Install Ubuntu 9.04 diLaptop IBM Thinkpad X40


Sewaktu saya berkunjung di SMTI Yogyakarta untuk sosialisasi open sources di linkungan pendidikan kebetulan saya bertemu beberapa guru yang perna mengajar saya waktu masih bersekolah disana, saya pun berdiskusi tentang pentingnya open sources di dunia pendidikan salah, dan tidak lupa saya mendemokan beberapa aplikasi open souces untuk pendidikan di SMTI aplikasi yang saya demokan diataranya "Kalzium" kenapa saya mendemokan Kalzium karena di SMTI merupakan sekolah yang khusus di bidang perindustrian jadi kebanyakan materi pelajaran adalah kimia. Setelah saya mendemokan beberapa aplikasi open souces ada salah satu mantan guru fisika saya 'Bp. Fakhrudin' tertarik dengan aplikasi di ubuntu dan saya diminta untuk mengistallnya di laptopnya hari itu saya ditemani teman lama saya Suryono dan Suryono membaawa teman dari STTA *Ariph* yang pengen juga belajar ubuntu :), Suryono bilang ke saya kalau ke SMTI suruh mengajak dia agar bisa ketularan virus open souces :D. Setelah menunggu Bp. Fakrudin mengambilnya dan memberikan laptopnya kemudian tahap awal sebelum install Ubuntu yaitu cek spesifiksi laptop Bp. Fakhrudin.


IBM ThinkPad X40
Procesor Pentium M Centrino 1,2 GHz ULV
RAM = 768 MB
Chipset intel GMA
LCD XGA 12" inchi 1024x800 pixel
Hardisk 40 GB

Setelah saya cek spesikasinya kemudian menyiapkan flashdisk kebetulan Bp. Fakhrudin juga membawa docking jadi saya putuskan menggunakan usb flashdisk kemudian saya siapkan usb startup disk untuk mengistallkan dari ubuntu :D tentunya saya isi dengan ubuntu hasil remastersys saya yang sudah lengkap dengan aplikasi didalamnya *untuk menghemat waktu installasi*. Setelah selesai menyipakan usb startup disk kemudian saya mulai installasi melalui usb, tapi ditengah jalan waktu mau masuk ke bios untuk mengatur booting pertama di usb saya tidak tau dimana letak untuk masuk ke bios untuk seri laptop IBM thinkpad X40 ini kemudian saya coba otak atik di tombol IBM Acces saya pun mendapat pencerahan untuk mengakses bios ternyata letaknya di tombol "F1" tidak seperti biasanya laptop menaruh tombol mengakses bios pada F2. setelah saaya atur saya pun mulai booting dari usb startup disk.


Setelah masuk di ubuntu saya melakukan cek sana sini meliputi sound, resolusi layar, koneksi WLan, Koneksi Lan, Dekstop Efek.... semuanya lancar tidak ada masalah semuanya. Kemudian setelah saya selesai cek hardware saya pun melakukan resize partisi karena Bp. Fakhrudin masih memerlukan windowsnya :D ya tidak masalah kan windowsnya Original :D

Setelah selesai resize partisi hardisk saya melakukan tahap lazimnya instalasi ubuntu dan dalam installasi di laptop ini tidak menemui hambatan yang berarti, proses berjalan lacar tanpa hambatan, saya pun sempat nulis blog ini dengan laptop ini :D


Setelah installasi selesai seperti biasa saya edit sana sini biar tampilan agak cantik :D lumayan compiz sudah jalan normal di laptop lumayan jadul tapi keren ini.

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

2 comments:

yogieza said...

GAn,kalo resize partisi ente pake apaan??pake parted ato dari windowsnya langsung???ato langsung saat install ubuntu dengan lebih dulu memindah data partisi tsb????

raditeputut said...

lasung menggunakan gparted gan ga usah pake appliaksi windows lagi :D