[SOLVED] Random Shutdown MacBook Pro Upgrade RAM 16GB

MacBook Pro dengan processor arsitektur 64bit kebanyakan sudah mendukung ram diatas 8GB, untuk itu saya memberanikan diri untuk upgrade ke 16GB, macbook pro dengan ram 16GB ternyata membuat tidak stabil, kadang Macbook mati sendiri bila menggunakan Battery, jika menggunakan Power Adaptor masalah ini tidak terjadi.
Saya sendiri menulis blog ini masih dalam proses testing. Beberapa cara sudah saya gunakan seperti memeriksa keadaan hardware dengan AHT untuk memeriksa semua kondisi hardware dan reset NVRAM/ PRAM sudah saya lakukan, tapi masalah mati mendadak masih terjadi, jika menggunakan Battery.
Reset NVRAM ini digunakan untuk mereset semua pengaturan yang tersimpan dalam modul memory pengaturan hardware, reset NVRAM hanya ada di semua perangkat Apple komputer keluarga MacBook, iMac, MacPro, MacMini. Untuk petunjuk reset NVRAM/ PRAM pada MacBook Pro sebagai berikut :

Reset NVRAM/ PRAM : 




1. Matikan Macbook kemudian tekan tombol berikut pada keyboard Macbook.
2. COMMAND + R
3. OPTION + P
4. Tekan tombol power secara bersamaan sebelum suara booting khas apple keluar, tunggu hingga 5 detik tetap tekan tombol yang sama sampai komputer hidup ulang untuk kedua kali, kemudian biarkan sampai masuk ke desktop.

Proses reset NVRAM sudah mencapai sekitaran 3 minggu setelah penggantian ram masih terjadi masalah yang sama, Padahal semua kondisi hardware dalam keadaan normal, sudah saya cek dengan menggunakan AHT. Langkah terakhir setelah saya cari cari di forum Apple, solusi dari masalah saya, untuk coba untuk reset SMC, reset SMC ini diperlukan jika hardware kita kacau seperti yang saya alami, masalah pada hardware memang bermacam-macam untuk reset SMC bisa memulihkan menjadi normal kembali.
Masalah yang terjadi biasanaya adalah, battery tidak terdeteksi, pengisian battery yang tidak normal, temperatur dan Fan tidak bekerja secara normal bisa menggunakan reset SMC.
Untuk reset SMC sebagai berikut :

Reset SMC Macbook Pro : 



1. Matikan MacBook, lepaskan magsafe kemudian pasang Magsafe kembali.
2. Tekan tombol pada keyboard OPTION + CONTROL + SHIFT (tombol bagian kiri). 
3. Secara bersamaan menekan tombol power, tunggu 5 detik kemudian lepaskan tombol OPTION + CONTROL + SHIFT (tombol bagian kiri), tetap tekan Tombol Power sampai 8 detik kemudian lepaskan Tombol Power.
4. Hidupkan Ulang seperti biasa dengan menekan tombol power, perubahan jika reset SMC fan menjadi kencang, booting OS X lamban dan keyboardbacklight tidak menyala, pada keadaan ini tunggu hingga 5-10 menit.
5. Setelah 5-10 menit matikan Komputer.
6. Ulangi langkah 2 + Tombol power dengan jeda 3 detik kemudian lepaskan semua tombol.
7. Nyala komputer seperti biasa dengan menekan tombol power.

Kesimpulan hardware saya tidak terjadi kerusakan, dan hanya memory SMC yang kacau dengan penambahan hardware baru RAM 16GB, setelah selesai reset SMC masalah diatas tidak terjadi lagi dan Macbook sudah bisa di ajak kerja lagi dengan normal.
Untuk solusi bila terjadi masalah sepeti saya jangan panik keburu-buru membawa ke dokter komputer, periksa baik-baik komputer anda, lakukan langkah-langkah seperti reset hardware (reset SMC dan NVRAM/ PRAM). Sepengalaman saya menggunakan Apple jarang terjadi rewel seperti komputer lain, penangangan hardware apple juga cukup mudah :)


Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

2 comments:

ichsan said...

Pake ram nya apa bro? Saya juga mau upgrade 16gb nih..

Radite Putut said...

pake ram cosair mas pc 1300MHz 8x2