Download Flash Video di Ubuntu Tanpa Applikasi Tambahan

Setelah dibuat kecewa dengan tidak bisa melihat siaran langsung e-livestyle dari Metro TV karena keterbatasan alat bantu, yaitu tidak mempunyai televisi di kamar kost :( kebetulan hari minggu (20 Desember 2009) trafik orang melihat di televisi umum di kost saya cukup tinggi sehingga pada waktu ada acara dimulai pada stasium televisi Metro TV yang membahas satu tema yang cukup menarik yaitu "Ubuntu Software Gratis" saya bela-belaen untuk menontonnya karena acara seperti ini langka disiarkan di televisi :) untuk itu saya sudah meluangkan waktu untuk khusus melihatnya, sebelum acara di mulai saya juga mendapatkan pesan dari teman fb dan sms dari teman ubuntu jogja kalo ada acara menarik ini, sampai pada saat acara mulai saya masih bingung mau melihatnya dimana :( kebetulan pada saat berasamaan televisi umum di kost saya sedang digunakan untuk melihat siaran sepak bola (doh) saya pun mengalah... usaha yang saya lakukan cukup banyak pada siang itu, dari mencoba streaming dari TVOnline tapi malah koneksi pada siang itu sungguh-sungguh mengecewakan dan sampai jam 13.40 saya putuskan ke tempat warung Burjo terdekat yang mempunyai televisi :) tapi apa daya sesampainya disana cuma dapet buntut acara saja :(, sebenernya sih tidak terlalu kecewa tidak bisa melihat pada siang itu, karena pada dini hari jam 1.05 am ada siaran ulangannya :), setelah agak kecewa tidak bisa melihat siaran e-livestyle di televisi, saya putuskan untuk tidur dan setelah sore bangun ada teman plurk yang menunjukkan link Website Metro TV streaming siaran ulang e-livestyle, kemudian saya langsung menuju TKP untuk melakukan streaming. Untung saja pada waktu itu koneksi IndosatM2 cukup bersahabat dapat streaming dengan lancar jaya :)


kebetulan sambil streaming saya baca2 status plurk teman saya yang bertanya-tanya bagaimana mengunduh file streaming dari acara ini, hehehe kebetulan saya juga mempunyai niat untuk menyimpan video hasil streaming acara ini untuk kenang-kenangan :P. kemudian langsung saja seperti biasa yang saya lakukan mengunduh file flv flash video tanpa aplikasi khusus setelah streaming selesai saya langsung menuju direktori cache browser yang saya gunakan pada waktu streaming video untuk mengambil file video *.flv* hasil streaming :D. Cara seperti ini sudah lama saya kerjakan sejak menggunakan ubuntu :D. Biasanya cara ini saya lakukan setelah streaming video dari youtube atau dari website yang menyedikan media steaming video. Prinsip pada cara ini adalah browser yang selalu menggunakan file cache yang tersimpan di direktori penyimpanan database bowser kemdian file dari hasil membuka halaman website bisa di ambil di direktori tersebut :D, untuk mendapatkan file tersebut dengan cara sebagai berikut.

1. Streaming Video sampai selesai
2. Kemudian masuk ke direktori cache browser anda (tekan Ctrl+H -- untuk show hidden file di ubuntu)

- Chromium Browser
/home/namauseranda/.cache/chromium/Cache

- Mozila Firefox Browser
/home/namauseranda/.mozilla/firefox/m6zosslo.default/Cache

- Opera Browser
/home/namauseranda/.opera/cache

3. Kemudian cari file dari streaming video biasanya file flash video cukup besar lebih dari 3MB jadi mudah untuk mendapatkan di direktori cache browser

4. Untuk mencarinya file flash video *.flv* ini masuk di direktori cache bowser anda setelah masuk klik kanan kemudian urutkan berdarsarkan ukuran file (arrange items by size)


Untuk memudahkan klik berdasarkan list view pada toolbar nautilus


5. Kemudian cari saja file yang ukurannya besar dan mempunyai file type misal file streaming dengan type flash video atau audio file.

Setelah ketemu filenya salin ke tempat yang aman dan mulai koleksi video-video dari website streaming kesanyangan anda.

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

1 comment:

Itachi Linux said...

sama dong, thanks for the review, cuma bedanya kalo gue ini kan TVnya ada tapi SATELIT INDOVI***Nnya lagi jelek!