SMTI kebagian Netbook SMK Bisa

Satu lagi produk Indonesia yang menurut saya bagus dan wajib diikuti untuk menggunakan produk-produk dalam negeri, produk ini adalah Netbook yang diproduksi oleh SMK yang berkerja sama dengan prosusen komputer lokal Indonesia Zyrex hasil kerjasama ini menghasilkan merk SMK Zyrex, netbook ini mungkin tidak dijual dipasaran tapi saya cukup senang melihat hasil karya anak Indonesia juga bisa membuat Komputer sekelas Netbook dan benar-benar buatan anak SMK, Netbook SMK Zyrex hanya diberikan pada sekolah SMP dan SMK di Jogja dan daerah lain, diberikan Gratis untuk menujang kegiatan belajar mengajar. Sistem Operasi yang digunakan pada Netbook ini menggunakan Ubuntu 10.04 Lucid Lynx wow … tidak pakai Jendela sama sekali benar-benar full Ubuntu. Spesifikasi netbook ini juga cukup bagus menggunakan perangkat keras yang sudah otomatis terdeteksi oleh ubuntu dari wireless, eternet, VGA menggunakan intel. Netbook ini saya cicipi karena SMTI mendapatkan 6 unit netbook, sepertinya banyaknya Netbook yang diberikan berdasarkan banyaknya siswa dalam satu sekolah. Karena di SMTI sendiri mempunyai siswa yang terbatas, maka netbook yang didapatkan hanya 6 unit, mungkin sekolah lain yang mempunyai siswa banyak, dapat bagian Netbook lebih banyak hehe. Netbook SMK Zyrex ini di dalamnya sudah menggunakan sistem operasi ubuntu dan dilengkapi dengan beberapa berkas buku digital BSE total sebesar 20GB. Dari segi tampilan netbook SMK Zyrex ini memang biasa-biasa saja tapi menurut saya yang penting Nebook ini adalah buatan anak Indonesia seperti tempelan yang ada di Cover depan Netboook Zyrex. Ubuntu yang di gunakan juga masih menggunakan Ubuntu 10.04 yang super standar, blum di install aplikasi apapun bahkan kodek untuk memutar mp3 tidak di installkan. Dari kedatangan Netbook-netbook ini saya dapat kerjaan baru hmmm traning guru menggunakan ubuntu :D tidak apalah dulu saya yang diajarkan beberapa pelajaran sekarang gantian mantan muridnya yang mengajar :D. Untuk melihat beberapa penampakaan Netbook SMK Zyrex bisa dilihat pada gambar-gambar dibawah ini.

Spesifikasi SMK Zyrex :

Cipset : Intel
Prosesor : Intel atom 1.66 GHz, 667Mhs FSB Cache 512 KB
Hardisk : WDC 250 GB
RAM : 1 GB
VGA : Intel Mobile 82801
Wifi : Realtek
Eternet LAN 10/100Mbps : Jmicron
LCD : 10.1 inch WXGA anti glare
Port USB : 3 port ,
VGA Port : output
Jack Audio : input/ ouput
Webcam : ada
Cardrider : ada
Batrey : 3 Cell 2200mAh







Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

7 comments:

Anonymous said...

keren! ditambah lagi dengan penggunaan ubuntu sebagai operating systemnya. manthab!!

ara said...

mantaffff,... :D

h1dr0X said...

Sekolahku juga kebagian,.
malah kemarin aku sempet ikut acara pemecahan rekor MURI peraktian 1000 netbook di semarang

Anonymous said...

gmn sih cara koneksi wirelessnya di laptop smk zyrex...
sy sudah coba koneksikan ke jaringan hotspot yg ada tpi ttp aja nihil

pada laptop acer milik saya, yg diinstal ubuntu tidak mengalami masalah koneksi wireless dan berhasil konek ke hotspot..

tolong pencerahannnya

RadithTux said...

@Anonymous : upgrade kernelnya atau install ubuntu 10.10 aja :D langsung lancar jaya deh wirelessnya :)

Anonymous said...

Maaf.. ya.. kami juga dapat zyrex smk tapi mengapa tampilan awal tulisan zyrex tidak tampil pilihan F2 atau yang lainnya atau tidak full.. dan kalau di share ke monitor biasa / lcd tampilannya full. mohon petunjuknya agar bisa full kembali...
mohon jawabannya dikirim ke e-mail saya ; emmiljbi08@gmail.com
trim's

IHSAN said...

kami sangat nengharap info dari anda..