Otak Atik Pemutar Music Portable Jadul - Sony Walkman WM-F107


" Walkman adalah pemutar audio kaset sebagai pemutar audio dan video portabel. Walkman merubah kebiasaan mendengarkan musik, sehingga seseorang dapat mendengarkan musik di mana saja. Walkman dirilis pada tahun 1979 dengan nama Walkman di Jepang, dan disebut Soundabout di negara seperti Amerika Serikat, Freestyle di Swedia dan Stowaway di Inggris. Peralatan ini dibuat pada tahun 1978 oleh enjiner audio Nobutoshi Kihara untuk mantan ketua Sony Akio Morita, yang ingin mendengarkan musik ketika perjalanan dengan pesawat terbang. Morita tidak menyukai nama "Walkman" dan meminta untuk mengantinya, namun dibatalkan ketika pelaksana yuniornya telah memulai penjualannya dengan nama Walkman, sehingga akan mahal ketika digantinya "

Walkman sendiri tidak asing bagi orang yang suka mendengarkan music dimana saja dengan menggunakan pita kaset pada zaman itu. Tapi pada zaman sekarang ini pita kaset mulai di tinggalkan karena sudah ada media penyimpanan yang praktis dalam bentuk data. Saya sendiri adalah salah satu penggemar produk-produk dari walkman pada jaman itu. Walkaman sendiri mempunyai banyak macam dari bentuk Pita Kaset, Piringan cd, MiniDisk, dan Walkman pada jaman sekarang adalah yang di tanamkan pada handphone Sony Erricsson dengan model W. Walkman yang saya pernah miliki cukup banyak dari jaman pita kaset sampai MiniDisk saya pernah mempunyainya :D. Setelah dari bersih-bersih kamar kost ternayta saya menemukan salah satu walkman saya yang sekarang masih tersisa dari harta yang terpendam dari seperangkat perkakas kardus adalah Walkman WM-F107, Walkaman ini dulunya adalah pemutar music dalam media pita kaset, dulu mungkin walkman ini menurut saya sudah sangat canggih pada jaman itu karena di keluarkan pada sekitar tahun 80-an tapatnya tahun 1987. Sudah cukup tua ternyata walkman saya ini umurnya dibandingkan dengan umur saya mungkin hampir sama, saya dulu bisa mendapatkan Walkman WM-F107 ini dari kebiasaan saya mengoleksi seri-seri walkman dari saudara saya yang kebetulan bekerja di Jepang, kemudian saya mendapatkan oleh-oleh menarik sebuah Walkman Antik keluaran tahun 1987 (woot) pada waktu itu saya dikirimi pada tahun 2000 pada jaman itu masih jarang piringan CD dijual karena masih mahal :D, saya dulu juga salah satu pengoleksi kaset-kaset original, jadi koleksi kaset saya beli di toko-toko kaset resmi dan halal digunakan (terbebas dari pembajakan). Walkman WM-F107 walaupun dikeluarkan pada jaman yang sangat jadul tetapi menu yang disuguhkan dalam alat pemutar music ini cukup lengkap dibanding pemutar music portable lain :P.
Salah satu menu yang menonjol adalah dapat memutar kaset dengan Auto Reverse, fitur Auto Reverse ini mempunyai fungsi yang cukup unik yaitu kemampuan memutar pita kaset dari baliknya, misal kita memutar kaset side A kemudian ingin menggati side B tinggal memutar tomol Reverse otomatis lagu akan berganti pada side B tanpa mengeluarkan Kaset dari kasing. Walkman WM-F107 ini sudah dibenamkan juga penangkap sinyal Radio yaitu TV Audio, AM, Stereo FM, kualitas suara dari pemutar musik ini tidak perlu diragukan lagi karena pada jaman Walkman WM-F107 ini sudah membenamkan DOLBY NR untuk mengurangi distorsi yang dikeluarkan oleh suara kaset, jadi waktu kita mendengarkan dengan menghidupkan fitur DOLBY NR lagu yang dikelurakan dari headphone akan terdengar bersih tanpa distorsi. Walkman WM-F107 ini dibalut dengan kasing almunium dengan dimensi tebal 1,8cm lebar 12cm jadi dari luar terlihat kokoh dan nyaman di bawa dalam saku karena ukurannya yang cukup mungil.

Uniknya Walkman WM-F107 ini juga ramah lingkungan yaitu disuplay dengan hanya menggunakan satu batrey AAA 1,5 Volt bisa mencapai lifetime 6 jam, tidak seperti walkman lain yang menggunakan batrey AAA 2 x 1,5 volt. Sampai sekarang walkman ini masih bisa berjalan dengan lancar jaya, ternyata dalam tidurnya yang panjang masih bisa bernyanyi memainkan musik dari pita kaset. Setelah puas mendengarkan musik dari walkman jadul kemudian saya musiumkan dekat perabot lain seperti peralatan untuk ngeGeek pada malam hari Gula, Kopi dan kawan-kawan :D. Semoga Walkman ini akan tetap hidup sampai waktu yang tidak di tentukan, sebuah saksi bisu perkembangan jaman...


Spesifikasi :
Merk   : Sony
Model  : Walkman WM F-107
Power : Batrery AAA 1,5 Volts
Casing : Aluminium Unibody
Radio  : Stereo 
Frequency Radio :
- AM 5.3 - 16 KHz
- Japanese FM : 76 - 108 MHz
- Audio TV : 1 - 12 Chanel
Tape   : Auto Revese
Audio  : Stereo with Dolby NR


Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

2 comments:

katty said...

I like to walk listen music, that is why i can´t forger my walkman where ever i go. I must to say this blog is really interesting. i liked a lot because present many new ideas. very nice!!! i like this new technology.
buy viagra

farhazt khan said...

frend walkman nya mau dijual gak