Android Nexian Journey A890


Mendengar kata Nexian sepertinya kurang enak didengar untuk  smartphone sekalas Android, saya sendiri pada awalnya juga ragu dengan produk Nexian Journey A890, saya biasanya menggunakan handphone sony ericsson, baru kali ini saya menggunakan produk lokal, tapi tidak ada salahnya juga mulai menggunakan produk - produk dalam negeri :D. Saya menyebutnya telepon pintar nexian Journey ini adalah produk Buatan Lokal dengan berkualitas Global, pasalnya menurut sebagian kabar yang berkembang perangkat keras mother boot Nexian Journey ini dibuat oleh Foxccon menurut info dari wikipedia adalah pabrikan asal Taiwan yang dipesan khusus apple untuk membuat Ipad. Apa itu benar?? kemudian saya coba untuk memasukkan dalam ubuntu kemudian saya ketikkan perintah untuk mengenali hardware pada perangkat yang terhubung dengan usb port *lsusb* ternyata emang benar adanya bahwa nexian ini menggunakan hardware Foxccon :). Smartphone Nexian Journey ternyata mempunyai beberapa kembaran yang tersebar diseluruh dunia, salah satunya  kembarannya yang dijual pada pasaran Indonesia adalah Motorola Quench XT50, untuk produk lain yang sama-sama menggunakan hardaware sama adalah Orange Boston, GigaByte G1305 Codfish, Apanda A60, WellcoM A88, Vibo A688, Cincinnati Bell Blaze f800, Commtiva Z71, Muchtel A1, Chinavision Excalibur. 




 




 


Nexian Journey pada awalnya saya dapatkan dari pembelian promo pada lokasi Jogja tepatnya di Mall Ambarukmo Plaza karena hanya pada satu tempat ini yang jual Nexian Journey di tempat penjualan handset lain di Jogja, belum banyak yang menjualnya. Karena Nexian Journey ini baru saja dirilis awal September kemarin, saya mendapatkan Journey dengan harga cukup murah, cukup dengan Rp. 1.799.000 diskon 1 juta plus gratis internet unlimited three selama satu tahun dengan OS Android 1.6 Donuts :), sepertinya harga yang saya dapatkan cukup murah untuk sekelas harga smartphone android, padahal harga asli *tidak mendapatkan promo* adalah Rp. 2.999.000 dengan OS Android 2.1 Eclair, cek harga langsung ke web nexian :D. Kalau saya sendri memang mencari Nexian Journey yang 1.6 Donuts lataran di upgrade di service center Nexian gratis :P. Sebelum membeli Nexian ini saya cukup banyak untuk mereview dari segi kuwalitas dan fitur dengan pembanding smartphone yang sama-sama pada kisaran harga 2 jutaan dan menggunakan sistem operasi Android seperti Samsung Galaxy Spica, Samsung Galaxy 5, LG optimus, Sony Erricsson Xperia X10 Mini, Sony Ericsson Xperian X8 dan akhirnya saya jatuhkan pilihan pada Nexian Journey Produk lokal kwalitas global :D alasan simpel karena harga lebih murah dan pelayanan Service yang cukup memuaskan 3 hari service langsung bisa dibawa pulang semisal hape mengalami kerusakkan. Untuk kemampuan hardware tidak usah ditanya kemampuannya ternyata cukup mumpuni untuk menjalankan sistem operasi android, berbekal kecepatan prosesor Qualcom 600MHz dengan RAM  256MB dan 512ROM untuk mendukung kegiatan di lingkungan Android sudah cukup lancar jaya. Nexian  ditambah fitur menarik lain seperti multitouch yang membuat Android Nexian cukup cantik menjalakan beberapa Aplikasi Seperti browser dan Aplikasi Navigasi Google Maps semakin hidup dengan adanya fitur multitouch ini, tinggal mencubit dan menyapu pada layar Nexian peta sudah bisa memperbesar dan memperkecil ukuran peta. Untuk melihat lebih dalam lagi mari kupas  semua tentang kelebihan dan kekurangan Nexian Journey. 


Spesifikasi Nexian Journey A890 :


General Network :
2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 850 / 1900 / 2100
Announced 2010, Augusts
Status Available : Released 2010, September
Size Dimensions : 114.9 x 56.8 x 12.6 mm, 80 cc
Weight 114 g
Dispalay : Type TFT capacitive touchscreen, 256K colors
Size 320 x 480 pixels, 3.2 inches
- Multitoch Screen
- Trackball 
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Proximity sensor for auto turn-off
Sound Alert types  : Vibration; MP3, WAV ringtones
Speakerphone : Yes with 3.5 mm audio jack
Call records : Practically unlimited
Data 
GPRS : Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps
EDGE : Class 12
3G     : HSDPA, 7.2 Mbps
WLan : Yes, Wi-Fi 802.11 b/g
Bluetooth  : Yes, v2.0 with A2DP
USB                    : Yes, MicroUSB v2.0
CAMERA Primary   : 5 MP, 2592 x 1944 pixels, with LED flash 
Record Video        : Yes, 320x480@15 fps
Features  :
OS Android OS   : ver.1.6 (Donuts) Free Upgrde ver 2.1 (Eclair) 
CPU                  : Qualcomm MSM7227 600 MHz Processor
Internal              : 128 MB storage, RAM 256, ROM 512 MB 
Memory Card slot : microSD, up to 32GB
Memory Phonebook : Practically unlimited entries and fields, Photo call
Messaging : SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser    : HTML
Games      : Downloadable
Colors       : White
GPS          : Yes, with A-GPS support
Java Via third party application
- Social networking integration with live updates \ 
- Digital compass
- MP3/WMA/WAV/eAAC+ player
- MP4/DivX/H.264/H.263 player
- Google Search, Maps, Gmail,
- YouTube, Google Talk
- Nexian Messenger
- Document viewer
- Photo viewer/editor
- Organizer
- Voice memo
- T9
Standard battery, Li-Po 1270 mAh
sumber : GSM Arena


Melihat fitur yang cukup lengkap untuk menjalannkan sistem operasi android dengan lancar jaya, saya sendiri menggunakan Nexian cukup puas dengan kemapuan hardware yang tidak tanggung - tanggung :D. Memang benar posel pintar ini banyak kembarannya di negara lain tapi jangan salah kwalitas cassing memang klihatan dari luar cassing kelihatan kwalitas rendah. tapi dibalik cassing yang klihatan rendah, inilah siasat yang digunakan nexian untuk menekan harga dengan mengorbankan cassing kwalitas rendah. tapi tidak mengorbankan performa dan hardware untuk menekan biaya produksi fitur-fitur utama seperti Layar 3,5" 320x480 pixels, Multitouch, Proximetri, kecepatan prosesor 600MHz, ram 256MB, rom 512MB, kamera5 MP+flash led. Kemudian dari segi dukungan update sistem operasi dari Nexian sendiri menyediakan upgrade gratis untuk android 2.1 Eclair. Tapi Jika ingin mengopreknya jangan kawatir banyak pengguna Nexian Journey sudah banyak yang sudah diupgrade ke Android 2.2 Froyo bahkan ada yang pernah over clock prosesornya hingga 800 MHz. 







Nexian Journey benar-benar memberikan tantangan bagi anda yang suka dengan tantangan kenapa ??? pada produk lokal ini banyak fitur yang belum di aktifkan salah satunya adalah radio analog seperti yang terdapat pada kembarannya Motorola Quench XT50 dan beberapa fitur menarik lain yang masih tersebunyi di Nexian Journey dan siap untuk di oprek :D, tapi untuk mengoprek android nexian ini anda harus mengorbankan garansi. seperti yang di jalaskan pada FAQ Nexian Android bahwa Perangkat yang sudah di root maka garansi akan hangus, begitu katanya :). Sekali lagi bagi anda yang ingin mencoba android dan tidak tahan dengan godaan untuk oprek android sekarang ada salah satu kandidat yang perlu diperhitungkan untuk dijadikan bahan untuk di otak atik yaitu Nexian Journey A890 harga murah berkualitas Global garansi sevice 3 hari selesai sangat memuaskan :D


Postingan Terkait :
Postingan Sebelumnya :

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

4 comments:

Kumpulan tips dan trik said...

sebenarnya pingin ini HP tapi masih mikir2. :)

Anonymous said...

doku belum cukup untuk beli

Adrianus Yoza Aprilio said...

gimana ya konekin Nexian Journey di Ubuntu as modem? salam kenal :)

Anonymous said...

di jogja beli dmn y?