Dec 28, 2010


Apakah mungkin Nexian Journey berjalan lancar menggunakan Android 2.2 Froyo. Jawabannya adalah lancar jaya, mungkin pada heran mengapa produk lokal ini lancar jaya menggunakan Android 2.2 menurut saya pribadi mungkin karena dukungan perangkat keras yang mumpuni sehingga Froyo pun bisa berjalan lancar. Fitur yang terbaru dalam android Froyo sudah bisa di nikmati dengan menggunakan produk lokal ini tanpa hambatan berarti, salah satu fitur yang menarik adalah adanya dukungan untuk busybox, fitur ini bisa digunakan untuk menjalankan sistem operasi di dalam android froyo salah satu sistem operasi yang bisa berjalan adalah ubuntu lxde desktop hehe pada tulisan saya berikutnya akan saya terangkan bagaimana cara menjalankannya :D. Bahkan Hasil Quadrant test menujukan Kenaikan yang cukup berarti dari versi eclair yang cuma mendapat 460 point, dan menggunakan froyo mendapatkan hasil Quadran test 960 poin. tangkapan layar ada dibawah. Tetapi yang saya rasakan kekurangan menggunakan Android 2.2 pada Nexian Journey adalah masalah daya tahan Batery yang boros berberda dengan menggunakan Eclair yang lumayan lebih irit penggunaan daya listrik dalam battery. Setelah mendapakatkan beberapa cara untuk otak atik robot ijo Nexian Journey dalam ubuntu, sekarang giliran upgrade system Android 1.3 Eclair ke Android 2.2 Froyo dengan menggunakan Ubuntu. Munkin metode upgadrade froyo pada Nexian journey sudah banyak dibahas di blog-blog yang khusus membahas mengoprek Nexian Journey dengan menggunakan aplikasi berbasis jendela tapi kali ini saya akan mebahas bahaimana cara upgrade menggunakan sistem operasi Ubuntu. Upgrde Nexian Journey ke Froyo menggunakan 2 cara yaitu Fastboot Mode dan Stand Alone Mode (Installasi menggunakan sdcard) jadi untuk fastboot mode bisa menggunakan cara pada tulisan saya sebelumnya yang membahas tentang menggunakan Fastboot Mode menggunakan Ubuntu. Langkah - Langkah yang harus dipernuhi adalah menyiapkan beberapa berkas penting untuk upgrade ke Froyo. Berikut berkas berkas yang wajib di unduh.

Langkah Upgrade Android Froyo Nexian Journey
  • Langkah pertama unduh berkas sampai selesai dan pastikan tidak ada yang corrupt
  • Kemudian pastikan Nexian Journey terdeteksi dengan baik pada system Ubuntu, cara pasang driver bisa dilihat pada tulisan saya sebelumnya.
  • Setelah installasi driver selesai dilanjutkan untuk menggunakan Metode Fastboot seperti pada tulisan saya sebelumnya
  • Matikan Handphone anda, kemudian masuk dalam Fastboot Mode dengan menekan tombol [ Hang up (tombol merah) ] + [ Volume Down ] + [ Power  ] secara bersamaan.
  • Setelah masuk pada Fastboot Mode dilanjutkan, memasukkan Clockwork recovery Froyo kedalam partisi recovery dengan cara sebagai berikut : 
  • Pindahkan Recovery Clockwork.img ke dalam satu direktori atau folder yang terdapat berkas fastboot yang anda simpan. misal pada direktori home anda, Buka Terminal ubuntu anda kemudian ketikan perintah berikut dalam Fastboot mode :

./fastboot flash recovery recovery-clockwork-z71.img

  • Setelah selesai memasukkan berkasi recovery clockwork.img ke dalam partisi Android kemudian restart pada Fastboot mode dengan mengetikkan perintah :

./fastboot reboot
  • Kemudian handphone akan masuk dalam Normal Mode Android (masih dalam Android versi sebelumnya), pada mode ini dilanjutkan menyalin berkas ROM Froyo CynogemMod.zip dan Google Apps.zip ke dalam direktori sdcard (salin berkas di direktori /sdcard jangan di dalam direktori lain)
  • Setelah proses menyalin berkas selesai matikan handphone anda, dan lepas batrey untuk menggilangkan berkas cache yang tertinggal.
  • Pasang kembali batrey dan hidupkan handphone dan kemudian masuk dalam Recovery Mode dengan cara menekan tombol [ Power ] + [ Volume Down ] + [ Camera ] secara bersamaan, akan terlihat menu recovery mode seperti gambar berikut :
  • Setelah masuk dalam recovery mode kemudian pilih menu Install from sdcard
  • Gunakan volume up/ down untuk memilih menu dan tekan trackball untuk memilih menu yang dipilih.
  • langkah selajutnya pilih menu Choose Zip From sdcard kemudian pilih berkas ROM CynogenMod-1.6.2-update.zip dilanjutkan memilih menu install, tunggu hingga installasi ROM CynogenMod Selesai (installasi tidak lebih dari 8 menit tergantung kecepatan R/W sdcard)
  • Setelah installasi ROM CynogenMod selesai, ulangi langkah di atas untuk untuk install GooogleApps.zip
  • Tunggu hingga installasi GoogleApps selesai, kemudian kembali ke menu utama recovery mode, pilih menu wipe data/ factory reset untuk format data dalam memory internal
  • Proses wipe selesai kemudian restart handphone anda dengan memilih menu reboot system now
  • Handphone akan di hidup ulang tunggu beberapa saat hingga muncul spalsh logo CynogenMod. proses memakan waktu 5 menit 
  • Tunggu hingga masuk dalam Normal mode Android, berarti proses upgrade ke Android 2.2 Froyo sudah selesai. 
Semoga bermanfaat. 

     




    Postingan Terkait : 

    Postingan Sebelumnya :



      3 komentar:

      Post a Comment
      1. gan, saya barusan coba flash pake bakpia, hasilnya skrg imei hilang ... gimana restorenya?

        -rs125r@kaskus-

      2. oya gan ane buat ROM ini sebelum ada Apanda jadi kalo dari Apanda ke Bakpia harus downgrade dulu ke eclair gan, yang jadi masalah bukan Bakpianya gan tapi emang apandanya yang pake system radio kalo pindah kae ROM cynogen :D

      3. mas hp saya nexian journey os 1.6 donut, bgaimana cara screen capturenya?

      Post a Comment