Menghubungkan Apple Magic Trackpad di Mint Nadia Mate Desktop


Ada perangkat baru, Apple Magic Trackpad.. sepertinya kalau sudah mempunyai macbook pro ngapain juga beli barang ini? :D owh sekarang macbook saya cuma saya gunakan sebagai *PC* (keyboard, trackpad, dan Monitor LCD full HD) semua dihandle di luar laptop, jadi macbook saya sekarang ini cuma semacam saya jadikan MacMini. Sebagai designer memang saya sudah terbiasa medesain menggunakan Trackpad dari pada Mouse karena di OSX semua kegiatan untuk mendesain sudah terkover dan lebih nyaman medesain menggunakan trackpad di  OS X dari pada mesin Linux yang menurut saya licin tracking cursor di Trackpad.
Untuk sekerang ini saya juga tidak begitu memerlukan Macbook untuk kegiatan mobile, jadi cuma saya jadikan di remote melalui apple accesories wireless bluetooth, seperti apple wireless keyboard & magic trackpad.


Magic trackpad dihubungkan dengan OSX tidak usah ditanya langsung jalan dan pasti lancar jaya, tapi bagaimana dengan Linux? ternyata di Linux juga bisa. kali ini saya mencoba di mesin Linux yang masih tersisa di lingkungan rumah (Laptop DELL 1410 yang masih setia menggunakan Linux Mint Mate Dekstop), untuk Macbook sepertinya kegiatan memelihara Linux sudah saya matikan (hapus), karena beberapa pertimbangan pekerjaan sekarang ini, untuk tidak lagi terlalu banyak ngoprek Linux.



Untuk menghubungkan Magic Trackpad di Linux mint Mate Dekstop cukup mudah tinggal ramban melalui bluetooth di navbar. kemudian dilanjut untuk konfigurasi selanjutnya, Magic Trackpad di Mate Desktop terdeteksi sebagai Tablet jadi jika meramban perangkat bluetoth silahkan pilih perangkat Tablet yang ada di daftar bluetooth manager.
Sangat disayangkan Mate Dekstop tidak mendeteksi konfigurasi lebih detail seperti pengaturan multitouch gesture, saya hanya menemukan konfigurasi standar, bisa diakses melalui setting --> Tetikus.  Saya belum mencoba Magic Trackpad ini di desktop Unity Ubuntu dan KDE, tapi saya sudah menemukan beberapa referensi untuk ngoprek Magic Trackpad di Dekstop Linux, tapi karena keterbatasan waktu untuk ngoprek hal ini saya urungkan saja. Berikut beberapa tautan untuk mengatifkan multitouch gesture Magic Trackpad di Linux. Saya sendiri belum mempraktekkannya, jadi jika tertarik silahkan mencobanya :)

https://medium.com/@ituxer/apple-magic-trackpad-gestures-on-ubuntu-8aaa4b66a9e2

http://ineed.coffee/1068/os-x-like-multitouch-gestures-for-macbook-pro-running-ubuntu-12-10/

Selamat meNgoprek ...

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: