Review Amarok 2.3.2 Moonshine Release

Amarok 2.3.2 - Moonshine adalah versi stabil yang sudah dirilis pada tanggal 20 September 2010 kemarin, sejak rilis sebelumnya pada akhir bulan Mei 2010 team Amarok berjuang keras untuk menggahasilkan musik player berbasis linux di lingkungan dekstop kde yang cantik. Versi Amarok yang pernah keluar seblumnya adalah versi Amarok 2.3.1 beta Sentinel yang keluar sekitar pertengahan bulan Agustus. Amarok 2.3.2 ini akan didaulat menemani dekstop KDE 4.5.1 hingga ada rilis desktop KDE baru dan Amarok 2.3.2 ini akan digunakan pada Kubuntu 10.10 Maverick Meerkat sebagai player audio default. Pada rilis kali ini fitur-fitur baru Amarok telah dimasukkan dan performa Amarok lebih stabil dan cepat dibandingkan versi amarok sebelumnya Amarok 2.3.1 The Bell. Terbukti dari pencarian dan menajemen koleksi sangat cepat di Amarok 2.3.2, dan saya sangat terkesan untuk melihat bahwa dalam waktu kurang dari empat menit Amarok berhasil scan koleksi hampir 8000 file audio (format mp3), dan playlist yang sedikit diatas 1 menit. Semua saya jalankan cuma menggunakan laptop DELL dengan kecepatan Prosesor Core 2 Duo 2.0 GHz dan saya sendiri menjalankan pada dekstop BlankOn 6 Ombilin lumayan lancar jaya, namun ada salah satu bugs setelah saya upgrade dari amarok 2.3.1 ke amarok 2.3.2, tapi setelah di restart GDM semuanya lancar kembali tanpa ada report Bugs :D. Untuk pertama-tama review, mari kita lihat antarmuka Amarok 2.3.2.

Amarok 2.3.2 Moonshine sedang bermain

Amarok juga menyediakan apa yang disebut Slim Toolbar yang mengatur sisi atas yang mengandung Play / Pause, Next / Previous Track tombol dengan tata letak yang lebih kompak, kemudian disediakan mood toolbar yang terdapat tombol play pause dan judul lagu yang berganti otomatis menurut mood pemutar

Mood Toolbar
Simpel Toolbar

Fitur Fitur yang menarik di Amarok 2.3.2 Moonshine antara lain:

- Equalizer
- Powerful collection management system
- Scripts
- Lyrics, Wikipedia, & several more widgets
- Cover manager and auto fetching system
- Online music sources
- Video Clips
- File browser
- Podcasts support
- Bookmarks
- On-Screen Display
- Fadeout feature


Amarok masih di lengkapi dengan Equalizer dan penambahan pada sisi tampilan equalizer kelihatan lebih detail menujukkan parameter pengaturan suara berbeda dengan versi yang sebelumnya yang masih menggunakan tampilan yang sederhana.

Playlist yang ada di Amarok 2.3.2 sudah cukup teratur, pengelompokkan playlist otomatis berdasarkan album ataupun Genre suatu musik. Fitur tambahan lain untuk mengelompokkan lagu dalam playlist adalah berdasarkan play count, Album, Genre, Rating, dan beberapa pilihan lain untuk mengelompokkan lagu dalam playlist menurut kesukaan. Ditanbah lagi dengan fitur menarik lain yang dapat mengambil cover album secara otomatis sungguh fitur yang berguna bagi yang suka mendengarkan koleksi lagu dalam komputer.



Pada Jendela konfigurasi memungkinkan untuk menyesuaikan pengaturan umum, seperti mengaktifkan / menonaktifkan system tray atau OSD, pilih yang layanan web yang Anda ingin terdaftar di panel kiri, moodbar menunjukkan atau konfigurasi database MySQL eksternal untuk koleksi musik anda.


Secara keseluruhan, Amarok 2.3.2 memiliki fitur canggih, dan yang pasti mempermudah dalam mengelompokkan lagu yang di putar dengan beberapa fitur menarik dalam amarok 2.3.2. Untuk melihat perberdaan log fitur dan bugs yang di perbaiki silahkan berkunjung di http://amaroklive.com

Installasi atau Upgrade Amarok 2.3.2 Moonshine

Installasi Amarok 2.3.2 - Moonshine cukup mudah, buka Terminal anda kemudian jalankan perintah berikut.

$ sudo add-apt-repository ppa:kubuntu-ppa/backports

$ sudo apt-get update && sudo apt-get install amarok

$ sudo /etc/init.d/gdm restart

setelah selesai Installasi Amarok 2.3.2 - Moonshine siap menemani memutar music-music kesukaan anda.


Postingan Terkait :


Postingan Sebelumnya :

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

5 comments:

herisa said...

Muantep gan...

Kibot Rusak said...

masih hobi mainan Amarok ya?

radithTux said...

masih dan akan terus menggunakannya (tidak akan selingkuh ke player lain) :P

itachi said...

amarok tak akan sempurna tanpa KDE :P

grandiyf said...

belum sempat apgret :(