terkait : 
Postingan Sebelumnya :

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

81 comments:

Anonymous said...

kalimat yang aku suka, "jadi mirip2 HTC gitu :D", "
Dan ternyata semua itu udah ada di Desi ku...wkwkwk

tetap semangat masberooo, sukses buat projectnya... :)

radithTux said...

yaya HTC gitu :P

Unknown said...

Tp wifinya jalan kan ,soalnya saya pernah pke superbler wifinya
Gak nemu pas scanningnya....

blogger-holic said...

batrenya gimana gan??
udah seirit froyo nya Apanda n motorola XT05 kah?

ajarin cara bikin Transparan Panel ama icon2 power control di panel dong gan.. hehehe

likearthian said...

Cara installnya gimana pak?

opsquid said...

wah keren om !
nambah 1 lagi nih developer dalam negeri kita !

semangat terus om !

TJ said...

Ada juga temen pengembang Android untuk Juned di Indonesia..

Semangat..

raditeputut said...

wah agan2 dah pada nemuin blog ane juga ternyata :D makasih gan ane juga newbie di Android :D, tapi ROM Bakpia 2.2.0 ini lumayan stabil gan dari segi konektifitas dan dipake harian :D ane sekarang juga masih pake Bakpia Gan dan nyaman aja pakenya. Bugs hapir tidak ada paling kalo pake kernel yang 820Mhz jadi sering restart jadi mending pake kernel bawaan Bakpia aja gan superBler 600Mhz :D

@Joko : wifi jalan lancar gan :D dah ane coba malah bisa deteksi ad-hoc milik ubuntu juga, jadi ane kalo di rumah cuma nyalaen ad-hoc dari ubuntu junet ane dah bisa konek dengan ubuntu ane tanpa koneksi GSM :D

@blogger-holic : kalo batre menurut ane lumayan irit gan kan sudah pake kernelSuperBler, kalo di bandingin sama apanda masih irit apanda kali ya :D, transparan apnelnya tinggal replace aja gan itu framework-res.apk di direktori /system/framework :D

@likearthian cara installnya sama kayak kebanyakan ROM2 Cynogen Gan :D kan ni ane remastering dari ROM cynogen :D bisa dilihat pada tautan di baawah gan :D
- http://radithtux.blogspot.com/2010/12/cara-upgrade-nexian-journey-ke-android.html

@OpSquid : wah agan ini kayaknya lupa dengan ane nih :-( padahal dulu kan pernah ane kasih link buat incip2 ni bakpia (pernah ane pm di Gtalk) :D

@tj_style : (worship) gan ane masih newbie, maaf dulu sering tanya2 banyak diGtalk tentang bagaimana cara oprek ni jurni :D

ane malu malah pada mampir ke blog ane :D hehehe

Unknown said...

gan....ngeflash dari apanda ke bakpia langsung bisa kan?ga perlu downgrade segala kan?wah...sepertinya harus dicoba neh....nais inpo gan....selamat berkarya... :p


=ilmasihtakut=

thile01 said...

Ijin sedot gan....
tapi maaf kelas ane masih user......
terus berkarya gan...

snipethebadguy said...

semangat gan! tks utk Bakpianya - moga makin mantep dan makin sesuai ma selera (gaya pemakaian) anak Indonesia. Keluhan utama combo Froyo-Nexial Journey adalah = baterenya boros. Kalau berkenan, keep us updated ya, di sini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6283706. Tks!

abdipribados said...

Mas.. saya sudah pake bakpia-nya .... sejauh ini komentarnya : MUANTEP mas... sementara ane netep di sini dulu kayaknya nih..

Cuma saya nemu yang gak jalan satu. Kenapa ya lock location yang pake Mobile Network (bukan yang pake GPS) gak jalan? Jadi kalau GPS-nya aku mati-in, Lokasi kita gak ketemu sama Google. Kalau GPS-nya dinyalain, baru deh ketemu... (BTW : lock GPS-nya lumayan cepet kok...)

Makasih....

grave85 said...

minta link lokal dunk gan...T-T
bukan kurang bersyukur tapi dari pagi uda cb 3x donlod putus terus nih...
yg terakhir sudah 82Mb downloadannya,eh mati lampu...mana 4s*ared ga bs resume lg...pliss...butuh banget rom ini....bg yg udah donlod tulung diupload ke medi*fire,id*ws,atau makny*s dunk...

matur nuwun untuk agan radithtux :shakehand2
terus berkarya y...ditunggu karya2nya yg lain!!!!

Tamaboy said...

Sudah bisa wake dari tombol merah atau ijo blum gan ?
Ijin sedot gan...

D-T said...

om.. d porum sebelah koq katanya ada yg imei nya ilang setelah upgrade ke bakpia? cara upgrade yg aman biar imei ga ilang gmn?

maap ane masih nubi om.. :malu:

Indra said...

Ijin download. Btw, ada yg udah ngelokalin gak?

radithTux said...

@goldfish : kalo dari apanda disarankan downgrade dulu ke eclair mas biar ga ilang no IMEnya :D karena ROM ini menggunakan ROM remastering Cynogen :D

@thile01 : siap gan :D

@snipethebadguy : waduh saya ga punya akun kaskus gan :D

@grave85 : oke nanti saya coba saya unggah di serper lokal jogja gan biar lebih cepet aja :D

@Tamaboy : awake layar sudah bisa pake tombol hijau, merah, tackball, dan menu gan :D

@D-T : karena ini menggunakan Remastering Cynogen jadi saya sarankan downgrade dulu ke eclair :D saya juga kemarin pake apanda hidjrah dulu ke eclair ori gan :D

@Indra : oke gan silahkan, nanti saya coba unggah di serper lokal :D

terima kasih semua agan2 dah mau mampir di blog newbie ane ::malu::

radithTux said...

@buat agan2 semua : oya gan ane buat ROM ini sebelum ada Apanda jadi kalo dari Apanda ke Bakpia harus downgrade dulu ke eclair gan, yang jadi masalah bukan Bakpianya gan tapi emang apandanya yang pake system radio kalo pindah kae ROM cynogen :D

grave85 said...

radithTux @Tamaboy : awake layar sudah bisa pake tombol hijau, merah, tackball, dan menu gan :D

kyaaa.....mangstab gaaaan!!!makin ga sabaran nih,ayo cepat2 diupload gan...ganbatte-o!!!!

raditeputut said...

@grave85 : agan tolong ane di kasih testimonial di longue jouerney kaskus kalo mau ke Bakpia harus downgrade dulu ke elair ori dulu :D ::ane mohon gan:: haha :D soalnya ni ane buatnya pake remastering Cynogen :D

juliuswong said...

gan, kenapa status bar sudah warna hitam transparan, tapi jam juga, jadi ga keliatan.
Kalo coba diubah jadi theme hitam, malah status bar jadi putih.
Btw, great job.

kodoxblue said...

om.. mo tanya.. masudnya system radio apaan sih ?? berarti sama langahnya pindah dari apanda ke BBC yah..

Anonymous said...

misih gan nanya....ini pake recovery apa ya???makasih

kutilank said...

Gan, ane mumpang lokalin filenya ya :D

magrumadha said...

nanya gan..
support script init.d ga gan?
bisa app2sd ato app2ext ga gan?
ijin sedot gan..
thanks..

raditeputut said...

@juliuswong : kalo mau status barnya nampak transparan coba agan aktifin live wallpaper ntar jadi dah transparan, warna jam putih = coba agan setting di menu setting - cynogenMod setting - user inter face disana ada settingan untuk memodifikasi warna jam, tanggal dll

@kodoxblue : yang diaksud system radio, ini istilah juga saya dapat dari Longue Journey kaskus, jadi saya juga tidak terlalu mengerti tentang system radio, yang disana menyebutkan kalo mau pindah dari apanda ke varian cynogenMod bisa donwgrade dulu ke ROM ori nexian atau CML eclair. kemungkinan bukan cuma IME saja yang hilang tapi sinyal juga akan hilang, saya pernah praktekkan di Journey milik teman saya :D setelah upgrade apanda terus pengen ngincip ke bakpia eh malah ga ada sinyal tu jurni :D gitu gan penjelasan ane hehe maaf ane juga newbie ::malu::

@Anonymous : Pake recovery seri recovery-clockwork-2.5.1.3-z71.img karena ini adalah remaastering dari variam ROM cynogenMod ini gan ada ane lokalin clockworknya bisa di unduh disni : http://macan.uad.ac.id/software/android/journey/recovery/recovery-clockwork-z71.img

@kuntilanak : makasih gan ane update langsung isi blog ane :D

Serper Lokal Bakpia 2.2.0 - http://www.maknyos.com/whgd0chte42h/CynogenMod-Bakpia-2.2.0.tar-maknyos.com.gz.html

Lahumbung said...

Wah satu lagi nih makanan lokal, yang lokal emang lebih gurih gan, pas ama lidah hehehe (coz sekarang masih kebayang tuh rasa Apem dikasi 4 biji lagi ama prof TJ). Congrats ya gan mudah-mudahan besok-besok bisa muncul lagi android rasa lokal yang lain yang super mantap.

raditeputut said...

@magrumadha sepertinya belum mendukung init.d gan :D, app2sd masih menggunakan nativ app2sd bawaan froyo gan jadi harus pindahin manual ke sd :D ane dah nyoba, flash recovery pake Andro-id Buatan agan Tj-style ga jalan gan app2sdnya seperti di Apanda :D

@Lahumbung makasih gan ane coba lagi dah rasa2 Indonesia, jangan lupa kalo cinta Indonesia juga pake Sistem Operasi Komputer Asal Indonesia gan pake BlankOn saya ngoprek ni jurni juga pake OS BlankOn gan :D

Unduh OS BlankOn -- http://cdimage.blankonlinux.or.id/rilis/

nexjourney said...

wahhh....kudu balik ke ori dulu ya gan...huff...untuk pejwannya uda gw save webnya....wes tar sore pulang kerja langsung tanjapkan usb... :p makasih bgt ya gan....recovery pake clockwork yang kayak install apanda kan gan? pengen nyincipin bakpia racikan chef Radith.... yummy.... :p

grave85 said...

tambahan supaya tidak ada yg bingung bagi yg mengunduh dari link lokal,filenya direname sj jadi berekstensi .tar

pasti bakalan dikenali ma winRAR.

btw,thx agan kuntilanak atas link lokalnya....mangstab ga sampe sejam uda kelar!!!!

kodoxblue said...

gan.. torch lednya jala ga nih ?

Anonymous said...

alphazero :
gan.. aye baru aja flash junet pake android bakpia (2.2) ..
overall cukup puas..

pertanyaan aye :

1. bagaimana membuang aplikasi native yang terinstall sebelumnya ?
soalnya tombol uninstall nya grey out, dan juga gak bisa dimove ke sd
2. bagaimana cara menghilangkan vibrasi ketika tekan home, back, dll ?
3. rom manager itu gunanya apa ya ? kalau misal bisa diuninstall bermasalah ga ?
4. bagaimana cara tahu bahwa junet nya sudah dirooted ?
5. katanya froyo, pada saat instalasi langsung install di microsd, tapi punya aye masih install di phone memory, walau bisa seh dimove
6. aye beli memory 4GB, tapi di A2SD yang free cuma 6.94 MB ? bagaimana cara optimalkannya ?
7. beda system storage dan internal storage apa gan ? system storage aye tinggal 41,88 MB dari 160 MB ? dan system cache sisa 38,88 dari 88 MB ? bagaimana cara men-tweaknya

Anonymous said...

gan itu psx4droid apa bisa work di bakpia??

Unknown said...

gan....kok filenya rar....yang nbo ga ada...heheh...soale recovery clockworkku ga jalan....trus coba install andro-id punya bang tj ga bisa ke install....mohon pencerahan.... dari kemaren pengen nyincipin bakpianya agan masih sariawan gini....

need4fun said...

bro radit...gw lagi bakpianya nih...

klo mo ganti logo nexian pas hp dinyalain gmn cara ya ?
katanya dah bs wake pake trekbal, tombol ijo or merah...tp di junet gw kok ga bs ya ? mesti pke tombol power, itu pun ngelag...

stepnya flashing gw...
1. balik ke eclair ori
3. wipe factory n dalvik
2. flash ke bakpia
3. flash gapss

apa ada yg kurang langkahnya ???

grave85 said...

ijin jawab pertanyaan yg ane iso jawab y bro Radith :

@goldfish : sama seperti CM 6.1,filenya berupa .zip (rename dulu paketnya jadi .tar baru ekstrak) dan cuma bisa diflashing lwt clockwork recovery. bisa download di boston mania.

@need4fun : bisa gan,cuma kadang mmg kadang ngelag...semoga ad perbaikan di versi berikutnya :shakehand2

@kodoxblue : torch jalan,tetapi mmg dari asalny aplikasi Torch ini flashnya sering "flick" ato kedip2. disarankan menginstall sendiri Flashlightapp dr market.

@anonymous : psx4droid jalan gan,udah ane coba.

kuplezz said...

@agan goldfish
iya gan mksd ane di juned kuat ga jalanin game ps??
game ps apa aja gan yg compatible n playable ma juned.
mohon bantuan nya.
-kuplezz-

raditeputut said...

@alphazero : wah agan pertanyaannya banyak banget kayak ujian di kampus ane :D tapi ane coba jawab dah :
1 . membuang aplikasi natif bisa di buang dari setting - application -- disana ada management untuk aplikasi di android, kalo tidak bisa silahkan pake ADB Tools aja malah lebih ampuh :D

2. Cara menghilaqngkan vibrasi di Bakpia sangan mudah coba masuk pada menu Cynogen Setting kemudian pilih Input - cari Heptic inpud -- kemudian uncontreng aja tu :D

3. rom manager fungsinya setau ane buat install rom tapi yang ini ane ga pernah pake, saya pakenya dengan metode fastboot jadi recovery langsung ane install dari fastboot aja ga perlu dari ROM manager :D

4. Cara mengetahui junet sudah di root, ketikkan di adb tool su kalo keluar " $ " itu tandanya blum di root, kalo menget5ikkan su tapi keluar " # " tandanya junet sudah di root :D

5. froyo installasi pake metode stand alone gan, smua installasi menggunakan sdcard sama seperti tutorial ane yang ini -- http://radithtux.blogspot.com/2010/12/cara-upgrade-nexian-journey-ke-android.html

6. Kalo froyo kayak varian cynogen emang a2sdnya sudah otomatis gan artinya native a2sd :D kalo emang mau pake real a2sd bisa pake CML eclair atau apanda Official dengan menggunakan Recoveri buatan agan TJ-style

7. beda internal sama ekstenal bisa menayakan sendiri di google.co.id gan :P

8. Kalo mau tweak cahcenya ya agan partisi ulang aja tu ROM internal tapi penuh resiko :P

Anonymous said...

[gembira mode-on] akhirnya nemu juga Ubuntuer's yang ngoprex Neng Jurni ... lanjutkan Bro, saya di Ubuntu sekedar end-user aja, dan kebetulan punya Neng Jurni dan juga statusnya sekedar ROM "consumer" bukan modifier apalagi developer.

salam,

Mazagenk said...

Gan aneh dah instal bakpianya maren, nah ternyata batrenya masih boros yah, 13 jam dah 15% dengan pemakaian normal ga main angry birds.....

udah ada update lagi kah?hehehe ngarep....

Anonymous said...

Dab, sekedar usul
Mungkin gak untuk buat Bakpia versi lanjutan, bisa jadi dikasik nama "Bakpia 220 A02" atau apalah, tetapi yang pasti berbasis pada ROM Apanda Official A02.

Mungkin "dalemannya" bisa gak beda jauh dengan Bakpia 220 ini,yang membedakan hanya base ROMnya saja.

Sehingga ada pilihan lain diluar statement panjenengan yang ini:
"@buat yang mau ngicipi Bakpia : saya buat ROM ini sebelum ada Apanda Froyo Official. --cut-- yang mengakibatkan IME hilang"

Ditunggu replynya ...
matur suwun

raditeputut said...

@goldfish : filenya tar.gz gan, file ini sama seperti .zip di windus, kalo mau pake tinggal ekstrak dulu kemudian baca aja petujuknya disana :D, install clockworknya pake yang recovery-clockwork-2.5.1.3-z71 pake fastboot aja.

@anonymous : PSXdoid bisa jalan gan saya juga dah nyoba beberapa game lumayan bisa jalan.

@need4fun : kalo mau ganti splash depan bisa buat sendiri gan :D atau pake metode di page one di Longue Jurni kaskus :D, yup emang kadang ngelag itu cuma pas pertama nyalaen bakpia tapi kalo dah nyimpen chache Bakpia lancar jaya tanpa lag :D, trackball awake bisa gan tinggal hidupin aja di settingan CynogenMod di menu setting masuk ke input mode :D

@kodoxblue : owh itu emang LEDnya emang kedip2 gitu kalo mau pake yang lancar install aja dari market, seperti yang di jelaskan agan @grave85

@grave85 : buat agan grave85 spesial terima kasih, dah bantu jawab gan ::worship::

@kuplezz : Junet kuat gan jalanin game PS, tapi ane belum terlalu nyoba game2 lain sih pernah ane coba Colin McRae jalan gan :D selebihnya blum nyoba, ga punya benwit buat donlot ROM PSX :D

@Anonymous ubuntu : wah saya juga end-user pak ngoprek ubuntu dan jurni :D kalo developer mah blum ini cuma sekedar iseng aja, ilmu yang saya dapatkan di ubuntu saya praktekkan juga di Android ternyata memang tidak rumit, seperti rumitnya Compile Kernel Linux :-&

Terima Kasih agan2 dah mampir Blog newbie ane ::malu::

Anonymous said...

gan mau nanya ni koq virtual keyboard querty saat ngetik sms gx ada pilihan tombol enternya y???

raditeputut said...

@Mazagenk : emang agak boros dikit gan tapi mending lah dari pada pake Cynogen versi 6.1.1, 6.1.2 masih mending bakpia pemakaian Batrenya :D, okelah gan ni masih tahap oprek2 Apanda :D mungkin selanjutnya kalo dah jadi bisa di jadiin ROM Bakpia seri berikutnya :)

@Anonymous : Mungkin dab kalo di buat versi Bakpia versi baru lagi ni saya juga lagi otak atik ROM apanda, tapi kalo emang mau bantu2 Masak ROM silahkan dab :D dengan senang hati di terima saran dan bantuannya :D

raditeputut said...

@Anonymous keyboard : emang ga ada gan kalo mau send tinggal klik tombol send di bagian aplikasi sms, ini memang karakternya keyboard Gingerbread :D

Anonymous said...

Quote:
"@Anonymous : Mungkin dab kalo di buat versi Bakpia versi baru lagi ni saya juga lagi otak atik ROM apanda, tapi kalo emang mau bantu2 Masak ROM silahkan dab :D dengan senang hati di terima saran dan bantuannya :D"


Mantaaappp.... ternyata panjenengan memang lagi ngeracik "Android Bakpia 2.2.0-A02". Maaf dab, saya bisanya cuma lungguh sedakepan, dan dengan sabar menanti hidangan siap santap saja.

Semoga cepat matang "Android Bakpia 2.2.0-A02".

salam,

deiderfluff said...

Bro Radit,
Ini ada report setelah saya mencicipi bakpia..

1. Saya coba install Bakpia dari Apem pakai recovery langsung muncul error. Setelah saya lihat2, sepertinya Bakpia hanya bisa diinstall pada device yg bernama "z71". Apem kan merubah nama device nya jadi "Nexian A890", makanya error. Akhirnya saya flash dulu ke CML karena CML pakai nama "z71". Sukses deh.

2. Waktu registrasi facebook, tiba2 freeze dan restart sendiri. Waktu itu Bakpia di journey saya masih berusia kira2 3jam.

3. Cyanogenmod setting nya aneh. Saya uncontreng "show clock", eh masih muncul aja clock nya...

4. Karena panel transparan, jadinya notifikasinya bertumpuk, terutama kalo panel notifikasinya lagi di slide kebawah. Icon bertumpuk sama tanggal.

Baru segitu aja report nya, mudah2an bisa jadi masukan untuk ramuan selanjutnya :)

thile01 said...

Gan boleh ajarin cara bikin ROM Android ini gan ?.....bujug buneng banyak banget....jadi pengen custom sendiri aja neh...... :-P

Anonymous said...

Gan, abis install Bakpia
status bar ane warnanya jadi item, jamnya jadi ga keliatan

gimana cara ganti warnanya ya?

grave85 said...

@Ano diatas ane : Pilih Stting - CyanogenMod Setting - User Interface - Status Bar - Clock Color

bagi yg mengalami bug pada tulisan jam dan tanggal di status bar,ditunggu sj biasanya muncul/hilang sendiri.klo masih ngga,restart aj junednya,nanti bakalan hilang/muncul sesuai pilihan kita.

