Mematikan OS Windows dengan Gparted Ubuntu


Suatu ketika setelah melihat-lihat artikel dari teman fesbuk saya tertarik untuk mendokumentasikannya di blog saya hehe cuma buat posting iseng :P. Cara ini mungkin bisa dibilang agak nakal apabila teman ada yang masih menggunakan dual boot dengan windows :P kita bisa mengerjainya dengan cara ini (devil) karena cara ini akan mematikan booting windows. Jadi yang punya doalboot windows dengan linux bila menggunakan cara ini windows akan hilang secara tidak permanen :D, mengapa tidak permanen karena boooting windows masih bisa dibalikan lagi dengan cara yang mudah melalui aplikasi Gparted :D, hmm sepertinya cara ini akan saya lakukan di area kerja saya (devil) SMTI Yogyakarta yang kebanyakan masih menggunakan dual booting dengan windus, bisa juga cara ini digunakan untuk mengajarkan anak anda agar lebih konsen menggunakan ubuntu dari pada mengajarkan anak pada aplikasi bajakan :P mending pake yang open sources yang pasti halal. Okelah dari pada ngalor ngidul kita langsung ke tekapeh aja deh.
Caranya mudah dengan hanya modal satu CD linux ubuntu atau live usb yang sudah anda siapkan terlebih dahulu di usb flash anda, untuk tahap pertama saya akan menjelaskan sepeti biasa lakukan booting dari CD drive. saya disini praktek menggunakan virtual machine : virtual box.
Kemudian setelah desktop ubuntu live cd anda tampil kemudian pilih System > Administration > Gparted
cara terkhir yaitu dengan memilih dimana partisi windows anda tersimpan, klik kanan, dan pilih manage flag. Pada bagian ini anda perlu menghilangkan tanda centang atau contreng pada bagian Boot, selanjutnya tinggal restart, ketika anda mulai menjalankan windows xp maka anda akan melihat pesan sebagai barikut (devil)
FATAL : INT18: BOOT FAILURE
ERROR LOADING OS
Terus bagaimana cara mengembalikan windows booting windows sehat kembali ?? anda dapat mengembalikan windows xp anda dengan mengulangi langkah di atas bedanya beri tanda contreng pada partisi windows pada menu flag Boot.
Terima Kasih Galih Andika Budi
Postingan Terkait :
Postingan Sebelumnya :


Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

4 comments:

muslihzarth said...

MasyaAllah...thanks beratmas...infonya sangat membantu....hehehe....langsung dah, sikat windows yang ada di laptop teman-teman saya....:)

waroeng ubuntu said...

cocok untuk ngerjain pengguna windows agar beralih dari bajakan ke original :D

rental lcd projector said...

bagus juga gan tutorialnya...boleh dicoba gan.

taufik herjanto said...

cara ini juga bisa untuk membooting image ISO yg diekstrak ke partisi harddisk g, misal /dev/sda2 ? tinggal dikasih label boot di partisi /dev/sda2, terus booting dari /dev/sda2. mungkinkah?