Mengatifkan Back-light Keyboard Macbook Pro pada Dekstop KDE

Setelah mencoba menggunakan Ubuntu 11.10 ~ Oneiric dengan berbagai tampilan Gnome 3. Saya rasa memang tidak cocok menggunakan UI (User Interface) besutan Gnome 3 ini, entah kenapa saya lebih suka menggunakan KDE dari pada Gnome 3. Mungkin salah satu akibat Unity Dekstop peringkat dekstop Ubuntu pada Distrowacth turun dratis, mencapai perinkat ke dua dibawah Linux Mint, saya sendiri juga merasa tidak nyaman menggunakan Unity Dekstop, untuk itu saya lebih memilih KDE dari pada Unity atau Gnome Shell. Setelah berpindah pada Desktop KDE saya rasakan kenyaman menggunakan KDE dari pada Unity atau Gnome Shell. Untuk tampilan Desktop sudah tidak masalah, tapi masalah muncul pada salah satu hardware yang saya gunakan. Macbook Pro 8.1 back light atau lampu penerangan pada keyboard tidak bisa menyala pada saat login menggunakan KDE desktop, pada awalnya saya juga cukup bingung, karena pada dekstop Gnome back-light menyala tapi apabila masuk pada KDE lampu latar mati. Setelah saya cari tau aplikasi Pommed tidak terinstall pada desktop KDE. untuk tahap menghidupkan backlight keyboard pada kubuntu cukup installasi aplikasi pommed pada repository.

install pommed 
sudo apt-get install pommed 

Sebelum

Sesudah

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

1 comment: