iCal Mac dan Google Calendar Gantikan Kalender Manual dari Kertas

Pada setiap tahun baru berganti pasti yang dilakuan setiap orang membeli atau mendapatkan kalender pada tahun beriutnya, tapi untuk saya kegiatan tersebut tidak saya lakukan. karena saya memang tidak terlalu butuh dengan Kalender :D. Tapi pada tahun 2012 ini saya sempatkan untuk pengaturan Calender Digital saya yang ada di Google Calendar dan iCal Mac OS X. Pengaturan Kalender yang saya isi adalah memasukkan Kalender Liburan dan hari penting yang ada di Indonesia, jadi semua hari libur dan hari penting yang ada di kalender indonesia langsung otomatis menandai. Pengaturan Kalender Hari penting ini juga  bisa di sinkronasi pada Google Calender anda, jadi pada waktu ada hari penting google calender akan mengingatkan pada email google anda, mudah dan simple kan? tidak perlu bolak balik kertas kalender hanya cuma untuk melihat hari libur. Sinkronasi Kalender tahun 2012 pada iCal di Mac OSX cukup mudah cukup berlangganan dengan Calender holiday di laman web http://www.calendarlabs.com/ anda sudah bisa menandai Kalender secara otomatis sacarra Gratis pada iCal Mac OSX dan Google Calendar anda. 
Berikut langkah - langkah berlangganan kalender iCal Mac dan Google Calendar

- Berlangganan  Calendar Holidays pada iCal Mac OSX
Buka iCal Mac [ command + space ] cari ical pada spotlight 
Kemudian subcribe calendar holidays di calendarlabs, anda bisa mengunduhnya di sini, kemudian pilih negara Indonesia, dilanjutkan klik subcribe
Otomatis iCal akan mengunduh kalender dari calendarlabs dan semua hari libur dan hari penting sudah ditandai sama persis pada Kalender Manual.
iCal juga dapat di sinkronasi pada Google Calendar caranya cukup mudah, pilih menu preference [ command + , ]


klik menu Account klik [ + ] pilih akun Google kemudian isikan email google dan password anda, klik create



Sinkronasi iCal Mac ke Kalender Google selesai.


- Berlangganan  Calendar Holidays pada Google Calendar
Buka Google Calendar https://www.google.com/calendar
Kemudian unduh calendar holidays di calendarlabs, anda bisa mengunduhnya di sini kemudian pilih negara Indonesia, dilanjutkan klik download.
Klik menu Setting Calendar pada kanan kiri atas, kemudian klik Calendar Settings, dilanjutkan klik menu calendars. pilih menu Import Calendar. Unggah berkas Calendar Holidays Indonesia.ics yang anda unduh tadi. kamudian klik import.





Import Calender Holiday Indonesia pada Google Calendar selesai.




*Selamat Tahun Baru 2012 Semoga Resolusi anda tahun 2012 tercapai*

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

1 comment:

tarpius said...

sayang ga punya mac.Barangkali butuh kalender konvensional