Jalan Babaran Umbulharjo Jogja Banjir Lagi . . .


Hari ini (24/10/09) Yogyakarta hujan lebat, cuaca tidak bersahabat ini sering ditemui akhir-akhir ini di Yogyakarta. Tiga hari kemarin mungkin cuaca di Yogyakarta ini sangat tidak bersahabat suhu udara di Yogyakarta sangat panas tidak seperti normalnya panas pada siang hari, kemungkinan suhu udara mencapai 30 derajat lebih :( saya sendiri heran beberapa hari ini jogja sangat tidak bersahabat dengan cuaca. Hari ini hujan turun dengan lebatnyya hingga daerah saya kost di JL. Babaran no.4 Umbulharjo Yogyakarta kebajiran lagi, Saya tidak menyaka hujan hari ini turun dengan lebatnya, biasanya hujan tidak turun selebat ini hingga jalan-jalan disekitar daerah Umbulharjo juga ikut banjir. Walaupun setiap hujan deras lingkungan disekitar Jl. Babaran langganan dengan dengan banjir. Air yang meluap ini biasanya asalnya dari sungai dekat Jl. Babaran yaitu sungai "kali mambu" begitu orang jogja menyebut sungai ini, sungai yang sebelahnya adalah Jl. Batikan ini emang dari dulu kalau hujan lebat air sungai meluap sampai Jalan hingga pemukiman disekitar ikut kebanjiran.



Dari saluran pembuangan air sudah cukup lancar, namum air sungai yang meluap ini mengakibatkan air yang berada disaluran air jadi terhambat sehingga air masuk ke jalan. Pada waktu hujan lebat seperti ini biasanya saya dengan penghuni kost lain bergotong royong untuk menanggulangi air supaya tidak masuk rumah, hari ini saya juga bergotong royong untuk mengusir air yang masuk rumah, walaupun tidak tinggi air yang masuk tapi kotoran yang bawa air sangatlah kotor jadi kita perlu mengelurkan tenaga ekstra untuk membersihkannya.


Saya berharap pemerintah daerah segera cepat tanggap dengan hal ini, untuk mencegah bajir datang lagi pada waktu hujan lebat seperti ini dengan memprbaiki saluran air yang ada, namun alangkah baiknya kita sadar dengan lungkungan kita jangan membuang sampah di sungai ataupun disembarang tempat agar lingkungan kita terhindar dari banjir.

Radite Putut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: