Install Amarok pada Dekstop Gnome Ubuntu

Amarok adalah salah satu aplikasi pemutar music di ubuntu dan system operasi berbasis open sources lain. Aplikasi Amarok ini di desain khusus berjalan lancar menggunakan system KDE. Amarok yang sampai saat ini di rilis adalah versi Amarok 2.2 yang mempunyai kemampuan memutar berbagai file multimedia yaitu audio dan video seperti pada tulisan saya sebelumnya Memainkan Video dalam Amarok. Bagi saya yang tidak terlalu suka menggunakan dekstop KDE terpaksa Amarok saya installkan di dekstop Gnome berbasiskan Ubuntu, kendala-kendala yang muncul untuk installasi Amarok di dekstop Gnome cukup banyak diantaranya tidak bisa memutar file-file multimeia dan suara Amarok membisu. Mungkin hanya saya yang masih setia menggunakan pemutar music amarok ini menurut teman-teman saya amarok memang bagus tapi katanya rakus memakan resource memory dan katanya lagi berat, tapi pernyataan seperti itu kembali saya tepis karena Kubuntu Nebook Remic yang notabene di khususkan untuk prosesor dengan kecepatan pas-pasan saja sudah menggunakan amarok sebagai default pemutar musiknya, untuk itu saya juga tidak ragu untuk mengistallkan Amarok di dekstop Gnome Ubuntu Karmic, Setelah saya cek sana sini ternyata Amarok mempunyai library dan kodec tersendiri untuk memutar file multimedia. Untuk itu perlu sedikit trik agar Amarok bisa bernyanyi di dekstop Gnome Ubuntu, ada beberapa paket yang harus terinstall di di antaranya :

libtunepimp5-mp3
libavcodec-unstripped-52
flashplugin-installer
libxine1-ffmpeg

Informasi library yang berlum terinstall di atas saya dapatkan waktu saya menginstallkan dekstop kubuntu pada laptop teman saya yang pemutar musicnya di desain default Amarok dari KDE adalah amarok, kemudian dari info library yang keluar saya coba untuk otak atik sana sini dan ternyata berhasil Amarok bisa bernyanyi di dekstop Gnome Ubuntu Karmic :D. Untuk tahap installasi Amarok di Ubuntu karmic cukup mudah dengan menggunakan sedikit perintah pada terminal amarok pun bisa bernyanyi dengan lancar :D
Installasi Amarok

Pertama buka Terminal kesayangan Anda -- Application --> Accesories --> Terminal kemudian ketikan perintah berikut ini

sudo apt-get install -y amarok

setelah tahap installasi amarok selesai, dilanjutkan untuk installasi Library codec agar amarok bisa bernyanyi dg lancar :D, setelah selesai installasi amarok ketikkan beberapa perintah untuk installasi codec amarok seperti berikut ini.

sudo apt-get install -y libtunepimp5-mp3 libavcodec-unstripped-52 flashplugin-installer libxine1-ffmpeg

Setelah terinstall kemudian Buka aplikasi Amarok -- Application --> Sound & Video --> Amarok


Setelah amarok berjalan dilanjutkan untuk menentukan folder kumpulan music koleksi anda. kemudian setelah selesai menetukan lokasi folder tunggu beberapa saat agar amarok mengindex koleksi music dalam database amarok. Setelah semua tahap selasai saatnya mendengarkan Amarok bernyanyi di dekstop Gnome Ubuntu Anda :D.

Semoga berhasil dan bermanfaat.

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

8 comments:

Anonymous said...

Fakhrul Rijal like this.

Arief WM said...

Bisa saya copy nggak gambar windows 7 sins dan now safe turn off your window...bisa saya dapat dimana? btw tq amaroknya

raditeputut said...

@Arief silahkan mas monggo di copy aja :)

ubay said...

makasih banget bozz.....akhirnya saya bisa juga pake amarok di ubuntu... :)

raditeputut said...

update terbaru amarok 2.3.1 The Bell --- silahkan baca di postingan terbaru :D

kmc-jakarta said...

Gan, kalo sound nya g bisa idup, tp track nya jalan kenapa yaa.. ?

raditeputut said...

kmc coba konfigurasi dulu di sound amarok --- configurasi amarok -- playback -- configure phonon :D

firman_id said...

klau di kopi sya ga ada inet gan..
apa kah bisa instal itu??...

jika bis gmna caranya??...