@deiderfluff : hmm...di ane kok lancar2 aj y?kepikiran untuk wipe dan flash ulang gan? :D

phoezies said...

manstap gan.. ditunggu masakan selanjutnya.. maju terus developer Indo!

grave85 said...

gan Radith,ijin masukin rom bakpia agan ke group y? :shakehand2

grave85 said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

juragan adith akhrinya saya punya bakpia...sariawan saya sudah sembuh neh gan....rasanya mantabs.....tapi bootingnya lama bgt ya gan....trus gmn ya settingan biar bisa share jaringannya....yg di apanda sih namanya portable hostpot klu ga salah...mungkin ada applikasi yang bisa share jaringan junednya gan....trimakasih.....

omichi said...

gan, kenapa ya kalo setiap saya reboot pasti journey ane stuck di bootsplash..tetapi kalo di wipe cache partition baru bisa masuk gan..apakah ada yg salah ketika saya menginstall?

raditeputut said...

::: Update :::

Bakpia 2.2.1 sudah hapir selesai dimasak :D

Unknown said...

wah....semangat gan....lanjutkan perjuanganmu...ane mantau blog ente min 1x24jam gan...nunggu info update terbaru...ehehehehe......

bakpiaholic siap menunggu gan.... :)

btw pertanyaan ane yang diatas blm dijawab ya gan... :)

grave85 said...

Aargh...belon jg selesai utak-atik Bakpia 2.2.0 udah mo muncul 2.2.1???!!?!

ditunggu y gan :malu:

Tamaboy said...

wow bakpia 2.2.1 basenya apanda ya Gan... mantabs ditunggu gan...

Thomas Kaplan said...

mau review bakpia 2.2
+ batere relatif irit
+ gps lock lancar
+ fitur cyanogen lengkap (walaupun menurut ane terlalu banyak jadi bikin penuh)
+ wake-up lengkap, ga cuman power

- agak berat , buat setting aja lemot banget, kurang responsif
- wifi suka ga nyambung walaupun statusnya on
- launchernya ribet, kalo diinstal go launcher (favorit ane) jadi berantakan

sekian dari saya, tetap semangat bikin bakpia yang lebih enak lagi :D

elfferis said...

gan mo tanya nih.. kemaren juga banyak kejadian dikaskus.. setelah turun dari apanda ke ori nexial maupun ke apem, pas isntall clokwork trus masuk recovery mode cuma stuck aja, gak bisa masuk ke menunya, satu2ya masuk recovery lewat room manager. trus misal kita ganti bootsplash mopun boot animation abis reboot, pasti stuck diboot splash.. satu2nya cara musti flash recovery pake agan tj biar bisa masuk recoverynya. trus musti diwipe.. dan selalu gitu kalo abis ganti2 boot harus selalu diwipe, coz kalo kaga diwipe pasti stuck di boot splash.. tapi kalo pake rom lain gak gini.. kenapa yah ?? udah 5x gan..trus bakpianya kalo ol cepet panas gan, kayak masih pake donut

joko said...

sdikit review dari ane(buat tambahan racikan bakpia brikutnya:D):
-boot screennya(splas screen=gak tau namanya^o^) lama bnget.
-klo pas lg kehabisan batre,trus matikan tuh hp,bgitu mw dnyalain lg ,stuk aj tuh boot screnya,dah cba cabut batre,trus coba mw msk recovery mode gak bisa jg(stuk d tlisan"recoverymode")akhirnya d recovery ulng ,bru bsa msk
recoverymode ,trus resetfaktory/wipe,bru bsa lg dah junednya,tp smua aplikasi ilang.
-pd saat yalain wifi,trus conek,tp tetp aj gak bsa bka internetnya,pas direstar baru deh bsa konek.,trus kdang2 suka putus jg koneksi internetnya(mungkin pengaruh superblernya kali ya.,.,sotoy mode=on.,:D).,
-untuk smentara smua ok,.bru bentaran soalnya makenya,.,.

trimakasih sbelumnya.,.,
wah sneng jg dah mw kluar yg bru lg.,.smoga lebih power full,.,

kolmsteen blog said...

gan ud termasuk youtube ga gapps nya

Anonymous said...

alphazero :

makasih agan radith telah berkenan menjawab.. maaf ya.. baru pemula.. jadi banyak tanya..

btw setelah beberapa hari menggunakan bakpia, baru ketemu 1 problem,
di mana kadang kala microSD nya tiba2 gak detect, dan aplikasi yang saya pake terinstall di microSD, akibatnya lagi reboot otomatis.

saya menggunakan microSD VGen yang 4 GB, jadi kurang tahu itu kelas berapa..

mohon pencerahannya mas.. bagaimana solvingnya..

Tamaboy said...

bakpia 2.2.1 nya sudah mateng blum gan ?

Anonymous said...

TS nya kemana yah 2 hari ga ada yang jawab

raditeputut said...

maaf agan2 smua belum bisa jawab comentar, saya lagi Masak2 Bakpia 2.2.1 :D

Anonymous said...

alphazero :
gpp mas.. nanti kalau udah selesai bakpia 2.2.1 nya kabari aja..
mudah2an improvementnya makin canggih.. gak ada problem microsd lagi

btw bakpia 2.2.1 dibikin dari base apa gan ?

Anonymous said...

alphazero :

mas.. kalau sempat kasih tau donk caranya downgrade dari cyanogenmod / froyo ke eclair 1.3 / nexian ori pake ubuntu..

soalnya filenya bukan zip lagi, gak bisa pake recovery-clock.img ya mas..

matur nuwun

Anonymous said...

Bro, bakpia 2.2.1 nya blm kelar yach?
Uda ga sabar menanti ni.... hehe :-)

Rini-nie said...

kerenn ...:) nice to see your blog..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Piye Dab ?
wis ana update boten ?

Unknown said...

gan punya account ym ?? mau tanya2 gan.. tp rada banyak. Cara bikin transparant panel gmna gan?? trus cara bikin shortcut icon buat nyalain n idupin bluetooth, wifi, dsb yg di tarik dari atas itu gmna gan? Share ilmu nya donk gan?? atau boleh minta referensi nya...

raditeputut said...

buat agan-agan yang bingung dengan File Tar.Gz bisa di ektrak dulu kemuadian didalam file tar.gz ada file update ROM bakpia.zip kemudian baru di install menggunakkan Clockwork.

Bakpia Belum selesai di buat mohon sabar :D

Tamaboy said...

sambil nunggu bakpia mateng minum jahe dulu ah....

yogieza said...

numpang ngiler disit,urung tuku barange sih (doh)

Johansen said...

bro.. Bikin tutorial cara bikin rom donk...saya ingin juga nih bisa mofikasi rom kaya anda...Atau ada link yang bagus untuk belajar bro?

raditeputut said...

Penampakkan Android Bakpia 2.2.1 :
http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/182289_1559876959280_1305980076_31214779_1480764_n.jpg

Android Bakpia 2.2.1 - Based Firmware Motorolla XT50
Kernel Linux : 2.6.32.9
Processor : Max 600Mhz
Support App2SD
DavilCache2SD
GPS Config Fast Lock Satelit
Keybord : Gingerbread & HTC IME
Bootsplash : Nexus One
Sound Login : ubuntu
Themes + Icon : HTC Transparant Panel
Launcer : ADW EX
File Manager : Es File Explorer + RootExplorer
Full Animation Gingerbread IME
Power on Screen : Call + Hang up

Apps Plus :
Fancy Widget
Compass
Google Maps 5+
TrackMe
Skype
Apn Asisten
InkPad
Facebook 2.6
Foursquare

Bakpia 2.2.1 lanjutan dari versi Bakpia 2.2.0
http://radithtux.blogspot.com/2011/01/android-bakpia-220-nexian-journey.html

Tunggu saya Upload berkas frimewarenya :D


RadithTux
---------------------------------
http://radithtux.blogspot.com/

Unknown said...

bro, ada bug nih ...
kayanya sebagian besar rom journey yg pernah ku pake ga bs ngirim MMS :(, jadi FC

ncomputing said...

mantap nih.. jago deh bikinnya.. btw bisa dikompilasi dengan fitur yg atur night mode juga ngga? soalnya saya suka tipe yg online terus walau ditinggal tidur maunya ym dan skype tetep online tapi ga bikin abis batere... hehe.. kalau bisa dibuat night mode utk ini bagus banget soalnya biasanya pas malem ditinggal tidur tauk2 pagi2 mati total krn batere abis..

tq.. semangat ya...