Cara Mudah Pasang Genie Efek pada Compiz Fusion

Apabila mendengar Compiz apa yang ada di benak anda?? pasti tentang efek dekstop yang cantik yang dapat manari-nari pada dekstop ubuntu atau kebanyakan distro linux lainnya. Menurut saya pribadi efek compiz sangat berguna untuk menunjang kegiatan dalam dekstop saya misalnya seperti mempermudah pengaturan desktop dan tentu saja salah satunya memamnjakan mata dikala bosan menghadang. Efek Compiz juga mempunyai andil penting dalam mengenalkan distro linux karena kebanyakan orang lebih suka dengan efek yang cantik dari pada menggunakan rahasia dapur penggunaan sistem operasi linux :P tapi tergantung juga pemakai. Pada postingan kali ini saya akan membahas salah satu efek compiz yang lumayan terkenal yaitu Magic Lamp, Magic Lamp milik compiz Efek Genie dikenal untuk meminimalkan OS MacOS. Compiz Fusion pada Linux, karena kita memiliki efek yang sangat serupa, dalam hal ini dan Magic Magic Lamp, tapi tidak persis sama dengan memiliki MacOSX, setidaknya tiga gelombang untuk menjalankan efek magic lamp. Efek Genie ini mungkin pernah saya lihat pada saat rilis Ubuntu 9.04 memang terlihat tidak kaku pada efek Magic Lamp tapi untuk merubah genie efek tidak lah mudah banyak yang harus di oprek seperti mengedit dengan HEX editor pada berkas /usr/lib/compiz/libanimation.so seperti cara berikut ini untuk mendapakan efek genie pada saat itu sungguh perjuangan.

Efek Magic Lamp Standar

Genie Efek cukup mudah untuk digunakan untuk mendapakatkannya dapat mengunduhnya berkasnya dari sini. Dengan cara memberi izin eksekusi dan dijalankan dengan hak akses administrator pada Terminal anda, caranya buka Terminal kemudian ketikkan perintah berikut :


chmod a+x genie_compiz

sudo ./genie_compiz


Setelah menjalankan perintah diatas kemudian buka pengaturan compiz fusion pada menu application -- System -- Preferens -- CompizConfig Setting Manager kemudian buka pada menu Animation -- Effect Setting -- Magic lamp kemudian ubah parameter Magic Lamp Max Wave menjadi 0 point, seperti yang terlihat pada gambar berikut.


Setelah selesai setting banyaknya wave atau gelombang menjadi 0 point kemudian dilanjutkan pada settingan berikutnya yaitu Minimize Animation kemudian pilih efek Magic Lamp dan atur durasi Magic Lamp dengan kisaran 500 - 600 yang terlihat pada gambar dibawah :


Semua konfigurasi selesai tutup jendela CompizConfig Setting Manager kemudian restart GDM anda dengan mengetikan perintah berikut :

sudo /etc/init.d/gdm restart

Magic Lamp yang sudah di modif

Setelah restart GDM jalankan genie Efek dengan mencobanya minimize jendela dan dilanjutkan maximize jendela, telihat genie efek berkerja dengan cantiknya terlihat pada tangkapan layar di atas.

Postingan Terkait :


Postingan Sebelumnya :

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

5 comments:

dhymaz_spyro said...

wah.. ini dia yang ane cari.. thankz kang..

RadithTux said...

okelah langsung pasang saja :D

yogieza said...

aye dah pasang bang, makasih bgt dah tutorialnya.pale aye agak pening dikit nih bang, keasyikan liat magic lamp.
tapi aye mau kasih saran bang, perintah terminal yaang chmod+x gak mau bang, mau setelah aye kasih command chmod a+x
terus yang perintah di bawahnya kek nya begini harusnya
sudo ./genie bla bla bla
maap bang kalo lancang :ngakak

dheash1912 said...

wuakakakak ... plurk - plurk dan plurk (rock)

manteb

sewa laptop surabaya said...

Info yang sedang ane cari nich, terima kasih gan. Semoga makin sukses