Menggunakan Proyektor di Ubuntu Tanpa Restart GDM dengan Multiple Screen



Pengalaman saya sewaktu menggunakan proyektor di kampus untuk presentasi dan waktu itu saya sudah memigrasikan sistem operasi komputer saya menggunakan ubuntu. waktu itu saya juga masih belum lama menggunakan ubuntu jadi masih belum terbiasa dengan pengaturan yang disambungkan dengan hardware luar. singkat cerita saya colokan itu konektor proyektor ke laptop saya yang sudah memakai ubuntu dan hasilnya saya tidak bisa menampilkan dekstop saya di layar proyektor, saya sempat kebingungan juga akhirnya saya minta pencerahan sama om gugle ternyata caranya di restart dulu GDMnya (GDM=login screen ubuntu) doh repot juga pakai ubuntu kalau harus restart GDM terlebih dahulu waktu menghubungkan ke proyektor, selesai presentasi saya coba-coba install aplikasi di add/remove program saya cari dengan kata kunci screen dan hasilnya saya menginstall beberapa aplikasi. Dari beberapa aplikasi yang saya install ada aplikasi yang menurut saya cocok untuk colok mencolok ke proyektor namanya Aplikasinya Multiple Screen. saya juga memandingkan dengan aplikasi bawaannya ubuntu Display preferens [system --> display] di aplikasi ini juaga mendukung utuk resolusi proyektor tapi saah satu kelemahanya adalah harus restart GDM terlebih dahulu. Berbeda dengan aplikasi Mutiple Screen kita tidak perlu restart GDM tinggal ceklist auto display muncul diproyektor tanpa restart GDM kelebihannya lagi ada pengaturan untuk resolusi layar yang akan ditampilkan di proyektor :D

Install

Install aplikasi nftsprogs dari synaptic pakage manager – system → administration → synaptic package manager kemudian cari aplikasi "multiple screen" atau dari Terminal ---- application → accessories → terminal dengan cara mengetikkan perintah sebagai berikut:


sudo apt-get install grandr

setelah terinstall buka aplikasi Muliple Screen di menu system --> administration --> multiple screen



setelah di coloknya jack proyektor akan muncun display di output kemudian ceklist auto akan muncul tampilan dektop, kebetulan saya tidak mempunyai proyektor jadi saya tidak bisa memberi screenshotnya. apliaksi ini saya lihat juga mendukung layout multi monitor.



raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

3 comments:

milisdad said...

nais inpo gan, lanjutkan!!

Anonymous said...

wah...knapa sy coba ga bsa y..
sy pake acer 4520 dgn ubuntu 10.10
Output yg ke detect tulisanx cm default (LCD projector sudah terhubung)
setelah restart..kedetect n muncul...cm ampe GRUBx aj...stlah login screen..ilang lgi..
Mohon pencerahanx y...

Dari Putu
Denpasar.

Anonymous said...

makasih, atas bantuannya