Install BlankOn Nanggar di Axioo M72SR

Install BlankOn atau ubuntu biasanya berjalan lancar di chipset intel tapi bagaimana dengan chipset selain intel misalnya SIS atau VIA ?? pengalaman pribadi mengistallkan laptop milik temen atau orang yang ingin di installkan ubuntu saya selalu menolaknya karena saya tidak bisa masuk bootspalsh :(, sewaktu saya bermain di SMTI (misi sosialisasi open souces untuk pendidikan) saya bertemu dengan beberapa guru yang ingin mengistallkan ubuntu di laptopnya ada salah satu mantan guru saya yang dulunya mengajarkan saya OTK (Operasi Teknik Kimia) Bp. Sriyono kebetualan beliau tertarik mengistallkan laptopnya dengan sistem operasi ubuntu :D, saya pun langsung cek laptop beliau.... setelah saya cek ternyata laptopnya Axioo M72SR :( dalam hati berpikir pasti chipsetnya SIS nie .... ternyata setelah saya cek di windows dengan control dxdiag ternyata dugaan saya benar :( (doh) kemudian saya siapkan ubuntu saya yang sudah saya masukkan di USB startup disk, setelah usb siap untuk install ubuntu saya pun masuk di bios dan saya ganti boot pertamanya ke usb setelah saya selesai setting bios ternyata saya tidak bisa masuk ubuntu :( (doh), saya pun sempat bingung seperti biasanya saya mengistallkan laptop yang menggunakan chipset sis.
Untungnya di SMTI saya memperoleh jaringan hotspot jadi bisa bertanya dulu sama Google :D setelah saya googling ternyata saya ketemu cara untuk mengistall ubuntu di laptop yang menggunakan chipset sis. cara masuknya cukup mudah ternyata, yaitu dengan cara berikut sebelum masuk ke bootsplash tekan tombol F6 (di Ubuntu) F5 (di BlankOn) untuk memilih Other Option (pilihan lain di BalankOn) kemudian pilih menu "nolapic" kemudian boot dengan "nolapic" dan mulai installasi ubuntu seperti biasanya :D setelah saya masuk di live cd ubuntu saya cek sana sini ternyata semuanya lancar-lancar saja kecuali satu yaitu resolusi layar yang cuma terdeteksi 800 x 600 pixel (doh) tambah kerjaan nie :( setelah saya cek2 kemudian bp. Sriyono bertanya kepada saya "mas ada aplikasi yang untuk kamus bahasa inggris Indonesia ada gak di Ubuntu??? saya pun menjawab tidak ada kalau di ubuntu, kemudian beliau saya tawarkan menggunakan BlankOn Nanggar :D yang sudah mempunyai aplikasi kamus Indonesia-Inggris nama aplikasinya "Idict" setelah saya jelaskan beliau tertarik di installkan blankOn Nanggar yang sudah terinstall kamus inggris Indonesia :D. Ok saya ganti live cd ubuntu menjadi live cd blankOn setelah saya ganti dan masuk di live cd saya juga menemukan masalah yang sama yaitu resolusi layar yang masih terdeteksi 800 x 600 pixel ok deh langsung langsung di eksekusi aja pake blankOn nanggar tidak lupa saya resize partisi dahulu karena beliau masih ingin menggunakan win***ds :D setelah resize partisi selsasai saya mulai installasi, sambil menunggu installasi selesai saya mencarikan driver untuk driver chipset sis671 dengan mengunduhnya disini setelah installasi selsai system saya restart :D hmmm terjadi kedala lagi tidak bisa masuk bootsplah :( (doh) kemudian saya masuk lagi ke live cd dan saya edit menu.lst dengan menambahkan "nolapic" cara manabahkan sebagai berikut, buka Terminal -- Application --> Accesories --> Terminal kemudian ketikan perintah berikut ini dalam terminal.

sudo gedit /media/nama-disk-anda/boot/grub/menu.lst

Kemudian tambahkan nolapic akhir baris ke dalam menu.lst anda

title BlankOn Nanggar, kernel 2.6.28-11-generic
uuid daefdeb8-b22c-4289-a116-b58b764b93d3
kernel /boot/vmlinuz-2.6.28-11-generic root=UUID=daefdeb8-b22c-4289-a116-b58b764b93d3 ro quiet splash nolapic
initrd /boot/initrd.img-2.6.28-11-generic nolapic
quiet

title BlankOn Nanggar, kernel 2.6.28-11-generic (recovery mode)
uuid daefdeb8-b22c-4289-a116-b58b764b93d3
kernel /boot/vmlinuz-2.6.28-11-generic root=UUID=daefdeb8-b22c-4289-a116-b58b764b93d3 ro single
initrd /boot/initrd.img-2.6.28-11-generic

title BlankOn Nanggar, memtest86+
uuid daefdeb8-b22c-4289-a116-b58b764b93d3
kernel /boot/memtest86+.bin
quiet

### END DEBIAN AUTOMAGIC KERNELS LIST

Setelah edit selesai kemuaidian restart system. dan BankOn berjalan dengan normal kembali :D


Tapi ada satu lagi yang masih janggal yaitu resolusi layar yang masih menggunakan 800x600 pixel :( kemudian saya install yaitu driver sis671 yang setelah installasi selesai saya restart dan kemudian setelah masuk ke dekstop tidak lupa untuk mengubah resolusi layar

System -- Preferences --> Display --> atur resolusi layar menjadi 1280x800 pixel

sip dah BlankOn Nanggar sudah terlihat cantik di Axioo M72SR :D

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: