Kerjakan Semua Kegiatan dengan Gnome-Do

Pernah mendengar tentang Gnome-Do ? Gnome Do adalah launcher utility untuk Operating System ubuntu atau operating system berbasis open sources lain, launcer seperti ini ada juga di operating system Mac OSX dengan nama aplikasi QuickSilver. Tapi Gnome-Do ini mempunyai beberapa kelebihan dengan laucher-launcer yang lain yang sudah ada di ubuntu. Gnome-do sudah saya kenal sejak menggunakan Ubuntu Hardy jadi aplikasi ini sudah cukup lama di rilis, Gnome-do bisa juga dibuat mode dock seperti dock milik OSX atau apliakasi docking di ubuntu sperti Cairo dock dan Avant Window Navigator, kunikkan Gnome-Do lain adalah fitur-fitur tambahan yang ada dalam plugin sehingga Gnome-do dapat dikatagorikan aplikasi yang simple tapi powerful

Apa saja yang bisa kita lakukan di Gnome-do?
Gnome-Do berfungsi sebagai launcher utility untuk ubuntu. Lewat Gnome-Do kita dapat memainkan lagu, chat, microblogging, mencari file dan masih banyak lagi. Gnome-Do menyediakan beberapa plugin seperti.

Rhythmbox , kita dapat memanggil Rhythmbox dan memainkan lagu dengan Rhythmbox lewat Gnome-do
Pidgin , kita dapat chatting menggunakan Pidgin lewat Gnome-Do hanya dengan mengetikkan nama teman.
Dan masih banyak lagi plugin yang dapat diaktifkan lewat Gnome-Do preferences.

Bagaimana cara menggunakan Gnome-do?
Cara penggunaanya cukup mudah, jalankan dulu aplikasi Gnome-Do lewat menu Applications --> Accessories --> Gnome-Do. Jika di menu tidak tampil dapat dijalankan lewat terminal dengan mengetikkan perintah

$ gnome-do

Jika Gnome-Do telah jalan, panggil Gnome-Do dengan menekan tombol super + space (super adalah tombol bergambar window pada keyboard). Akan keluar tampilan Gnome-Do yang simple.




Misalnya akan memainkan lagu lewat Gnome-Do caranya, ketikkan judul lagu yang akan dimainkan tekan tab lalu pilih Rhythmbox dengan menekan tanda panah bawah pada keyboard terakhir tekan enter.



Bagaimana cara menginstall Gnome-do ?
Gnome-Do dapat di download langsung dari website Gnome-Do atau lewat repository ubuntu. Misalnya untuk Ubuntu tinggal menggunakan perintah apt-get install pada Terminal kesanyangan anda.

$ sudo apt-get install gnome-do

Untuk distro-distro lainnya dapat dilihat pada website
gnome-do:installing do

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: