Menjalankan Modem Huawei 169 dengan UMTSMon di Ubuntu

Baru-baru ini saya memiliki modem GSM HSDPA yang saya khususkan sebagai koneksi internet sebelumnya saya menggunakan koneksi modem via handphone Sony Ericsson G502 yang juga mempunyai kecepatan akses HSDPA :D. Menurut saya sudah waktunya hape saya itu pensiun menemani saya mengkoneksikan internet dengan laptop saya :D. Setelah saya mendapatkan modem yang saya pesan dari toko sebelah kemudian saya coba mulai cek sana-sini modem HSDPA Huawei E169. Setelah cek fisik selesai kemudian dilanjutkan untuk menjalankan Huawei E169 di Ubuntu Karmic, hmm... ternyata ada sedikit masalah modem tidak terdeteksi di network manager (doh) karena kebiasaan saya waktu menggunakan network manager pada waktu masih menggunakan handphone :D. Pada saat itu saya langsung tanya pada penjawab yang paling pinter, sapa lagi kalo gak Google (devil). Setelah googling sana sini saya mempunyai pencerahan juga hehehehe ternyata pada kernel ubuntu karmic memang mempunyai sedikit masalah dengan modem Huawei E169 Ubuntu Karmic, malasah tersebut adalah dikenalinya modem hanya sebagai cdrom (berisi driver huawei di windus) dari beberapa pencerahan dari google, salah satunya adalah kernel 2.6.31-14 memang mempunyai bugs di Huwawei E169 agar bisa mengkoneksikan modem Huawei E169 di Ubuntu Karmic dengan kernel 2.6.31-14,


diharuskan unmounting cd drive, setelah unmounting (safty remove drive) baru bisa dikoneksikan dengan network manager (dance). Menurut saya cara ini cukup ribet karena pada waktu menggunakan network manager kadang-kadang tidak bisa dial up, pada saat trafik sedang padat. Tapi bagi yang lebih suka untuk menggunakan network manager disarankan untuk upgrade kernel kernel yang lebih baru. Misalnya kernel 2.6.31-15 ke atas modem Huawei E169 ini sudah lancar jaya terkoneksi dengan ubuntu karmic. Kebetulan saya inget dengan teman seperjuangan Ubuntu Jogja yang manyanrankan menggunakan UMTSMon :D
UMTSMon ini aplikasi yang cukup menarik karena aplikasi ini mirip dengan aplikasi bawaan dari Modem dan dapat digunkan untuk memonitor semua merk modem GSM HSDPA misal merk Siera, Huawei, ZTE dll. UMTSmon ini mempunyai menu-menu yang sangat mirip dengan aplikasi bawaan jadi kita bisa mengatur profile internet dan mengubah sinyal jaringan GPRS ke HSDPA atau sebaliknya, jadi tidak diperlukan lagi os win**ds untuk switch jaringan :D. Ada yang unik lagi dari aplikasi ini, adalah dapat mengirim sms ke teman kita dan mengubah PIN SIM card dengan menggunakan UMTSmon. Cara mendapatkan UMTSMon cukup gampang sudah silahkan dunlud di sini. UMTSmon yang saya gunakan adalah yang ver.9 kalau yang ver 10. alpha menrut saya belum stabil jadi kadang-kadang masih sulit terkoneksi dengan internet.

Cara Installasi
1. Unduh UMTSMon disini
2. Setelah proses unduh selesai ekstrak berkas umtsmon-0.9.i386.tar.gz - klik kanan pada file kemudian klik Ekstrak Here atau dengan menggunakan perintah pada terminal tar zxvf umtsmon-0.9.i386.tar.gz
3. Setelah proses ekstrak selesai salin folder umtsmon-0.9 ke direktory " /opt/ "


4. Buat Application Launcher pada menu agar tidak perlu mnggunakan perintah terminal untuk memanggil UMTSMon. buka main menu -- application | system | Preferences | Main Menu



5. Kemudian untuk menambahkan shortcut pada sesi Internet klik menu Internet kemudian dilanjutkan klik New Item


6. Setelah klik New Item klik icon untuk menetukan icon yang digunakan pada UMTSMon pilih salah satu Icon terserah selera anda, setelah memilih icon kemudian klik OK



7. Kemudian dilanjutkan mengisi Command dan Nama Aplikasi untuk commandnya adalah sebagai berikut "gksu /opt/umtsmon-0.9/umtsmon" [command sesuai dengan lokasi direktori UMTSmon anda] setelah terisi semua kemudian klik Close



8. Untuk mengujinya silahkan jalankan UMTSMon, Buka UMTSMon pada menu yang di buat tadi -- Application | Internet | UMTSMon


Maksukkan Password root anda


UMTSMOn Offline menggunakan IndosatM2


8. Setelah jendela UMTSMon dilanjutkan setting Profile Internet disini saya menggunakan IndosatM2 -- masuk menu Connection | Manage Profiles --> Add Profile --> Masukkan Profile Name kemudian Create




9. Langkah selanjutnya adalah setting APN untuk provider yang anda gunakan dilanjutkan isi usename dan password anda setelah setting selesai klik OK


10. Kemudian aktifkan profile Internet anda dengan klik Set Aktif



" Keunikan dari UMTSMon ini adalah fitur yang sangat mirip dengan aplikasi bawaan dari modem seperti swich jaringan dari GPRS ke HSDPA atau sebaliknya, di UMTSMon menu ini ada di -- Connection | Radio Preferens "


11. Setelah setting selesai silahkan mulai koneksi dengan klik Connect



Selamat berselancar menggunakan modem HSDPA Huawei dengan Aplikasi tambahan UMTSMon, semoga bermanfaat.

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

7 comments:

Oecil_Kritingz said...

matur nuwun banget kang... baru aj install ubuntu 9.10 nih mo konek pake at&t 881 kira2 bisa ndak ya..

salam kenal,
Blognya PNS

Educhannel said...

bro kalo buat cdma bisa tidak?mau coba ntar kalo bermasalah kasih solusi ya bro

Putra Eka said...

Kang, mo nanya neh? Pas udah jalanin umtsmon ko ga bisa konek ke pidgin yach? Padahal kalo pake network manager bawaan ubuntu bisa.

KAKATUA SOPPENG CLAN said...

mas umtsmon bisa ngak d pake buat CDMA ??

endar said...

langsung nyoba

Unknown said...

mantab banget mas, makasih

radithTux said...

mantap dan langsung dicoba (rock) hasilnya mantap :D