Ubuntu 9.10 Karmic Koala Beta Telah Di Rilis


Seperti biasanya ubuntu akan mengeluarkan rilis setiap enam bulan sekali, pada tanggal 1 Oktober sesuai dengan jadwal Ubuntu 9.10 mengeluarkan versi beta sebelum mengeluarkan versi stabilnya pada tanggla 29 Oktober nanti.

Jadwal Rilis Karmic Koala:

May 14th, 2009 - Alpha 1 release
June 11th, 2009 - Alpha 2 release
July 23rd, 2009 - Alpha 3 release
August 13th, 2009 - Alpha 4 release
September 3rd, 2009 - Alpha 5 release
September 17th, 2009 - Alpha 6 release
October 1st, 2009 - Beta release
October 22nd, 2009 - Release Candidate
October 29th, 2009 - Final release of Ubuntu 9.10

Momen seperti ini yang sangat ditunggu oleh penggemar Ubuntu seluruh dunia. Ubuntu 9.10 menggunakan codename Karmic Koala dengan menggunakan icon binatang asal benua Australia yaitu Koala, Ubuntu Karmic Koala mempunyai Fitur yang ditawarkan pada rilis kali ini adalah:


GNOME 2.28, pada Gnome kali ini Pidgin Massenger akan digantikan oleh Emphathy
Linux kernel 2.6.31, pada kernel ini menghadirkan kernel mode setting yang diaktifkan untuk grafis Intel
Manajemen power yang lebih ditingkatkan, Tombol singkat pada laptop, dan menangani peralatan penyimpan data (storage), kamera dengan memindahkannya dari “hal” ke DeviceKit-power, “DeviceKit-disk dan “udev”.
Driver Intel terbaru. Pada Driver intel ini telah menggunakan metode baru yaitu UXA yang ditujukan untuk mengatasi masalah pada Ubuntu 9.04
GCC 4.4 sebagai default compiler
Menggunakan system berkas ext4 secara default
Menggunakan grub 2 secara default

Ubuntu Software Store

Ubuntu Software Store

Ubuntu Software Store, yang bisa anda akses melalui menu utama System

Sekilas, tampilan Ubuntu Software Store mirip dengan tampilan “Add/Remove…” yang tersedia pada menu utama Applications. Aplikasi-aplikasi yang tersedia pada repositori dibagi ke dalam beberapa kategori yang bisa anda pilih.

Pada Ubuntu Software Store, selain keterangan mengenai aplikasi, kini anda juga bisa melihat screenshot aplikasi yang juga dapat diperbesar untuk melihat lebih detail. Memang ini perubahan yang cukup kecil, namun menurut saya cukup signifikan, karena bisa membantu pengguna awam untuk mengetahui lebih banyak mengenai aplikasi yang akan diinstalasikan.

bagi yang ingin mencoba versi ubuntu 9.10 beta bisa langsung mengunduhnya disini Dikarenakan belum stabil maka sangat tidak dianjurkan untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari. Untuk rilis akhir dari Ubuntu Karmic Koala ini akan di rilis pada tanggal 29 Oktober 2009

raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: