Kalibrasi Profile Warna Mac OS X di Ubuntu

Warna layar di Mac OS memang kelihatan lebih berwarna dari pada sistem operasi lain, Mac OS sendiri menggunakan sistem pewarnaan yang berbeda yaitu dengan menggunakan pewarnaan CMYK (Cyan Magenta Yellow Key), padahal di ubuntu sendiri menggunakan pewarnaan yang berbeda yaitu RGB (Red Blue Green). Sistem perwarnaan yang berbeda ini sering membuat desain kacau pada sisi pewarnaan, terutama yang sering menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti saya, sering menemui masalah yang berhubungan dengan warna, apabila saya mendesain suatu gambar di Mac OS kemudian di buka menggunakan Ubuntu warna yang dihasilkan pada layar saya cenderung berbeda. Ini memang membuat saya agak kesulitan bila harus kalibrasi ulang. Untuk kalibrasi warna Mac OS di ubuntu ternyata cukup mudah tinggal mengginstall aplikasi tambahan xcalib pada lumbung aplikasi kemudian salin berkas profile warna mac osx pada direktori ubuntu /etc/xcalib. Xcalib di ubuntu mempunyai fungsi sebagai monitor calibrator. Untuk tahap Kalibarasi warna Mac OS di Ubuntu sebagai berikut 

Pasang Applikasi Xcalib

sudo apt-get install xcalib 

Unduh Color Profile Mac OSX pada tautan ini

kemudian ekstrak paket color profile mac osx pada direktori /etc/xcalib

mkdir xcalib
cp osx_color-profile.tar.gz xcalib
tar xzvf osx_color-profile.tar.gz
cp -r ../xcalib/ /etc/
Langkah membuat startup warna color profile mac osx di ubuntu denganmasuk ke Gnome Session-Properties --> tekan ALT+F2
ketik --> gnome-session-properties


Setelah masuk ke Gnome Session Properties kemudian klik add untuk menambahkan session startup, dilanjut mengetikkan perintah pada kolom Command dengan perintah berikut :
xcalib /etc/xcalib/Color_Mac-OSX.icc



Setelah selesai membuat session startup color profile di xcalib hidupkan ulang dekstop anda dengan mengetikkan perintah berikut pada terminal.

sudo service ligtdm restart  

Semoga bermanfaat bagi yang senang mendesain gambar dengan menggunakan Linux :) 

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: