Install Kamus Indonesia Inggris di Ubuntu Karmic

Pengalaman menggunakan kamus di ubuntu yang saya pernah gunakan adalah menggunakan aplikasi Idic. Idic adalah salah satu aplikasi yang di kembangkan oleh putra bangsa Indonesia berbasiskan open sources dan berjalan di operating system Open sources, aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa python. Idic cuma bisa menerjemahkan bahasa Indonesia dan Inggris untuk itu bagi yang tidak terlalu mahir menggunakan bahasa inggris dan membutuhkan kamus di Operating System berbasis open sources aplikasi ini lah jawabnnya :D. Idic sudah ada sejak tahun 2007 tapi saya mengenalnya sejak blankOn 4, sejak itu saya sering menyarankan teman saya untuk menggunakan blankOn, agar bisa menggunakan Idic di komputernya. Saya biasanya menggunakan Idic di BlankOn tapi BlankOn 6 tidak kunjung di rilis juga, untuk itu saya coba Oprek Idic bisa berjalan di Ubuntu Karmic saya. Aplikasi Idic ini kebetulan tidak ada dalam repository ubuntu, untuk itu saya mencarinya di repository BlankOn di repo UGM dalam pencarian paket deb idic, saya coba cari sana-sini ternyata mempunyai hasil yang memuaskan dan saya langsung mengistallnya di ubuntu karmic, tidak lama kemudian installasi Idic di Ubuntu Karmic selesai berjalan lancar jaya :D


Installasi Idic

Download file paket deb idic disini Untuk distro ubuntu dan turunan debian Kemudian setelah terdownload, install seperti biasanya kilik dua kali file idic dan tunggu hingga installasi selesai, Untuk file .sh agar bisa di jalankan didistro lain bisa di download disini, setelah proses unduh selesai tinggal install file .sh tahap installasi sebagai berikut.
  1. Ekstrak paket yang telah di download tadi
  2. buka Terminal atau konsole kesayangan anda Application --> Accesories --> Terminal/ konsole, kemudian ketikan perintah sudo bash untuk menjadi root user, masukkan password anda : $ sudo su
  3. masuk ke direktory tempat anda mengekstraknya, misal anda menaruhnya di desktop anda,
    maka ketikan perintah :
    cd ~/Desktop/idic-1.0
  4. ketikan perintah untuk menginstallnya yaitu
    ./install.sh
Kemudian setelah selesai installasi buka aplikasi Idic ini pada menu Application --> Accesories --> Idic kemudian terjemahkan kata bahasa Indonesia dan inggris yang anda tidak ketahui di Idic.
Semoga berhasil dan bermanfaat.

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: